Inilah 7 Desain Rumah Knock Down, Solusi untuk Hunian Impian Anda

Rumah knock down dapat dijadikan salah satu alternatif saat Anda menginginkan tempat tinggal yang ringkas serta mudah dibangun. Tidak perlu menunggu hingga 2 tahun atau 5 tahun, rumah knock down bisa dibangun dalam hitungan bulan. 

Di Indonesia, rumah knock down sejatinya belum banyak diketahui. Pembangunan rumah dengan batu bata dan semen masih populer dengan desain bangunan yang bertingkat. Meskipun memakan waktu yang panjang, masyarakat masih lebih menyukai jenis rumah biasanya. 

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membangun rumah knock down karena pembangunannya yang mudah serta cepat. Kalau Anda sedang memikirkan akan membeli atau membangun rumah dari awal, coba pertimbangkan beberapa desain rumah knock down yang akan dibahas di bawah ini. 

Baca juga: 11 Desain Rumah Atap Miring Minimalis yang Terlihat Kekinian

Apa Itu Desain Rumah Knock Down?

Rumah knock down adalah jenis rumah yang dirancang sedemikian rupa dengan sebuah sistem yang memungkinkan bahan-bahan untuk dapat dipasang dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. 

Sederhananya, rumah knock down sengaja dirancang untuk dapat dibongkar dan dipasang kembali dengan cepat tanpa merusak struktur bangunan yang ada. Coba bayangkan permainan puzzle, Anda biasanya bisa memasang setiap potongan dengan mudah karena sudah ada bentuk yang disesuaikan.

Ketika Anda sudah selesai bermain puzzle maka setiap potongan bisa dilepaskan dan disimpan untuk nantinya kembali dimainkan saat diinginkan. Kira-kira, seperti inilah rumah knock down yang dibicarakan. Setiap bagiannya sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa menyatu sempurna, tetapi bisa dilepas ketika dibutuhkan. 

Rumah knock down biasanya terdiri dari struktur bangunan, dinding, atap, instalasi listrik, air, dan gas. Pembangunannya yang mudah membuat rumah ini harus dibangun menggunakan bahan yang ringan serta punya daya tahan yang kuat, seperti kayu, baja ringan, dan beton ringan.

7 Kelebihan Desain Rumah Knock Down

Rumah knock down yang sangat mudah dibangun membuatnya menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin punya tempat tinggal dalam waktu singkat. Setidaknya ada beberapa kelebihan yang harus Anda pahami sebelum benar-benar memilih jenis rumah satu ini. Perhatikan selengkapnya di bawah ini!

1. Biaya yang Lebih Rendah

Rumah knock down memungkinkan Anda untuk memangkas biaya konstruksi secara signifikan. Pasalnya pembuatan sebagian besar komponennya berlangsung di pabrik sehingga dapat dilakukan dengan efisien. 

Pembuatannya menggunakan mesin-mesin canggih juga pasti akan membantu membuat bagian yang dibutuhkan tanpa tambahan alat-alat perkakas lainnya seperti saat membangun rumah konvensional. 

2. Lebih Cepat Dibangun

Pembangunan berbagai komponen rumah knock down yang menggunakan mesin juga membuatnya bisa dikerjakan secara cepat. Tidak perlu menunggu cuaca cerah, semua bagian bisa diselesaikan kapan saja. 

Kemudian pemasangan setiap bagiannya juga tidak memakan waktu lama seperti rumah konvensional. Rumah knock down hanya perlu dipasang dengan benar layaknya puzzle, sedangkan rumah konvensional memerlukan tahapan pembuatan yang sangat banyak. 

3. Lebih Fleksibel

Salah satu kelebihan utama rumah knock down yang tidak bisa dihiraukan adalah fleksibilitasnya. Karakteristik rumah knock down yang dapat dengan mudah dipindahkan memuatnya lebih fleksibel daripada rumah konvensional. Anda dapat memindahkan rumah ke tempat lain jika diperlukan agar lebih dekat dengan tempat kerja atau sekolah.

4. Mudah Dimodifikasi

Selain fleksibel dipindahkan, rumah knock down dirancang dengan sederhana sehingga modifikasi dapat dilakukan kapan saja Anda menginginkannya. Modifikasi yang dimaksud ialah penambahan ruang di samping kiri atau kanan, serta membuatnya menjadi rumah bertingkat. 

Anda bisa menambahkan ruangan baru dengan mudah tanpa harus menghancurkan seluruh konstruksi rumah. Sejatinya Anda bisa menganggap rumah knock down seperti rumah kontainer yang bisa langsung ditumpuk sesuai keinginan dan kebutuhan. 

5. Ramah Lingkungan

Kalau Anda pecinta lingkungan, penggunaan rumah knock down dapat menjadi pilihan yang tepat. Komponennya yang dibuat di pabrik dapat meminimalkan pembuangan limbah. 

Selain itu penggunaan bahannya yang ringan membuat transportasi dan pengiriman menjadi lebih efisien. Tentunya Anda jadi bisa menjaga lingkungan lebih asri dan memperlambat pemanasan global yang terjadi. 

Baca juga: Mengnal Rumah Ramah Lingkungan

6. Pemeliharaan Sederhana

Pemeliharaan rumah knock down sangat sederhana. Penggantian beberapa bagian yang rusak hanya perlu dilepas dan pasang dengan yang baru. Bahan komponennya pun sangat mudah ditemukan. Apabila Anda rajin membersihkan dan dapat merawatnya dengan baik maka rumah knock down akan bertahan dalam waktu yang lama. 

7. Desain Rumah Knock Down yang Menarik

Apakah Anda tertarik membangunnya sendiri? Jangan terburu-buru dahulu, pastikan Anda sudah tahu desain seperti apa yang akan dibuat agar rumah jadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Berbagai Desain Rumah Knock Down 

Klopmart sudah mengumpulkan beberapa desain yang bisa dijadikan inspirasi ketika Anda membangun rumah knock down. Dari yang kecil hingga besar, coba periksa berbagai desainnya berikut ini!

1. Rumah Knock Down Persegi Sederhana

 Rumah Knock Down Persegi Sederhana

Rumah knock down persegi atau persegi panjang sejatinya merupakan bentuk yang paling sering digunakan karena pembuatannya mudah. Desain rumah seperti ini tidak membutuhkan cetakan biru khusus yang sulit dibuat. Apabila setiap bagiannya sudah punya ukuran yang pas maka proses pembangunannya tidak akan menjadi masalah. 

Kemudian warna cokelat dari kayu asli juga sangat menawan sehingga Anda tidak memerlukan proses pengecatan warna lainnya. Desain rumah knock down seperti di atas bisa sangat minimalis tetapi juga elegan. Meski demikian, Anda pasti bisa merasakan ketenangan dan rasa nyaman yang dibutuhkan.

2. Rumah Knock Down Bawah Tanah

Rumah Knock Down Bawah Tanah

Rumah knock down yang dibangun di bawah tanah juga bisa menjadi pilihan. Meski berada di bawah permukaan tanah pada umumnya, rumah knock down tetap kokoh. Anda tidak perlu takut mewujudkan desain ini apabila sudah memilih bahan terbaik. 

Penggunaan bahan kayu atau baja ringan akan menjaga rumah yang dibangun tetap kokoh meski ada guncangan bencana alam. Jadi bukan berarti rumah knock down tidak bisa dibuat seperti pembangunan desain rumah konvensional pada umumnya. 

Anda bisa membicarakan desain rumah knock down lebih jauh dengan ahlinya agar pembangunan rumah yang diinginkan berjalan lancar. 

3. Rumah Knock Down Bentuk Segi Lima


Rumah knock down bisa juga dibuat berukuran kecil seperti tempat untuk liburan dekat pantai. Pembangunan dan pemasangannya yang mudah membuat Anda bisa menikmati pemandangan dalam waktu cepat, tetapi tetap nyaman. 

Contohnya seperti desain segi lima yang ditunjukkan pada gambar. Ruang di dalamnya tidak perlu besar, karena yang paling penting Anda bisa menikmatinya. Bagian dinding-dindingnya yang terbuat dari kayu menjadikannya ringan sehingga mudah dipindahkan dari tempat pengerjaan.

4. Rumah Knock Down di Alam Terbuka


Desain rumah knock down panjang di alam terbuka jelas bisa menjadi inspirasi untuk dicoba. Anda bisa dengan mudah memasang setiap bagiannya karena space yang luas. 

Kemudian membuat desain rumah panjang seperti ini juga memberikan Anda banyak ruang untuk menaruh berbagai barang kebutuhan rumah tangga. Pastikan Anda mendesain interiornya secara fungsional agar setiap ruang yang ada dimanfaatkan secara maksimal.

5. Rumah Knock Down Apung


Kalau Anda ingin rumah knock down yang tidak biasa, membuatnya mengapung di air bisa jadi cara baru. Memang benar akan ada banyak aspek yang harus dipikirkan, terutama soal bobot dan cara pengapungan rumah. Namun Anda bisa berkonsultasi dan menjadikannya kenyataan. 

Apabila cuaca Indonesia tidak cocok untuk mengapungkan rumah, Anda bisa mengikuti desain abstrak seperti di gambar untuk membuat rumah yang unik. Ruangan yang Anda dapatkan pun akan jauh lebih besar daripada membuat bentuk persegi panjang. 

6. Rumah Knock Down Minimalis


Rumah knock down versi cabin? Anda bisa menggunakan desain rumah satu ini untuk bepergian karena ukurannya yang mungil. Anda bahkan bisa dengan sengaja memasangkan roda agar mudah dibawa ke mana saja menggunakan mobil. 

Anda bisa membawa barang-barang penting kemudian mencari tempat kemah dengan pemandangan menawan. Lalu tinggal nikmati saja perjalanan Anda bersama rumah knock down mungil satu ini! 

7. Rumah Knock Down Segitiga 


Terakhir ada desain rumah knock down berbentuk segitiga yang mudah dibuat. Desain seperti ini sangat sederhana dan juga tidak memakan banyak tempat. Penggunaan cat birunya bahkan menawan yang dapat memberikan kesan fresh pada rumah.

Penggunaan kaca yang besar juga menjadikan cahaya matahari bisa masuk dan menerangi seluruh bagian rumah sehingga Anda bisa menghemat penggunaan listrik pada siang hari. 

Keberadaan rumah knock down memang menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Karakteristiknya yang ringan, fleksibel, serta mudah di bongkar pasang membuat Anda bisa bermobilisasi ke mana saja. Biaya yang dibutuhkan pun tidak sebanyak rumah konvensional pada umumnya. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik membuatnya? 

Baca juga: 10 Desain Rumah Sederhana di Pinggir Pantai yang Indah!

Bahan-bahan yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Klopmart dengan mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website Klopmart, lalu pilih bahan-bahan berkualitas sesuai kebutuhan. Butuh baja ringan? Klopmart menjual baja ringan aplus yang berkualitas untuk pembangunan rumah atau untuk kebutuhan lainnya. 

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bahan material lain yang Anda butuhkan, silakan menghubungi tim Klopmart. Semoga informasi rumah knock down di atas bisa menambah wawasan baru bagi Anda! 

Sumber rujukan: 

  • https://blkp.co.id/blogs/detail/5-desain-rumah-knock-down#5-inspirasi-desain-rumah-knock-down

  • https://courtina.id/rumah-kayu-knock-down/

  • https://www.pinhome.id/blog/rumah-knock-down/ 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya