Sejarah Mesin Bor Listrik dari Masa ke Masa, Jarang Diketahui Orang

Mempelajari sejarah mesin bor akan membuat Anda memahami kehebatan manusia dalam berinovasi menciptakan berbagai alat kebutuhan sehari-hari. Sama seperti mesin lainnya, mesin bor tangan yang digunakan saat ini memiliki perjalanan panjang tersendiri yang tidak kalah memukau. 

promo klopmart

Pasalnya keberadaan mesin bor tangan sangat penting untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan konstruksi. Kalau sebelumnya proses pembangunan berlangsung selama beberapa hari hanya untuk melubangi berbagai bahan material maka sekarang Anda bisa melakukannya dalam hitungan jam bahkan menit. 


Kali ini Klopmart sudah menyiapkan informasi sejarah mesin bor yang perlu Anda pahami. Selagi membacanya sampai akhir, Anda juga akan menemukan beberapa rekomendasi bor tangan yang tersedia di Klopmart. Kalau begitu langsung saja simak informasinya di bawah ini! 

Sejarah Mesin Bor Listrik

Sejatinya sejarah mesin bor sudah dimulai sejak zaman prasejarah ketika manusia pertama kali menggunakan batang keras untuk melubangi kayu, tanduk hewan atau tulang. Hal ini dilakukan untuk membuat alat-alat pertanian dan alat kebutuhan lainnya. 


Penggunaan batang keras tersebut berlangsung cukup lama, sampai akhirnya ada seorang penemu asal Inggris yang membuat mesin bor horizontal untuk melakukan pengerjaan permukaan silinder dalam. Penemu tersebut bernama John Wilkinson yang sampai hari ini dikenal sebagai seorang industrialis karena keberhasilannya dalam menciptakan berbagai alat perkakas. 


Penemuan mesin oleh Wilkinson pada tahun 1775 tidak berhenti. Pada puluhan tahun berikutnya, mesin bor terus mengalami perkembangan yang membuatnya makin efisien. Penggunaannya untuk mengebor bahan material kokoh juga makin aman dengan waktu yang lebih cepat. 


Sampai pada abad ke-20 pun, keberadaan mesin bor makin canggih. Hal ini terlihat dari mesin bor yang mulai menggunakan listrik tanpa kabel. Jadi sumber tenaga listrik yang dibutuhkan untuk membuat mesin bergerak bisa didapatkan dari baterai yang sudah di pasang di dalamnya (tanam) atau menggunakan baterai eksternal. 


Padahal sebelumnya mesin bor listrik ini hanya bisa bekerja ketika kabel sudah dihubungkan ke stop kontak. Penggunaan mesin bor dengan kabel jelas banyak membantu menyelesaikan pekerjaan. Namun ada beberapa kondisi penggunaan mesin bor berkabel yang membatasi pengerjaan. 


Contohnya saat ukuran kabel mesin bor sangat pendek. Hal ini pasti akan menyulitkan Anda ketika ingin menggunakannya cukup jauh dari stop kontak. Kemudian penggunaan kabel rentan terhadap korsleting sehingga memicu risiko kecelakaan yang besar. 


Itu sebabnya saat ini Anda sudah bisa menemukan mesin bor listrik yang tidak lagi menggunakan kabel alias wireless sehingga berbagai pengerjaan bisa dilakukan tanpa hambatan.

Cara Kerja Mesin Bor

Mesin bor listrik bekerja dengan memutar mata bor dalam kecepatan tinggi untuk menembus permukaan bahan yang Anda gunakan. Jadi perputaran yang terjadi di poros akan diteruskan ke mata bor untuk nantinya bisa mengebor suatu permukaan. Saat ini bor tangan memiliki beberapa jenis mata bor yang dapat digunakan, yakni yang berbentuk spiral, polos, dan masih banyak lagi. 


Untuk bisa menggunakannya, mesin bor jelas harus disambungkan ke sumber listrik. Apabila Anda memiliki mesin bor dengan kabel maka segera sambungkan colokan ke stop kontak. Namun jika mesin bor Anda sudah wireless maka pastikan bahwa baterai sudah terpasang atau terisi penuh. 


Sebelum digunakan, coba pastikan lagi apakah Anda sudah memasang mata bor dalam posisi yang tepat. Pengecekan berulang akan membantu Anda menghindari kecelakaan akibat human-error atau kesalahan teknis lainnya. 


Baca juga: Penjelasan Bagian Bagian Mesin Bor Tangan dan Fungsinya

Rekomendasi Mesin Bor dari Klopmart

Klopmart sebagai salah satu e-commerce alat dan bahan material terbaik menawarkan berbagai macam pilihan mesin bor berkualitas dengan beragam merek terkenal, salah satunya ialah Bosch. Berikut ini beberapa rekomendasi mesin bor dari Klopmart yang menggunakan merek Bosch. 

1. Bosch GSB 550


Mesin bor Bosch GSB 550 merupakan salah satu mesin bor yang populer di pasaran. Mesin bor ini memiliki daya listrik sebesar 550 watt dan kecepatan putaran tanpa beban dari 0 - 2.800 rpm yang dapat diatur sesuai kebutuhan. 


Mesin bor ini juga dilengkapi dengan fitur pengatur kedalaman dan pengatur kecepatan untuk memudahkan pengguna dalam mengebor berbagai jenis bahan material.

2. Bosch GBM 1600 RE


Kemudian ada mesin bor Bosch GBM 1600 RE yang memiliki tenaga motor listrik lebih besar yaitu 850 watt. Mesin bor ini dilengkapi dengan daya tahan yang lebih lama sehingga penggunaannya dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Kecepatan mesinnya mampu berputar dari 0 hingga 630 rpm. 


Keunggulan lain menggunakan mesin bor satu ini terdapat pada gagang tambahan dan gagang D yang mampu berputar hingga 360 derajat untuk penggunaan yang lebih efisien serta ergonomis. Mesin bor satu ini tepat digunakan bagi Anda yang membutuhkannya dalam pekerjaan yang lebih profesional.

3. Bosch 2-20 DRE


Mesin bor Bosch 2-20 DRE memiliki daya listrik sebesar 600 watt untuk proses konstruksi yang tidak terlalu berat. Mesin bor ini sangat cocok digunakan untuk mengebor bahan seperti logam, kayu, dan beton. 


Mesin bor Bosch 2-20 DRE diberikan softgrip yang membuat penggunaan nyaman tanpa menciptakan rasa sakit pada tangan atau kelelahan di pundak. Jadi Anda bisa dengan leluasa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. 

4. Bosch GBH 2-24 DRE


Bosch GBH 2-24 DRE merupakan mesin bor yang sangat kuat dan andal. Mesin bor ini memiliki daya listrik sebesar 790 watt dengan kecepatan putaran yang dapat diatur hingga 930 rpm. 


Mesin bor Bosch GBH 2-24 DRE dilengkapi dengan fitur pukulan dan pengeboran yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Apabila Anda harus mengebor bahan beton dan logam yang memiliki kekerasan tinggi maka mesin bor satu ini sangat tepat dipilih!


Keberadaan mesin bor dari zaman ke zaman sudah pasti sangat penting dalam melakukan berbagai pekerjaan, khususnya dalam konstruksi bangunan. Terlepas dari kebutuhan konstruksi besar atau rumah tangga, Anda bisa menemukan mesin bor Bosch berkualitas di Klopmart


Baca juga: Perbedaan Bor Impact dan Bor Biasa sebagai Bor Drill Beton


Klopmart menyediakan layanan jual bosch harga distributor yang bisa Anda beli dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Anda hanya perlu membuka website Klopmart dari smartphone dan pilih mesin bor yang dibutuhkan. Kemudian selesaikan proses pembayaran dan barang akan langsung dikirim ke alamat yang Anda berikan. 

alat kelistrikan klopmart

Apabila punya pertanyaan, Anda bisa menghubungi tim Klopmart untuk mendapatkan berbagai informasi penting yang harus diketahui. Selamat berbelanja dan semoga informasi tentang sejarah mesin bor di atas bermanfaat bagi Anda! 


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya