Home & Living

RUMAH BERSIH SEPULANG MUDIK

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Sepulang mudik nanti hal pertama yang akan kita temui adalah rumah kita. Rumah yang ditinggalkan lebih dari lima hari pasti akan berdebu dan kotor apalagi jika kita belum sempat membersihkan rumah sebelum berangkat.

     

    Berhadapan dengan rumah yang kotor bukanlah suatu hal yang menyenangkan terutama setelah kita baru pulang dari perjalanan liburan yang cukup melelahkan. Membersihkan rumah setelah mudik harus dilakukan agar rumah bersih, higienis dan sehat untuk ditempati.

    Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dan dibersihkan pasca mudik (dirangkum dari berbagai sumber):

     

    Jendela

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka seluruh jendela yang ada di rumah untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari. Kemudian bersihkan jendela dari debu dan kotoran yang menempel selama ditinggal. Jika kita tiba di rumah pada malam hari, bukalah seluruh jendela untuk beberapa saat saja, hanya untuk mendapatkan udara segar. Keesokan harinya bukalah kembali semua jendela dan bersihkan dari debu dan kotoran.

     

    Kamar Tidur

    Gantilah sprei tempat tidur serta sarung bantal/guling di setiap kamar tidur sebelum kita beristirahat dan melepas lelah agar kita tidak menghirup debu yang menempel. Jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai kamar tidur hingga bersih.

     

    Kamar Mandi

    Bersihkan seluruh bagian kamar mandi dari debu dan kotoran mulai dari toilet, tempat cuci tangan dan bak mandi atau shower box sebelum digunakan. Jika bak mandi terisi air, segeralah membuang air tersebut dengan air yang baru.

     

    Dapur

    Periksalah dapur, apakah ada piring kotor atau sampah yang tertinggal sebelum kita berangkat mudik. Bersihkan seluruh area dapur dan cucilah semua peralatan makan sebelum digunakan kembali untuk membersihkan debu yang menempel.

     

    Baju Kotor

    Cucilah semua baju kotor, baik baju yang mungkin belum sempat di cuci sebelum kita berangkat mudik maupun baju kotor yang kita bawa pasca mudik. Jika kita tidak memiliki banyak tenaga untuk melakukannya, kita bisa juga menggunakan jasa laundry.

     

    Lantai

    Selanjutnya kita harus menyapu dan mengepel seluruh lantai di rumah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

     

    Perabotan

    Gunakan lap bersih untuk membersihkan seluruh perabotan dan sofa di rumah dari debu yang menempel. Jika memiliki vacuum cleaner, sedotlah debu yang menempel pada sofa/karpet/kursi.

     

    Teras dan Halaman Rumah

    Area yang paling cepat kotor saat ditinggal mudik adalah area luar rumah seperti teras dan halaman rumah. Pastikan kita juga membersihkan teras dan halaman rumah dari debu dan kotoran.

     

    Demikian beberapa hal yang perlu dibersihkan sepulang mudik. Bagilah tugas dengan anggota keluarga dapat mempercepat proses pembersihan rumah sepulang mudik. Jika kita terlalu lelah untuk membersihkan rumah, kita bisa menyewa jasa pembersih rumah melalui berbagai aplikasi (pastikan kita memilih jasa pembersih dari aplikasi yang terpercaya).

     

    Selamat bersih-bersih!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya