PRODUSEN SANITER LEGENDARIS: TOTO

Apa yang kita pikirkan saat kita mendengar tentang nama TOTO? TOTO yang dimaksud tidak berkaitan dengan TOTO yang adalah nama sebuah grup band legendaris era tahun 1980 – 1990-an! Begitu kita mendengar nama TOTO, pikiran kita akan berseru, “Kloset!”, “Oh, itu wastafel!”, “Bukan! Itu nama keran air!”, “Salah semua! Itu pipa fiting!”

Hebatnya, semua jawabannya tidak salah karena memang semuanya benar. TOTO memang saat ini dikenal sebagai salah satu produsen peralatan kamar mandi atau saniter premium di dunia. Bahkan TOTO adalah produsen kloset terbesar di dunia!

TOTO bukan hanya berhasil menjadi perusahaan yang mempelopori pengembangan saniter modern, juga telah mengubah cara kita mengalami kamar mandi. Bayangkan, bahkan kamar mandi dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi penggunannya saat melakukan aktivitas mandi, buang air kecil maupun buang air besar sekalipun. Luar biasa, bukan?

Selama bertahun-tahun, komitmen TOTO terhadap kualitas dan inovasi telah membuat perusahaan ini memiliki reputasi sebagai merek dan tren terpercaya untuk perlengkapan saniter baik untuk rumah pribadi maupun untuk perusahaan komersial.

TOTO adalah produsen terkemuka akan keramik saniter dari Jepang, dan telah berada di garis depan dari perkembangan budaya kamar mandi sejak berdirinya pada tahun 1917.

Tahun 1917?? Jepang? Bukannya TOTO dikenal sejak tahun 1977 dan bukankah pabriknya ada di Indonesia?

Memang nama TOTO mirip dengan nama yang cukup umum di masa itu, yaitu Totok. Nama panggilan Tototk saat ini sudah kurang lazim di dengar apalagi di kota-kota besar. Generasi yang lahir di tahun 1970 – 1980-an pasti akrab dengan nama itu. Begitu akrabnya hingga menyangka produsen saniter TOTO adalah perusahaan lokal. Betul, bahwa pabriknya memang ada di Indonesia, bahkan ini adalah pabrik pertamanya di luar Negeri Matahari Terbit tersebut. Mungkin agar dapat mengerti dan mengenal lebih jelas akan TOTO, mari kita bahas sejarah TOTO yang diawali dari kelahirannya di tahun 1917.

 

 

1917

Awalnya perusahaan ini didirikan oleh Kazuchika Okura dengan nama TOYO TOKI Co. Ltd. Kemudian berganti nama menjadi TOTO, mengambil dua suku kata awalan dari TOYO TOKI. Lima tahun sebelumnya, pada tahun 1912, Okura telah mendirikan sebuah laboratorium untuk mengembangkan jenis saniter keramik yang sudah menjadi hal umum di Eropa dan Amerika. Ironisnya, mengingat betapa canggihnya budaya kamar mandi di Jepang saat ini, saat itu mangkuk toilet kayu masih sangat lazim dan bahkan belum ada sistem saluran pembuangan kotoran. Dengan penjualan pertamanya, perusahaan Okura ini mulai menantang dengan sebuah konsep kebersihan yang berbeda saat itu. Ini adalah hal yang terus dilakukan TOTO hingga saat ini.

 

1923

Gempa Bumi Besar Kantoterjadi dan menghancurkan kota Tokyo. Selama proses rekonstruksi kota dijalankan, saluran pembuangan kotoran atau limbah juga dibangun. Hal ini membuat permintaan akan perlengkapan sanitasi juga meningkat dengan pesat.

 

1946

Setelah Perang Dunia II berakhir, TOTO mulai memproduksi fiting logam dan keran selain tetap memproduksi pelengkapan keramik saniter. Sejak saat itu, inovasi di bidang teknologi pemesinan yang presisi selalu berjalan seiring dengan perkembangan dalam bidang pencetakan dan pembakaran keramik saniter sebagai dua bisnis inti perusahaan TOTO.

 

1964

Jepang berada di tengah keajaiban ekonomi ketika menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo pada tahun 1964, dan disertai ledakan perkembangan dalam bidang konstruksi yang sangat pesat. TOTO, yang sekali lagi berada di garis depan teknologi kamar mandi, terus mengembangkan metode prefabrikasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan produksi massal, yang menghemat waktu dan energi untuk konstruksi. Modul kamar mandi prefabrikasi yang diciptakan TOTO untuk 1.044 kamar di Hotel New Otani, Tokyo yang dibuka khusus untuk memenuhi kebutuhan Olimpiade, menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah menyempurnakan kombinasi antara teknologi dan desain.

 

1977

TOTO membuka pabrik di luar negeri Jepang yang pertama, yaitu di Indonesia dengan nama PT Surya TOTO Indonesia.

 

1980

TOTO meluncurkan produk saniter WASHLET yang memberikan tingkat kebersihan dan kenyamanan yang sepenuhnya baru kepada konsumen. WASHLET dengan cepat menjadi sensasi budaya dan sensai komersial bagi Jepang.

 

1981

Menyusul setelah peluncuran produk WASHLET, TOTO mulai menularkan teknologi canggihnya ke produk lain dengan memperkenalkan dapur modular kelas papan atas.

 

1990 - 1994

TOTO mulai mengembangkan penjualannya di Amerika Serikat setelah berkembang luas di Indonesia, Korea, Thailand, Taiwan, dan HongKong. TOTO kemudian juga memperluas bisnisnya ke Cina pada tahun 1994.

 

1993

Peluncuran kloset NEOREST membawa realisasi sepenuhnya dari prinsip Teknologi Bersih, menggabungkan WASHLET dengan beragam inovasi TOTO ke dalam konsep sebuah kamar mandi yang memiliki kinerja tinggi tanpa mengorbankan segi nilai estetikanya. Konsep sebuah kamar mandi dengan teknologi canggih namun tetap sedap dipandang.

 

1998

TOTO meluncurkan produk HYDROTECT, sebuah teknologi fotokatalitik yang sudah dipatenkan. Permukaan material dapat membersihkan dirinya sendiri dan juga memecah polutan di udara, menjadikannya ideal untuk penggunaan eksternal. Karena mudah dibersihkan dan dapat menghilangkan bau dan bakteri membuat produk ini juga ideal untuk penggunaan internal.

 

2006

TOTO membangun Pusat Penelitian Desain Universal. Pusat penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk-produk baru dengan menggunakan hasil dari proses dialog dan juga hasil umpan balik dari para pelanggannya. Hal ini sangat signifikan karena produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

 

2009 – 2010

Produk TOTO diluncurkan di Eropa pada Pameran ISH di Frankfurt, yang digelar dari 10 hingga 14 Maret 2009. Pada tahun 2010, TOTO membuka showroom pertamanya di Eropa, yakni di kota London, Inggris Raya.

 

2013

TOTO meluncurkan produk WASHLET pertama yang dapat membersihkan diri sendiri di Pameran ISH di Frankfurt berikutnya.

 

 

Melihat rentang sejarahnya, berarti perusahaan saniter ini sudah berusia lebih dari satu abad! Wow! Tidak salah jika kita menyebut Toto sebagai produsen saniter legendaris dunia! Sebuah perjalanan panjang sarat pengalaman yang sangat membanggakan bagi TOTO dan tentu saja hal ini tidak dapat dipandang remeh oleh para saingannya.


Cek harga klik disini

Related Article