Saniter

Sejarah TOTO: Produsen Saniter Legendaris TOTO yang Jarang Diketahui

Media
09 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

TOTO saat ini dikenal sebagai salah satu produsen peralatan kamar mandi atau saniter premium di dunia. TOTO bukan hanya berhasil menjadi perusahaan yang mempelopori pengembangan saniter modern, tetapi telah mengubah cara kita mengalami kamar mandi.

Kamar mandi dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi penggunannya saat melakukan aktivitas mandi, buang air kecil maupun buang air besar sekalipun.

promosi klopmart

Selama bertahun-tahun, komitmen TOTO terhadap kualitas dan inovasi telah membuat perusahaan ini memiliki reputasi sebagai merek dan tren terpercaya untuk perlengkapan saniter baik untuk rumah pribadi maupun untuk perusahaan komersial.

TOTO adalah produsen terkemuka akan keramik saniter dari Jepang, dan telah berada di garis depan dari perkembangan budaya kamar mandi sejak berdirinya pada tahun 1917.

Sejarah Saniter Legendaris TOTO

Memang nama TOTO mirip dengan nama yang cukup umum di masa itu, yaitu Totok. Nama panggilan Tototk saat ini sudah kurang lazim di dengar apalagi di kota-kota besar. Generasi yang lahir di tahun 1970 – 1980-an pasti akrab dengan nama itu.

Begitu akrabnya hingga menyangka produsen saniter TOTO adalah perusahaan lokal. Betul, bahwa pabriknya memang ada di Indonesia, bahkan ini adalah pabrik pertamanya di luar Negeri Matahari Terbit tersebut. Mungkin agar dapat mengerti dan mengenal lebih jelas akan TOTO, mari kita bahas sejarah TOTO yang diawali dari kelahirannya di tahun 1917.

 Tahun 1917

Awalnya perusahaan ini didirikan oleh Kazuchika Okura dengan nama TOYO TOKI Co. Ltd. Kemudian berganti nama menjadi TOTO, mengambil dua suku kata awalan dari TOYO TOKI. Lima tahun sebelumnya, pada tahun 1912, Okura telah mendirikan sebuah laboratorium untuk mengembangkan jenis saniter keramik yang sudah menjadi hal umum di Eropa dan Amerika.

Ironisnya, mengingat betapa canggihnya budaya kamar mandi di Jepang saat ini, saat itu mangkuk toilet kayu masih sangat lazim dan bahkan belum ada sistem saluran pembuangan kotoran. Dengan penjualan pertamanya, perusahaan Okura ini mulai menantang dengan sebuah konsep kebersihan yang berbeda saat itu. Ini adalah hal yang terus dilakukan TOTO hingga saat ini.

 Tahun 1923

Gempa Bumi Besar Kantoterjadi dan menghancurkan kota Tokyo. Selama proses rekonstruksi kota dijalankan, saluran pembuangan kotoran atau limbah juga dibangun. Hal ini membuat permintaan akan perlengkapan sanitasi juga meningkat dengan pesat.

 Tahun 1946

Setelah Perang Dunia II berakhir, TOTO mulai memproduksi fiting logam dan keran selain tetap memproduksi pelengkapan keramik saniter. Sejak saat itu, inovasi di bidang teknologi pemesinan yang presisi selalu berjalan seiring dengan perkembangan dalam bidang pencetakan dan pembakaran keramik saniter sebagai dua bisnis inti perusahaan TOTO.

 Tahun 1964

Jepang berada di tengah keajaiban ekonomi ketika menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo pada tahun 1964, dan disertai ledakan perkembangan dalam bidang konstruksi yang sangat pesat.

TOTO, yang sekali lagi berada di garis depan teknologi kamar mandi, terus mengembangkan metode prefabrikasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan produksi massal, yang menghemat waktu dan energi untuk konstruksi.

Modul kamar mandi prefabrikasi yang diciptakan TOTO untuk 1.044 kamar di Hotel New Otani, Tokyo yang dibuka khusus untuk memenuhi kebutuhan Olimpiade, menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah menyempurnakan kombinasi antara teknologi dan desain.

Tahun 1977-1981

Tahun 1977, TOTO membuka pabrik di luar negeri Jepang yang pertama, yaitu di Indonesia dengan nama PT Surya TOTO Indonesia. Pada tahun 1980, TOTO meluncurkan produk saniter WASHLET yang memberikan tingkat kebersihan dan kenyamanan yang sepenuhnya baru kepada konsumen. WASHLET dengan cepat menjadi sensasi budaya dan sensai komersial bagi Jepang.

Menyusul setelah peluncuran produk WASHLET, pada tahun 1981 TOTO mulai menularkan teknologi canggihnya ke produk lain dengan memperkenalkan dapur modular kelas papan atas.

Tahun 1990 - 1994

Setelah sukses di Indonesia, Korea, Thailand, Taiwan, dan Hong Kong, TOTO mulai mengembangkan penjualannya di Amerika Serikat. Ekspansi bisnisnya juga mencakup Cina pada tahun 1994.

Di tengah perjalanan ini, peluncuran kloset NEOREST menjadi wujud nyata dari prinsip Teknologi Bersih TOTO. NEOREST menggabungkan WASHLET dengan beragam inovasi TOTO dalam konsep kamar mandi yang tidak hanya memiliki kinerja tinggi, tetapi juga memperhatikan nilai estetika. Konsepnya menyajikan kamar mandi dengan teknologi canggih yang tetap memperhatikan aspek visual yang menarik.

Tahun 1998

TOTO meluncurkan produk HYDROTECT, sebuah teknologi fotokatalitik yang sudah dipatenkan. Permukaan material dapat membersihkan dirinya sendiri dan juga memecah polutan di udara, menjadikannya ideal untuk penggunaan eksternal.

Karena mudah dibersihkan dan dapat menghilangkan bau dan bakteri membuat produk ini juga ideal untuk penggunaan internal.

Tahun 2006-2010

Tahun 2006, TOTO mendirikan Pusat Penelitian Desain Universal untuk menciptakan produk-produk baru melalui proses dialog dan umpan balik pelanggan. Ini sangat penting karena produk yang dihasilkan dapat secara tepat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Produk-produk TOTO kemudian diperkenalkan di Eropa pada Pameran ISH di Frankfurt pada 10-14 Maret 2009. Pada tahun 2010, TOTO membuka showroom pertamanya di Eropa, tepatnya di kota London, Inggris Raya.

Tahun 2013

TOTO meluncurkan produk WASHLET pertama yang dapat membersihkan diri sendiri di Pameran ISH di Frankfurt berikutnya.

Melihat rentang sejarahnya, berarti perusahaan saniter ini sudah berusia lebih dari satu abad! Wow! Tidak salah jika kita menyebut Toto sebagai produsen saniter legendaris dunia! Sebuah perjalanan panjang sarat pengalaman yang sangat membanggakan bagi TOTO dan tentu saja hal ini tidak dapat dipandang remeh oleh para saingannya.


Jika Anda ingin membeli produk TOTO yang berkualitas tinggi, kunjungi Klopmart yang menyediakan berbagai kran dari TOTO untuk memenuhi kebutuhan peralatan kamar mandi dan dapur Anda dengan keunggulan yang terpercaya. Seperti Toto Kran TX119LMBR yang memiliki 2 handle yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya