5 Pilihan Atap Untuk Ruang Jemuran Rumah yang Dapat Anda Pertimbangkan

Di dalam membangun konstruksi rumah, pilihan atap untuk ruang jemuran tidak boleh sembarangan. Dengan syarat khusus yang harus dilengkapi, yakni membuat jemuran baju tetap terjaga dari hujan namun harus mendapatkan pancaran sinar matahari, berarti atap transparan menjadi jawaban untuk konstruksi ini. 

Biasanya ruang jemuran terletak di bagian rumah bagian belakang atau bahkan di lantai atas. Semuanya tergantung dari desain rumah Anda sendiri. Namun untuk atap ruang jemuran, memang hanya atap transparan yang paling direkomendasikan.

Sebenarnya bagaimana pilihan atap yang tepat untuk digunakan di ruang jemuran? Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah penjelasan selengkapnya.

Namun sebelum itu, apabila saat ini Anda sedang mencari berbagai bahan bangunan ataupun perlengkapan rumahan, dapatkan diskon yang menarik untuk berbagai pilihan produk Anda hanya di Klopmart.

Tips Memilih Atap Jemuran yang Tepat: Pilihlah dengan Cermat Sesuai Kebutuhan dan Preferensi

Sebelum memutuskan untuk memasang atap ruang jemuran, ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini agar atap jemuran yang ada beli sesuai dengan kondisi bangunan Anda.

1. Bahan Atap yang Tahan Cuaca

Pilihlah bahan atap yang tahan terhadap cuaca ekstrem, seperti sinar UV, hujan, dan suhu yang berubah-ubah. Bahan atap yang tahan cuaca dapat meningkatkan masa pakai atap dan melindungi pakaian yang tergantung di ruang jemuran dari pengaruh buruk cuaca.

2. Sistem Ventilasi yang Efisien

Pastikan atap jemuran memiliki sistem ventilasi yang baik untuk memungkinkan sirkulasi udara yang cukup. Ventilasi yang efisien membantu pakaian kering lebih cepat dan mencegah terjadinya bau apek atau jamur.

3. Ketahanan terhadap Karat

Pilihlah atap jemuran yang tahan terhadap korosi dan karat, terutama jika ruang jemuran terletak di luar ruangan atau terpapar langsung oleh cuaca. Bahan seperti baja galvanis atau bahan anti-karat dapat menjadi pilihan yang baik untuk memastikan kekuatan dan daya tahan atap.

4. Desain yang Estetis

Pertimbangkan desain atap jemuran yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah dan memberikan tampilan estetis yang menyenangkan. Pilihan warna dan bentuk atap juga dapat mempengaruhi penampilan keseluruhan rumah.

5. Pemeliharaan yang Mudah

Pilihlah atap jemuran yang mudah untuk dipelihara dan dibersihkan. Sebuah atap yang dapat dibersihkan dengan mudah akan membantu menjaga kebersihan ruang jemuran dan mencegah terjadinya tumpukan debu atau kotoran.

Selain lima hal tersebut, pertimbangkan juga faktor-faktor seperti biaya pemasangan, perizinan yang diperlukan, dan kebutuhan penggunaan ruang jemuran. Memilih atap jemuran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda akan meningkatkan fungsionalitas dan estetika ruang tersebut.

Baca juga: 20 Model Atap Teras Rumah Minimalis yang Elegan

5 Atap Untuk Ruang Jemuran Terbaik di Tahun 2024

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, atap untuk ruang jemuran sudah pasti merupakan jenis transparan.

Atap transparan terdiri dari beberapa material. Ada yang menggunakan solartuff, polikarbonat, dan kaca. Di antara ke empat nya, mari kita bedah satu per satu.

1. Solartuff

Solartuff adalah jenis material atap untuk ruang jemuran pertama yang transparan dan memiliki tingkat kejernihan setara dengan kaca. Permukaannya cukup halus serta rata.

Kekuatan dari material ini pun juga hebat karena anti bocor, fleksibel, tidak mudah pecah, tahan dengan berbagai perubahan cuaca, menjadi peredam bising dari luar rumah, hingga mengandung UV. Berbagai macam kelebihan ini memang sangat bermanfaat untuk menjadikan solartuff sebagai atap ruang jemuaran rumah Anda.

Baca juga: Cat Anti Panas Untuk Genteng dan Atap Rumah

2. Kaca

Ya, kaca juga bisa dijadikan atap ruang jemuran. Dari sisi estetika memang kaca memiliki nilai paling tinggi.

Namun perlu diingat bahwa material kaca terbilang cukup berat. Jika struktur penopang atap transparan dari kaca tidak dibuat dengan kokoh dan sempurna, jangan sampai ruangan jemuran ini justru membahayakan keselamatan. Risiko terjatuh atau roboh bisa lebih besar.

Pastinya hal itu sangat membahayakan untuk pemilik rumah.

3. Ecolite

Jenis atap untuk ruang jemuran selanjutnya yaitu atap transparan ekonomis yang terbuat dari botol Polyethylene Terephthalate (PET) daur ulang.

Atap jenis ini diklaim ramah lingkungan, ekonomis dan memiliki kemampuan untuk melindungi penghuni rumah dari sinar Ultraviolet (UV).

Sangat cocok digunakan untuk atap jemuran, kan?

Baca juga: Mengenal Rumah Ramah Lingkungan untuk Hidup yang Lebih Baik

4. uPVC

Atap uPVC merupakan pilihan ideal untuk ruang jemuran karena sifatnya yang semi transparan, memungkinkan panas dari sinar matahari untuk meresap dengan baik ke pakaian yang sedang dijemur di bawahnya.

Kelebihan atap uPVC untuk ruang jemuran sangat beragam. Atap ini tahan bocor, lentur, dan tidak mudah retak. Selain itu, atap ini ringan sehingga tidak memerlukan struktur penyangga sekuat atap kaca.

5. Polikarbonat

Pilihan terakhir dari jenis material atap transparan untuk ruang jemuran rumah Anda adalah polikarbonat. Secara tingkat kejernihan, polikarbonat berada di bawah kaca dan solartuff.

Namun sifatnya yang mampu meredam sinar matahari sangatlah bagus. Khususnya ketika siang hari. Jadi ruang jemuran yang terkadang juga digabung dengan ruang lainnya tidak akan terasa terlalu panas. Polikarbonat juga memiliki tingkat ketahanan air dan rayap yang bagus. Hal ini akhirnya membuat polikarbonat dapat digunakan dalam waktu cukup lama.

Sinar matahari yang masuk ke dalam ruang jemuran membuat rumah Anda lebih terang. Anda bisa lebih hemat dari sisi penggunaan lampu pada siang hari. Bahkan jika ingin mendapatkan penampilan lebih estetik, jangan ragu untuk menambahkan tanaman di sisi ruang jemuran.

Baca juga: Atap Fiber vs Polycarbonate: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

7 Keunggulan Polycarbonate Solite

Produk ini memiliki berbagai keunggulan, yaitu:

1. Ramah Lingkungan

Atap polycarbonate terbuat dari bahan plastik modern yang dapat mudah didaur-ulang dan dibentuk. Selain itu, proses pembuatan polycarbonate juga telah memanfaatkan teknologi modern yang memastikan setiap atap polycarbonate ramah lingkungan.

2. Kedap Air

Atap polycarbonate juga dapat mencegah air masuk ke rumah Anda dengan mudah. Anda tinggal menabahkan perekat atau selotip saat proses pemasangan atap.

3. Proses Pemasangan yang Mudah

Proses pemasagan atap polycarbonate juga sangat mudah dan bahkan Anda mungkin tidak membutuhkan bantuan seorang ahli. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti sealent, gasken Neoprene, pengencang, sealent, Profil U dan Profil H.

Baca juga: Mengenal Ukuran Polycarbonate untuk Atap Rumah

4. Anti Panas Maksimal

Atap polycarbonate dapat memantulkan kurang lebih 90% panas sinar matahari. Hal ini karena atap polycarbonate memiliki lapisan sinar UV Protection.

Mampu menahan hawa panas tanpa menghalangi transmisi cahaya. Tetapi, sinarnya tidak akan sepanas jika Anda tidak menggunakan atap polycarbonate.

5. Anti Api

Selain anti panas, ternyata material ini juga anti api lho. Api tidak bisa merambat ke atap ini sehingga mengurangi risiko kebakaran.

Sifat inilah yang membuat polycarbonate sering digunakan sebagai kanopi.

6. Lebih Kuat dari Akrilik

Atap untuk ruang jemuran yang satu ini 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari akrilik. Atap ini sangat kuat, ringan, dan tahan lama.

7. Pilihan Warna yang Beragam

Anda mungkin tidak akan pernah menemukan pilihan warna atap seluas pilihan warna atap polycarbonate. Karena proses produksinya yang menggunakan teknologi modern, warna atap polycarbonate sangat beragam dan Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan desain dan warna cat rumah Anda dengan mudah.

Rekomendasi Polikarbonat untuk Ruang Jemuran

Dari penjelasan kelima atap transparan untuk ruang jemuran, Anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk digunakan. Namun rekomendasi terbaik pilihan Klopmart adalah polikarbonat melalui produk Polycarbonate Solite.

Menariknya, Anda berkesempatan mendapatkan harga distributor untuk berbagai pilihan produk Anda ketika membeli di Klopmart. Segera kunjungi kami sekarang juga.

Produk Polycarbonate Solite ini sudah bisa Anda dapatkan di Klopmart dengan harga kompetitif dan kemudahan dalam berbelanja berbagai produk serta bahan material konstruksi bangunan. Cek harga Polycarbonate Solite sekarang juga di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya