Sempat Viral, Ini Dia Kegunaan Lem Aibon yang Sebenarnya

Lem yang dikemas di dalam kaleng berwarna kuning pastel dengan aksen merahnya ini sudah lama sekali beredar di Indonesia dan dipakai untuk berbagai keperluan. Anda pasti masih ingat hebohnya pemberitaan terkait pendanaan APBD yang membengkak karena dianggarkan untuk pembelian lem aibon. Situasi yang jadi perhatian publik itu menyedot banyak perhatian dan sederet pertanyaan tentang mengapa lem aibon diperlukan sebegitu banyaknya dalam anggaran belanja daerah.

Namun, dalam artikel kali ini, tidak akan dibahas lebih jauh tentang hal tersebut. Hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah kegunaan lem aibon yang sebenarnya. Sekalipun beberapa dari Anda barangkali sudah sering mendengar nama produk yang satu ini, tetapi nyatanya belum banyak orang mengetahui lebih banyak perihal kegunaan lem aibon ini. Berikut ulasannya lebih jauh.
 

Bahan yang dipakai untuk membuat lem aibon

Dapat dibilang kalau lem aibon sendiri memiliki warna serta tekstur yang cukup khas. Dengan warna kuning keemasannya, cairan perekat ini memiliki fungsi yang terbilang serbaguna. Lem aibon juga terbilang sangat mudah didapat, terutama di toko-toko bangunan atau toko material. Produk ini dijual dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perekat yang satu ini diproduksi di Indonesia oleh Aica. Dalam situs resminya, Aica memaparkan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat lem aibon ini. Aica menggunakan bahan dasar yang mengandung zat toluena. Zat toluena ini berbentuk cair dan berwarna bening, ini termasuk zat yang mudah terbakar serta tidak dapat larut di dalam air. Di dunia industri sendiri, zat toluene pada dasarnya adalah pelarut.

Zat toluene juga jadi alasan utama mengapa lem aibon memiliki aroma yang khas dan tajam. Toluene adalah salah satu jenis hidrokarbon aromatik. Selain toluene, Aica juga menyebutkan beberapa bahan lainnya, seperti karet sintetis yang menghasilkan tekstur dan kekentalan yang khas dari lem aibon.
 

Kegunaan sebenarnya dari lem aibon

Dari namanya saja sudah dapat ditebak kalau fungsi lem aibon jelas sebagai bahan perekat. Namun, seperti bahan perekat lainnya, lem aibon juga memiliki spesifikasi kegunaannya sendiri. Terkait medium atau obyek yang dapat direkatkan dengan lem aica aibon ini, Aica mengklaim bahwa lem mereka ini dapat digunakan pada hampir semua jenis medium dan material.

Mulai dari merekatkan melamin, beton, papan, material fiber, kulit, kayu, hingga logam dan karpet. Tidak heran kalau lem aibon yang sudah diproduksi sejak tahun 1974 ini masih terus dicari hingga sekarang. Keampuhannya dalam merekatkan berbagai jenis material dan medium ini sudah banyak dikenali oleh mereka yang berkecimpung di dunia industri.

Saat menggunakan perekat ini, ada hal yang harus diperhatikan agar kegunaan lem aibon bisa didapatkan dengan optimal. Pastikan permukaan material atau medium yang akan direkatkan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Pastikan juga tidak ada cairan, minyak, kotoran, debu, atau hal lain yang masih berada di atas permukaan sebelum lem aibon diaplikasikan. Tidak butuh waktu lama juga, sekitar 10-20 menit lem ini akan mengering dan medium yang direkatkan sudah menempel dengan sempurna.
 

Simpan lem aibon dengan cara yang benar

Setelah mengetahui kegunaan lem aibon yang sebenarnya dan bagaimana lem ini dapat diaplikasikan ke berbagai jenis benda, Anda juga perlu mengetahui cara menyimpan lem ini dengan benar agar masih awet saat akan digunakan kembali.

Perlu diingat, lem aibon ini dikemas di dalam wadah yang terbuat dari bahan kaleng. Tujuannya adalah jelas untuk memastikan lem tetap terlindung dengan baik dan tidak cepat kering. Jadi, begitu Anda selesai menggunakan lem ini, jangan lupa untuk langsung menutup kembali kaleng wadah dengan rapat. Jangan biarkan wadah kaleng lem terbuka untuk waktu yang terlalu lama.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, aroma tajam lem aibon ini sangat khas dan bisa jadi berbahaya untuk kesehatan, bahkan dapat menyebabkan keracunan jika dihirup terus menerus. Simpan lem aibon di ruang khusus yang tertutup serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan benda-benda yang dapat menghasilkan api, mengingat bahan utama lem aibon yang mudah sekali terbakar. Jika Anda memiliki wadah perkakas atau gudang di mana Anda menyimpan perkakas kerja, ada baiknya disimpan di sana agar lebih aman. Bila anda tertarik untuk mendapatkan jenis lem di atas, anda bisa percayakan Klopmart sebagai penyedia bahan bangunan terbaik dengan kualitas harga yang sesuai!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya