12 Model Plafon Gypsum Minimalis Terbaik untuk Rumah

Plafon merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan di rumah. Selain memiliki fungsi yang penting, plafon juga memiliki nilai estetika yang menarik.

Nah, salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat plafon adalah gypsum. Salah satu kelebihannya yaitu harga plafon gypsum yang terjangkau. Untuk menemukan yang tepat, Anda perlu mengetahui beberapa model plafon gypsum minimalis untuk digunakan di rumah.

Model Plafon Gypsum Minimalis di Rumah

Desain plafon tidak selalu harus full dekoratif dan memiliki bentuk unik. Model-model minimalis pun mampu membuat rumah Anda terlihat lebih estetik. Penasaran? Yuk simak beberapa model plafon gypsum minimalis di rumah yang dapat Anda coba terapkan.

Baca juga: 8 Ide Warna Cat Plafon yang Bagus

1. Plafon Minimalis dengan LED

Plafon Minimalis dengan LED

Model yang pertama adalah desain plafon minimalis dengan tambahan LED. Model ini membuat plafon Anda terlihat mewah karena cahaya yang terpancar. Tanpa lampu utama sekalipun, LED yang diletakkan di plafon dapat menerangi ruangan di rumah Anda. Model ini pastinya sangat cocok untuk kamar tidur yang membutuhkan pengaturan cahaya terbaik.

2. Model Minimalis Klasik

Model Minimalis Klasik

Selanjutnya, ada model plafon minimalis klasik. Tampilannya sederhana dan biasanya memiliki sedikit lekukan di pinggir. Lekukan ini dapat dibuat bertingkat atau satu lapis saja, sesuai selera Anda. Model ini merupakan desain plafon yang paling aman digunakan untuk berbagai ruangan di rumah nih.

3. Model Minimalis dengan Hiasan Lampu

Model Minimalis dengan Hiasan Lampu

Ingin pencahayaan yang lebih nyaman? Anda dapat menambahkan ruang untuk lampu-lampu kecil di plafon gypsum. Biasanya, lampu-lampu ini terletak di berbagai sudut untuk menghasilkan pencahayaan yang diinginkan. Meskipun tidak terlihat semewah LED, tetapi model ini membuat ruangan jadi lebih estetik.

4. Plafon Minimalis Ruang Keluarga

Plafon Minimalis Ruang Keluarga

Ruang keluarga pastinya membutuhkan desain yang nyaman untuk bersantai. Nah, Anda dapat mencoba menerapkan model plafon yang minimalis. Menggunakan nuansa yang tepat, ruang keluarga Anda jadi terasa lebih hangat.

5. Model Minimalis Elegan di Indoor Pool

Model Plafon Rumah Minimalis Elegan di Indoor Pool

Apakah rumah Anda memiliki kolam renang indoor? Yuk coba membuat tampilan plafonnya jadi lebih menarik. Tidak perlu terlalu dekoratif, Anda dapat mencoba menggunakan plafon gypsum minimalis yang ditambahkan sedikit lampu penerangan.

6. Plafon Minimalis di Ruang Makan

Plafon Minimalis di Ruang Makan

Siapa bilang ruang makan tampilannya monoton? Menggunakan model plafon minimalis yang menarik dapat membuat tampilan ruang makan jadi berbeda. Nuansanya jadi terlihat lebih estetik dan pastinya bikin betah.

7. Plafon Gypsum Kotak-Kotak

Plafon Ruang Tamu menggunakan Gypsum Kotak-Kotak

Bosan dengan desain minimalis tanpa motif? Model plafon kotak-kotak ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Sekat kotak-kotak juga bisa dikombinasikan dengan bahan selain gypsum loh, seperti kayu. Tampilan plafon Anda pun jadi lebih eye catching dan estetik.

8. Model Minimalis di Dapur

Model Minimalis di Dapur

Model plafon minimalis juga dapat diterapkan di dapur Anda. Selain fungsional yang sangat dibutuhkan, desain plafon di dapur ini juga membuat tampilan makin menarik. Anda juga dapat menambahkan sedikit penerangan jika ingin dapur terlihat lebih mewah.

9. Plafon Gypsum Mewah di Kamar Tidur

Plafon Gypsum Mewah di Kamar Tidur

Model minimalis tapi tetap ingin menonjolkan sisi mewah? Tenang, Anda dapat mencoba model yang satu ini. Gaya plafonnya minimalis, tidak dekoratif tetapi mampu memberikan aura ruangan yang mewah. Caranya? Tambahkan saja ornamen dengan warna mewah seperti gold atau silver.

10. Plafon Warna-Warni

Plafon Warna-Warni

Nuansa rumah yang colourful dapat membuat penghuninya merasakan mood yang baik setiap saatnya. Anda dapat mencoba model plafon warna-warni sesuai dengan nuansa ruangan. Rumah pun terlihat lebih hidup dan pastinya membuat makin nyaman.

11. Plafon Gypsum Dekoratif

Plafon Gypsum Dekoratif

Selanjutnya, ada model plafon gypsum dekoratif. Model ini memiliki tampilan yang unik dan pastinya estetik di ruangan Anda. Jika ingin lebih menarik, Anda dapat menambahkan ornamen lampu gantung yang mewah.

12. Plafon Minimalis Estetik

Plafon Minimalis Estetik

Model plafon yang terakhir adalah minimalis estetik. Plafon ini memiliki bentuk dekoratif yang sederhana. Ditambah dengan ornamen lampu gantung, tampilannya pun akan terlihat estetik.

Plafon jenis ini, dapat Anda terapkan di ruang tamu, dengan begitu tamu yang datang semakin betah dan nyaman karena ruang tamu Anda terlihat sangat estetik.

Tips Menggunakan Plafon Gypsum

Selain ingin mendapatkan tampilan yang menarik, plafon juga memiliki sisi fungsional untuk kenyamanan ruangan. Guna mendapatkan hasil penggunaan yang maksimal, tentunya Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Yuk ketahui beberapa tips menggunakan plafon gypsum di bawah ini.

1. Perencanaan yang Baik

Sebelum memulai pemasangan plafon gypsum, pastikan Anda telah menyusun perencanaan yang matang. Pertimbangkan desain, dimensi, dan bentuk ruangan, serta jenis pencahayaan yang akan digunakan. Hal ini akan membantu memastikan bahwa plafon gypsum Anda terlihat indah dan berfungsi dengan baik.

2. Pengukuran yang Akurat

Pastikan Anda melakukan pengukuran yang akurat sebelum memasang plafon gypsum. Ini akan membantu Anda memotong material dengan benar dan menghindari kesalahan saat pemasangan.

Baca juga: Ukuran Plafon Gypsum yang Harus Anda Pahami

3. Persiapan Pemasangan

Sebelum memasang plafon gypsum, pastikan bahwa permukaan langit-langit sudah bersih dan rata. Bersihkan debu dan kotoran, dan perbaiki kerusakan pada langit-langit jika ada. Hal ini akan membantu Anda memasang plafon gypsum dengan mudah dan hasil yang lebih baik.

4. Gunakan Alat yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat untuk memotong dan memasang plafon gypsum. Alat-alat yang diperlukan termasuk gunting khusus gypsum, palu, sekrup, paku, dan obeng. Gunakan alat-alat yang tepat agar hasilnya lebih rapi dan profesional.

5. Pemasangan yang Benar

Pastikan bahwa plafon gypsum dipasang dengan benar, terutama saat memasang rangka dan konstruksi penahan. Pastikan juga bahwa jarak antara rangka atau konstruksi penahan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat.

6. Penyelesaian

Setelah plafon gypsum terpasang, pastikan bahwa semua sambungan dan permukaannya rata dan halus. Lakukan pengecatan atau finishing sesuai keinginan Anda. Pastikan juga bahwa semua perangkat listrik seperti lampu dan kabel sudah terpasang dengan benar dan aman.

7. Perawatan

Terakhir, pastikan bahwa Anda merawatnya dengan baik. Bersihkan debu dan kotoran secara teratur, dan periksa untuk melihat apakah ada kerusakan atau kebocoran air di atas plafon. Hal ini akan membantu memastikan bahwa plafon gypsum tetap awet dan tahan lama.

Kelemahan dan Kelebihan Gypsum

Mayoritas plafon memang mengandalkan gypsum sebagai bahan pembuatannya. Hal ini tentunya karena gypsum menawarkan banyak kelebihan untuk penggunaannya. Meskipun, memang terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan juga.

Kelemahan Gypsum

Gypsum adalah bahan yang populer digunakan untuk plafon. Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan.

  1. Rentan Terhadap Kerusakan Akibat Air

Gypsum adalah bahan yang cukup mudah rusak jika terkena air. Jika plafon gypsum terus-menerus terkena air atau kelembaban yang tinggi, maka dapat terjadi kerusakan seperti retak.

  1. Rentan Terhadap Goresan

Bahan ini rentan terhadap goresan dan tanda bekas. Jika ada benda tajam yang tergores pada permukaan plafon gypsum, maka akan sulit untuk menghapusnya atau memperbaikinya tanpa mengganti seluruh panel.

  1. Tidak Tahan Api

Meskipun gypsum memiliki daya tahan terhadap api yang cukup baik, namun jika terkena api langsung, maka plafon gypsum dapat meleleh. Hal ini dapat menimbulkan bahaya yang serius.

Kelebihan Gypsum

Dibanding dengan kelemahannya, tentunya kelebihan dari Gypsum jauh lebih menarik. Hal ini yang membuat bahan ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan desain, termasuk plafon. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan gypsum yang perlu Anda ketahui.

  1. Mudah Dipasang

Gypsum adalah bahan yang relatif mudah dipasang karena dapat dipotong dan dibentuk dengan mudah. Selain itu, panel gypsum dapat dipasang dengan cepat dan efisien.

  1. Tampilan yang Estetis

Kelebihan selanjutnya adalah memberikan tampilan yang estetis dan modern pada plafon. Terutama karena bahan ini dapat dicat atau dihias dengan mudah.

  1. Efisiensi Energi

Gypsum mempunyai sifat isolasi yang baik dan dapat membantu mengurangi konsumsi energi. Hal ini berguna untuk pendinginan atau pemanasan ruangan.

  1. Ramah Lingkungan

Gypsum dibuat dari bahan-bahan alami dan dapat didaur ulang. Selain itu, bahan gypsum yang dihasilkan dari industri kertas dapat membantu mengurangi limbah kertas yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

  1. Mudah dalam Perawatan

Bahan yang satu ini mudah dirawat dan dibersihkan. Gypsum dapat dicuci dan dibersihkan dengan sabun dan air, serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Harga Model Plafon Gypsum Elegan untuk Rumah Anda!

Nah, itulah tadi informasi mengenai plafon gypsum minimalis yang perlu Anda ketahui. Berminat untuk menerapkannya di rumah? Tidak ada salahnya untuk mempercayakannya pada ahli profesional agar mendapatkan hasil terbaik.

Apabila Anda membutuhkan bahan kualitas terbaik, yuk segera cek jual gypsum terdekat. Ingin informasi material atau kebutuhan hunian lainnya? Yuk segera cek Klopmart sekarang juga.

Sumber rujukan:

    • https://pexio.co.id/blog/model-plafon-gypsum/ 
    • https://berita.99.co/desain-plafon-gypsum-minimalis/
      Media

      Klopmart

      KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

      Inspirasi Lainnya

      Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

      Lampu & Listrik

      Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

      Selengkapnya
      6 Cara Membuat Sumur Resapan

      Tips & Trik

      6 Cara Membuat Sumur Resapan

      Selengkapnya
      6 Cara Membuat Biopori Sederhana

      Tips & Trik

      6 Cara Membuat Biopori Sederhana

      Selengkapnya