Roof Drain: Pengertian, Spesifikasi dan Fungsi

Roof drain adalah salah satu komponen drainase yang digunakan pada saluran drainase dengan debit air kecil. Pengertian tentang roof drain tentu tidak hanya itu saja. Masih ada banyak pembahasan menarik tentang komponen ini. Termasuk untuk spesifikasi dan fungsinya. Penasaran ingin tahu lebih dalam? Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Roof Drain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, roof drain adalah sebuah komponen dalam sistem drainase yang digunakan pada saluran drainase dengan debit air kecil. Dengan ukuran roof drain yang tidak terlalu besar, maka sangat cocok untuk debit air kecil. 

Berbanding terbalik jika debit air dalam saluran tersebut termasuk besar. Maka tidak mungkin menggunakan roof drain. Melainkan deck drain. Namun kali ini bukan deck drain yang menjadi fokus pembahasan utama. 

Roof drain sendiri memiliki bentuk seperti pipa kecil dengan kubah di atasnya. Kubah tersebut memiliki lubang dengan diameter yang sama. Tentu saja lubang tersebut sangat membantu sistem kerja roof drain di dalam sistem drainase. Roof drain memang menjadi salah satu benda cor karena dibuat melalui proses pengecoran logam. Tentunya dengan material besi cor.


Spesifikasi Roof Drain

Bagaimana spesifikasi dari roof drain? Ada beberapa poin mengenai spesifikasi komponen drainase ini:

  • Memiliki ukuran rata-rata 3-4 inci saja karena memang digunakan untuk debit air kecil
  • Bagian bagian atas berbentuk cembung seperti kubah dengan beberapa lubang
  • Bagian bawah berbentuk pipa dengan diameter tidak terlalu besar dan panjang juga
  • Biasanya terbuat dari material besi cor

Spesifikasi roof drain memang tidak terlalu sulit untuk dilihat karena ukurannya pun tak besar. Bahkan dapat dengan mudah Anda genggam. Namun fungsi dari roof drain sangatlah besar dalam sistem drainase dengan debit air kecil.


Fungsi Roof Drain

Pada dasarnya, fungsi roof drain adalah menyalurkan air hujan ke dalam saluran drainase utama. Fungsi ini sebenarnya sama dengan deck drain. Namun tentu ada perbedaan juga. Deck drain biasa digunakan untuk saluran drainase dengan debit besar. Contohnya seperti jalan tol dan jembatan. Sebaliknya, roof drain digunakan dalam saluran drainase debit kecil.

Di mana letak penggunaan roof drain? Roof drain biasanya digunakan di area atap atau balkon dari gedung dan bangunan. Tentunya dengan ditaruh di atap dan balkon, maka air hujan dapat disalurkan ke dalam saluran drainase bangunan tersebut. Dengan adanya roof drain, tidak ada lagi genangan yang terus mengendap di area atap dan balkon gedung. 

Jika genangan air akibat hujan itu terus dibiarkan di atap dan balkon gedung, dampaknya cukup besar. Struktur bangunan akan mengalami kerusakan karena terpengaruh genangan air tersebut. Untungnya dengan fungsi roof drain, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan permasalahan genangan air di atap dan balkon gedung. Agar hunian Anda lebih aman dari genangan air atau bahkan banjir, mungkin Anda membutuhkan pilihan inspirasi desain rumah anti banjir.

Dengan membaca pengertian, spesifikasi, dan fungsi roof drain di atas, sekarang Anda sudah mengenal salah satu komponen yang sangat penting ini. Jangan sampai konstruksi bangunan atau gedung Anda tidak memiliki komponen roof drain untuk menjaga drainase tetap baik. 

Sekarang Anda tidak perlu kebingungan mencari roof drain berkualitas dengan harga terbaik. Klopmart telah hadir untuk memberikan produk roof drain sesuai kebutuhan Anda. Sebagai e-commerce material bangunan, Klopmart mampu menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi dengan berbagai spesifikasi dan jenis. Dengan informasi roof drain adalah komponen penting saluran drainase, kunjungi roof drain dari Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya