8 Rekomendasi Pompa Air untuk Kolam Ikan Agar Selalu Segar

Ketika seseorang ingin memelihara ikan di rumahnya, tentu harus memikirkan pompa air untuk kolam ikan. Tugas utama pompa air ialah memberi arus dan mengalirkan air ke filter supaya ikan bisa tetap bernafas. Pompa air yang baik akan memberikan hasil yang baik pula pada ikan-ikan yang dipelihara.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat beberapa rekomendasi pompa air untuk kolam ikan yang terbaik sepanjang tahun 2023. Berikut penjelasan selengkapnya.

Rekomendasi Pompa Air untuk Kolam Ikan Terbaik

Bagi sebagian orang, memelihara ikan dapat melepas penat ketika lelah seharian bekerja. Terlebih ketika air kolam tersebut jernih dan ikan yang dipelihara juga sehat. Berikut ini rekomendasi pompa air untuk kolam ikan agar ikan di kolam tetap segar.

1. Pompa Air Submersible Eheim 400

Pompa air submersible Eheim 400 adalah jenis pompa air yang dapat dipasang di dalam air dan dapat bekerja secara efektif di bawah permukaan air. Pompa ini cocok digunakan untuk kolam ikan dengan ukuran sedang karena memiliki kapasitas aliran air hingga 600 liter per jam.

Tujuan menggunakan pompa ini agar dapat mengalirkan air dari kolam ke filter, menyediakan aerasi pada kolam ikan, atau membuat arus air di kolam ikan. Pompa Eheim 400 juga dilengkapi dengan fitur yang mampu menyaring debu dan sampah yang ada di dalam air, sehingga dapat membuat air dalam kolam tetap bersih dan sehat bagi ikan.

Pompa ini dapat dioperasikan dengan baik pada suhu air yang rendah atau tinggi dan dilengkapi dengan sistem pengaman untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kondisi air yang kurang baik. Selain itu, dilengkapi dengan panel kontrol yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan aliran air sesuai dengan kebutuhan kolam ikan anda.


2. Pompa Air Celup Atman AT-105

Pompa celup ini memiliki bahan dasar karet yang dapat ditempel pada kolam ikan ataupun akuarium. Penggunaan pompa celup dari Atman ini sangatlah menguntungkan penggunanya, pasalnya pompa yang satu ini tidak menimbulkan suara atau kebisingan saat beroperasi.

Pompa ini memiliki kemampuan flow rate air sebesar 3.000 liter/jam dengan ketinggian hingga tiga meter. Dengan kemampuannya itu, tidak membuat pompa ini boros listrik, Anda hanya menggunakan 50 watt saja jika menggunakan pompa celup dari Atman AT-105.

3. Pompa Life Tech AP-5300

Life Tech AP-5300 adalah merek pompa celup kolam ikan yang diakui sebagai salah satu yang terbaik, karena tingkat ketahanan atau keawetannya yang tinggi. Walaupun spesifikasinya masih standar, produk ini memiliki kemampuan sirkulasi air yang baik dengan 2.800 liter/jam, dan mampu mencapai ketinggian maksimum 2,8 meter. 

Sayangnya, kebutuhan daya yang dibutuhkan pompa ini cukup tinggi yakni memerlukan total 80 watt. Pompa celup ini cocok digunakan untuk akuarium atau kolam ikan dengan ukuran kecil hingga sedang, namun harganya cukup tinggi dan sebanding dengan kualitasnya.

4. Pompa Yamano SP-2600

Merk pompa celup berikutnya adalah Yamano SP-2600. Pompa ini dibuat dari ceramic shaft yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama. 

Pompa ini mampu menghasilkan sirkulasi air sebesar 2.000 liter/jam dengan kebutuhan daya 32 watt, sangat cocok digunakan untuk akuarium berukuran kecil hingga sedang.

5. Pompa Resun SP-5200

Pompa ini dibuat dari bahan stainless steel shaft dan magnetic rotor yang kuat, sehingga mampu menghasilkan sirkulasi air sebesar 2.800 liter/jam. Ketinggian maksimum yang dapat dicapai adalah 3,2 meter dengan daya yang dibutuhkan sebesar 60 watt. 

Kelebihan dari Pompa Air Resun SP-5200 adalah ketahanannya yang baik, kuat, sirkulasi air yang baik, ketinggian maksimum yang tinggi, daya yang dibutuhkan yang cukup rendah, fitur pengatur arus air yang baik dan tidak bising saat dioperasikan.

Baca juga: Pompa Air Akuarium Tanpa Listrik, Begini Cara Membuatnya!

6. Aquila P3900

Pompa kolam ikan terbaik berikutnya datang dari Aquila dengan seri P3900. Pompa ini menggunakan daya listrik sebesar 50 watt dan menghasilkan output sebesar 3.200 liter/jam. Pompa celup ini juga memiliki batas ketinggian maksimum sebesar 2,8 meter, namun dengan ketinggian tersebut pompa ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 50 watt saja.

Pompa ini menjadi pompa celup favorit yang sering dicari oleh pecinta ikan hias.

7. Pompa Amara AA-107

Pompa ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 25 watt saja. Dengan daya listrik sekecil itu, pompa Amara AA-107 mampu mencapai kemampuan sirkulasi air sebesar 2.000 liter/jam.

Namun, pompa jenis ini mudah panas jika sedang digunakan, maka dari itu pompa ini tidak cocok untuk ikan yang tidak suka dengan kolam bersuhu hangat.

8. Pompa Kolam Leecom

Rekomendasi pompa yang terakhir adalah merek Leecom dengan seri Leecom AU-132. Pompa yang satu ini memiliki kelebihan yakni tidak bising saat digunakan. Ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dipasang di dalam kolam ikan mini bahkan akuarium. Daya listrik yang digunakan juga sangat kecil, yaitu sebesar 1,5 watt saja.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Kolam Ikan Bocor dengan Mudah

Tips Memilih Pompa Air Kolam Ikan

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih pompa air yang tepat:

1. Ukuran Kolam

Pertimbangkan ukuran kolam ikan Anda saat memilih pompa air. Pompa harus mampu mengalirkan volume air yang cukup untuk menjaga kebersihan dan sirkulasi yang baik di kolam. Hitung volume air kolam Anda dan cari pompa yang sesuai dengan kapasitas tersebut.

2. Keandalan dan Kualitas

Pilihlah pompa air yang memiliki reputasi baik dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Pompa yang handal akan bekerja secara efisien dan tahan lama. Cari brand yang terpercaya dan baca ulasan pelanggan sebelum membuat keputusan.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Daya Hisap Mesin Pompa Air

3. Kapasitas dan Daya

Pastikan pompa air yang Anda pilih memiliki kapasitas yang cukup untuk mengalirkan air dengan kecepatan yang sesuai. Pertimbangkan juga daya listrik yang dibutuhkan oleh pompa tersebut. Pilihlah pompa yang efisien dalam penggunaan energi, sehingga dapat menghemat biaya operasional Anda.

4. Sistem Filtrasi

Pompa air kolam ikan yang baik seharusnya dilengkapi dengan sistem filtrasi yang efektif. Ini akan membantu menjaga kebersihan air dengan menghilangkan kotoran, daun, dan partikel lainnya yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Pastikan pompa memiliki filter yang mudah dibersihkan dan diganti.

5. Fitur Keamanan

Perhatikan fitur keamanan pada pompa air, seperti perlindungan terhadap kekeringan atau overload listrik. Fitur ini penting untuk menjaga pompa dan mencegah kerusakan yang bisa terjadi pada sistem.

6. Garansi dan Layanan Purna Jual

Pastikan pompa air yang Anda beli dilengkapi dengan garansi yang memadai. Hal ini akan memberikan kepercayaan tambahan bahwa Anda mendapatkan produk yang berkualitas. Periksa juga ketersediaan layanan purna jual, termasuk perbaikan dan suku cadang, agar Anda memiliki dukungan jika terjadi masalah di masa mendatang.


7. Sesuaikan dengan Anggaran

Tentukan anggaran yang Anda siapkan untuk membeli pompa air. Tetapkan prioritas Anda dan cari pompa yang sesuai dengan kualitas dan fitur yang Anda butuhkan dalam kisaran harga yang dapat Anda bayar.

Itulah beberapa rekomendasi pompa air untuk kolam ikan Anda. Namun, sembari memilih pompa air yang cocok, jangan lupa untuk membeli sherlock tusen klep agar dapat menahan aliran air yang telah berada pada pipa agar tidak kembali turun ke bawah.

Temukan apapun hanya di Klopmart yang menyediakan berbagai peralatan dan perkakas terbaik untuk Anda. Semoga artikel pompa air untuk kolam ikan ini dapat menjadi referensi Anda pada tahun 2023.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya