11 Ide Ruang Belajar Anak Lesehan yang Nyaman

Rumah berukuran kecil lebih ideal menerapkan ruang belajar anak lesehan. Anak tetap memiliki privasi sehingga merasa lebih fokus saat belajar. Mereka pun tidak harus menggunakan ruang makan atau ruang keluarga yang dapat mengganggu konsentrasi selama belajar.

Sebagai orang tua, Anda perlu mendukung pendidikan buah hati dengan menyediakan ruang belajar sendiri. Tidak masalah jika ruang belajarnya bergaya lesehan, yang penting mereka memiliki tempat yang nyaman untuk belajar. Anak pun bisa belajar lebih mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang tuanya apabila memiliki spot belajar sendiri.

Tertarik untuk membangun ruang belajar sendiri untuk anak? Simak artikel ini untuk mengintip rekomendasi desainnya.

Ide Ruang Belajar Anak Lesehan yang Nyaman

Membangun ruang belajar lesehan sejatinya lebih sederhana daripada ruang belajar biasa. Pasalnya, Anda tidak memerlukan banyak furnitur dalam ruang belajar bergaya lesehan ini. Kabar bagusnya, gaya ruang belajar ini dapat digabungkan dengan kamar tidur sehingga menghemat banyak tempat di rumah Anda.

Walaupun terbilang sederhana, Anda tetap harus memperhatikan desainnya. Hindari membuat desain yang terlalu ramai karena anak tidak akan fokus ketika belajar. Namun, jangan menerapkan desain yang monoton pula sehingga anak mudah merasa bosan di ruang belajar. Tips utamanya: Anda harus bisa membuat ruang belajar lesehan yang nyaman sehingga mereka lebih fokus saat belajar.

Mari kita lihat satu per satu ide ruang belajar anak lesehan yang bisa diterapkan pada rumah kesayangan Anda.

1. Lesehan Bergaya Negeri Sakura

Lesehan Bergaya Negeri Sakura

Jepang memang unggul dalam hal furnitur minimalis. Anda bisa menerapkan gaya minimalis ala  Negeri Sakura ini pada ruang belajar anak. Cukup tambahkan meja kayu sederhana yang dilengkapi rak di sisinya serta kursi kayu lesehan dengan sandaran. Anak Anda pasti lebih nyaman dan fokus belajar di ruang serba minimalis ini.

Baca juga: 11 Desain Ruang Belajar Anak yang Menyenangkan

2. Andalkan Meja Lipat Modern

Andalkan Meja Lipat Modern

Ide ruang belajar ini dapat diterapkan pula di tengah kamar tidur si kecil. Daripada meja lipat dengan gambar tokoh kartun favorit, Anda bisa membeli meja lipat kayu atau besi yang lebih menonjolkan gaya kontemporer. Setelah selesai belajar, mereka bisa merapikan mejanya kembali. Anak pun bisa sekaligus belajar mandiri dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian kamarnya dengan cara ini.

3. Tetap Estetik dengan Dekorasi Kekinian

Tetap Estetik dengan Dekorasi Kekinian

Walaupun bergaya lesehan, Anda bisa menciptakan kesan estetik dengan menambahkan dekorasi kekinian. Tambahkan lampu estetik atau tumblr untuk menambah pencahayaan sehingga mood anak Anda makin bertambah. Berikan juga kata-kata motivasi di sudut meja supaya anak Anda makin semangat meraih impiannya. Opsi lainnya, mereka bisa menambah foto polaroid sebagai kenang-kenangan bersama teman-teman saat study tour atau darmawisata.

4. Tambahkan Tanaman Hijau

Tambahkan Tanaman

Tanaman hijau selalu membuat ruangan bertambah nyaman, termasuk ruang belajar anak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menambahkan pot tanaman hijau kecil di meja. Si Kecil bisa melihat tanaman tersebut ketika mata mereka mulai lelah karena menatap layar laptop selama berjam-jam. Anda bisa mengganti tanaman hijau dengan bunga hidup sebagai alternatifnya.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

5. Pilihlah Kursi Lantai Lipat

Pilihan Kursi Lipat untuk Ruang Belajar Anak Lesehan

Kursi lantai lipat menjadi ide yang bagus daripada sekadar menaruh bantal di lantai. Anak dapat bersandar sehingga punggung mereka tidak terlalu sakit akibat duduk dalam waktu yang lama. Lagi pula, ada banyak kursi lantai lipat dengan gaya dan warna yang estetik sehingga bisa disesuaikan dengan preferensi anak.

6. Rak dan Meja Belajar Modern

Rak dan Meja Belajar Modern

Furnitur multifungsi juga cocok untuk menghasilkan kesan modern pada ruang belajar anak. Anda bisa memasang rak dan meja belajar berbentuk L sehingga lebih irit tempat. Anak pun bisa mencapai buku pelajaran mereka di rak buku dengan mudah tanpa harus berpindah lebih jauh. Desain di atas pun dapat ditiru sehingga Anda bisa memantau perkembangan belajar anak sambil bekerja.

7. Tambahkan Karpet

Tambahkan Karpet

Ketika menerapkan ruang belajar lesehan, Anda pasti khawatir mengenai kebersihan lantainya. Solusinya sederhana, cukup tambahkan karpet untuk melapisi lantainya. Karpet juga membuat anak makin nyaman saat belajar sambil lesehan, apalagi ditambahkan bantal dan dilengkapi sandaran di dinding.

8. Bangun Area Belajar dekat Jendela

Bangun Area Belajar dekat Jendela

Manfaatkan area kosong di dekat jendela dengan membangun area belajar yang nyaman untuk anak. Jendela juga bisa menjadi area masuknya pencahayaan alami sehingga menambah kesan hangat pada ruangan. Anak pun dapat mengistirahatkan matanya dengan melihat pemandangan di balik jendela.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Lampu LED dalam Ruangan

9. Pasang Meja Lipat di Dinding

Pasang Meja Lipat di Dinding

Meja lipat di dinding dapat menambah kesan modern pada ruang belajar anak. Ide ini pun sangat brilian diterapkan apabila Anda tidak memiliki sisa ruangan yang cukup lebar. Si Kecil pun pasti merasa antusias saat belajar karena mereka mendapatkan furnitur baru yang menarik di matanya. Tambahkan pula kursi kayu lesehan ala Jepang seperti poin nomor satu agar anak makin nyaman selama belajar.

10. Meja Belajar di Sudut Ruangan

Meja Belajar di Sudut Ruangan

Area kosong di sudut ruangan pun dapat dibangun menjadi area belajar lesehan untuk anak. Bangunlah meja sudut di bawahnya, kemudian Anda bisa menambahkan rak buku vertikal di bagian dindingnya. Rak buku ini tidak hanya berisi buku pelajaran mereka saja, tetapi juga dekorasi atau mainan yang bisa menunjang belajar anak.

11. Area Belajar Kecil di Samping Kasur

Meja Belajar di Sudut Ruangan

Opsi lainnya, Anda bisa membangun area belajar di samping tempat tidur. Tambahkan saja meja kecil di sudutnya, kemudian anak bisa menambah koleksi foto polaroid atau hiasan dinding lainnya di atasnya. Jangan biarkan anak menambahkan terlalu banyak dekorasi karena dapat mengganggu konsentrasi belajar mereka.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Kesimpulan

Tidak sedikit ide ruang belajar gaya lesehan yang bisa diterapkan di rumah Anda, bukan? Menariknya, Anda bisa menggabungkan dua atau lebih ide di atas hingga menjadi desain ruang belajar yang sesuai preferensi buah hati. Diskusikan juga bersama si kesayangan Anda supaya mereka bisa memilih ruang belajar yang disukai.

Ketika Anda dan buah hati sudah sepakat memilih desainnya, langkah berikutnya adalah membangun ruang belajar. Anda tentu membutuhkan material yang tepat untuk membangun ruang belajar, salah satunya adalah papan gipsum. Gipsum pun dapat menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin membangun partisi di ruang tengah atau kamar tidur anak agar mereka memiliki spot belajar sendiri.

Gipsum yang bagus pasti memiliki mutu terbaik karena terbuat dari material pilihan. Klopmart menyediakan gipsum berkualitas unggulan dan berasal dari merek terbaik di kelasnya, terutama GRC, Aplus, dan Jayaboard. Kami menyediakan harga grosir untuk pembelian di atas 50-150 sehingga bisa menghemat anggaran biaya pembangunan ruang belajar anak.

Hubungi Klopmart atau klik halaman jual gypsum terdekat ini dan dapatkan gipsum terbaik untuk membangun ruang belajar sang buah hati. Tidak perlu khawatir mengenai ongkirnya karena kami menyediakan layanan belanja bahan bangunan gratis ongkir. Wujudkan prestasi impian si kecil dengan membangun ruang belajar anak lesehan yang nyaman bersama Klopmart!

Sumber:

  • https://upah.co.id/9-desain-ruang-belajar-lesehan-yang-nyaman-dan-menarik/ 
  • https://www.99.co/blog/indonesia/desain-ruang-belajar-lesehan-anak/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Sep 2022

Related Article