17 Inspirasi Perpaduan Keramik Lantai dan Dinding Kamar Mandi yang Menawan

Ada berbagai macam perpaduan keramik lantai dan dinding kamar mandi yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda. Klopmart sudah menyediakan berbagai idenya untuk Anda melalui pembahasan di bawah ini.

Hampir sebagian besar orang yang ingin membangun rumah hanya berfokus pada desain interior ruang tamu, kamar, dan ruang makan. Tahukah Anda bahwa kamar mandi tidak kalah pentingnya dengan 3 ruang besar yang ada di dalam rumah?

Kamar mandi dengan desain interior yang baik akan menambah kenyamanan Anda ketika sedang menggunakan ruang tersebut. Apalagi, Anda pasti menggunakan kamar mandi lebih dari 1x setiap harinya.

Beberapa kali di antaranya, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan kamar mandi. Apabila desain interior kamar mandi dibuat secara asal, Anda pun menjadi kurang nyaman ketika sedang berada di dalamnya.

Oleh karena itu, Anda dapat langsung menyimak ide-ide perpaduan desain keramik lantai dan dinding kamar mandi melalui informasi yang akan kami sampaikan. Ide-ide yang akan kami sajikan diambil dari berbagai konsep hunian minimalis, modern, dan juga gaya klasik. 


17 Perpaduan Keramik Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Berikut ini, ada 17 ide perpaduan antara keramik lantai dan dinding kamar mandi yang dapat dicoba untuk kamar mandi Anda.

1. Perpaduan Warna Hitam dan Putih

perpaduan keramik lantai dan dinding kamar mandi - Perpaduan Warna Hitam dan Putih

Kamar mandi dengan konsep perpaduan warna hitam dan putih sudah cukup sering ditemukan di berbagai hunian minimalis dan juga modern. Biasanya, lantai kamar mandi akan menggunakan keramik berwarna hitam polos atau hitam dengan motif, lalu bagian dindingnya menggunakan keramik berwarna putih.

Anda bisa memadukan warna dan desain keramik yang berbeda-beda seperti menggunakan desain keramik batu bata untuk dinding kamar mandi. Lalu, pilih perabotan kamar mandi dengan warna senada.

Baca juga: 9 Perpaduan Warna Keramik Kamar Mandi yang Tidak Norak

2. Konsep Japandi

Konsep Japandi - Motif Kayu Warna Cokelat atau Krem

Sumber: kiaton.kontan.co.id

Anda pasti pernah mendengar hunian dengan konsep Japandi. Japandi ini sendiri merupakan singkatan dari Japanese-Scandinavian yang merupakan desain interior dengan unsur gaya dari kedua negara tersebut.

Hunian dengan konsep Japandi menggabungkan sentuhan warna netral seperti putih dan abu-abu yang dipadukan dengan warna krem atau cokelat kayu. Konsep ini memberikan kesan hunian yang simpel, minimalis, dan natural.

Konsep Japandi juga dapat diterapkan di dalam kamar mandi Anda. Anda cukup memilih keramik dengan perpaduan warna netral dan krem, lalu letakkan perabotan yang berwarna putih atau kayu.

3. Konsep Skandinavia

Konsep Skandinavia

Selain konsep Japandi, Anda juga bisa menggunakan konsep Skandinavia untuk desain interior kamar mandi yang simpel dan juga elegan. Konsep ini memainkan gradasi warna abu-abu mulai dari tua dan juga muda. Anda dapat mengaplikasikan keramik berwarna abu-abu tua pada bagian lantai kamar mandi dan abu-abu muda pada bagian dinding atau sebaliknya.

Baca juga: 7 Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus dan Elegan 2023

4. Konsep Natural dengan Keramik Batu Alam

Konsep Natural dengan Keramik Batu Alam

Bagi Anda yang suka dengan desain interior yang memiliki konsep natural, cobalah untuk menggunakan keramik batu alam pada bagian dinding kamar mandi. Lalu untuk lantainya, Anda dapat menggunakan keramik bermotif atau polos sesuai dengan warna keramik batu alam yang dipilih.

Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan unsur hijau di dalam kamar mandi untuk menonjolkan konsep naturalnya. Contohnya seperti menambahkan tanaman hijau gantung atau tanaman dinding.

5. Penggunaan Keramik Marmer

Penggunaan Keramik Marmer

Sumber: Selera.id

Keramik dengan motif marmer paling sering dipilih untuk kamar mandi yang berada di hunian mewah. Memang, keramik dengan desain ini dapat memberikan kesan interior yang elegan dan juga berkelas.

Anda dapat menggunakan keramik marmer ini untuk membuat kamar mandi dengan konsep hunian mewah pada bagian lantai maupun dinding. Padukan juga dengan perabotan berwarna emas agar kamar mandi Anda terlihat lebih high-class.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

6.  Perpaduan Desain Keramik Mosaik dan Polos

Perpaduan Desain Keramik Mosaik dan Polos

Di sebagian besar hunian dengan konsep gaya barat dan klasik, bagian kamar mandinya banyak yang menggunakan perpaduan desain keramik mosaik dan polos. Biasanya, bagian lantainya akan menggunakan keramik polos dan bagian dinding menggunakan keramik mosaik.

Pada bagian dinding kamar mandi, Anda dapat memadukan keramik dengan desain mosaik dan polos agar tidak menciptakan kesan interior yang terlalu monoton. Untuk membuat kamar mandi Anda terkesan klasik, gunakan keramik mosaik yang menggunakan campuran warna cokelat dan gunakan keramik polos dengan warna senada sebagai perpaduan desainnya.

7. Gabungan Keramik dengan Batuan Alam Koral

Gabungan Keramik dengan Batuan Alam Koral

Sumber: pinhome.id

Pada beberapa poin pembahasan sebelumnya, Anda sudah melihat penggunaan keramik batu alam untuk dinding kamar mandi. Kali ini, batu alam dapat diaplikasikan pada lantai kamar mandi Anda.

Gunakan batu alam koral yang kecil-kecil untuk memberikan tekstur pada lantai kamar mandi agar tidak licin ketika digunakan. Lalu, padukan dengan keramik dinding bermotif maupun polos dengan pilihan warna sesuai selera Anda.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

8. Konsep Moroccan

perpaduan keramik lantai dan dinding kamar mandi - Konsep Moroccan

Konsep Moroccan dapat menjadi inspirasi terakhir untuk kamar mandi Anda. Konsep ini memadukan keramik bermotif rumit dengan keramik polos berwarna senada. 

Keramik bermotif ini biasanya diaplikasikan pada bagian lantai dan keramik polos diaplikasikan pada bagian dinding kamar mandi. Namun, Anda juga bisa mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan dan selera.

9. Pola Zigzag dan Segitiga

perpaduan keramik lantai dan dinding kamar mandi - Pola Zigzag dan Segitiga

Perpaduan antara keramik lantai pola zigzag dan keramik dinding pola segitiga menciptakan kontras yang menarik dalam desain kamar mandi. Garis-garis zigzag pada lantai memberikan dinamika dan gerakan, sementara pola segitiga pada dinding memberikan struktur dan pola yang teratur.

Perpaduan ini sangat cocok untuk kamar mandi dengan gaya modern atau kontemporer. Namun, penting untuk memastikan bahwa pola dan warna keramik tersebut harmonis dengan elemen lain dalam desain kamar mandi, seperti furnitur, aksesori, dan palet warna keseluruhan.

Baca juga: 9 Tips Memilih Corak Keramik Kamar Mandi

10. Kuning Keemasan dan Biru Teal

Anda sedang merancang kamar mandi berukuran luas di rumah? Jangan hanya menerapkan konsep ruangan satu warna karena hanya membuat area ini terlihat monoton. Gunakan dua kombinasi warna ini untuk menciptakan nuansa ruangan yang mewah.

Anda bisa menerapkan keramik kuning keemasan bercorak di bagian dinding, sedangkan warna biru teal polos bisa diaplikasikan di area wastafelnya. Untuk kamar mandantainya, pilihlah keramik putih dengan motif marble supaya lebih elegan.

11. Biru Muda dan Putih

Gabungan dua warna ini membuat Anda seolah-olah merasakan kesegaran seperti di laut ketika sedang mandi. Biru muda dan putih juga menjadi pilihan warna keramik yang klasik untuk kamar mandi.

Anda bisa memasang keramik biru muda polos di dindingnya, kemudian mengaplikasikan warna putih untuk lantainya. Jika ingin mengaplikasikan gaya modern, pilihlah corak geometris berwarna biru dan aplikasikan pada dinding ruangannya.

12. Hijau Muda dan Putih

Layaknya biru muda dan putih, hijau juga mampu menambah kesan natural pada kamar mandi Anda. Kombinasi dua warna ini terlihat kontras, tetapi mampu menyatu satu sama lain tanpa menciptakan kesan tabrak warna.

Gunakan warna hijau muda di dindingnya supaya kesan alaminya memancar ke seluruh ruangan. Pilihlah keramik putih bermosaik untuk diterapkan di bagian lantainya

13. Warna Primer (Biru, Merah, dan Kuning) dan Putih

Desain kamar mandi modern bisa menerapkan konsep color blocks di bagian dindingnya. Paduan empat warna di atas menciptakan kesan ruangan yang terlihat menyenangkan dan nyaman.

Anda bisa menerapkan keramik biru, merah, dan kuning di beberapa bagian dinding dan lantainya, sementara warna putih mendominasi ruangan ini. Jangan ragu menggunakan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda agar suasana kamar mandi lebih menarik.

Baca juga15 Jenis Keramik Motif Kayu, Cocok Untuk Rumah Minimalis Anda!

14. Dinding Motif Batu Bata dengan Lantai Vintage

Inspirasi Perpaduan Keramik Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Sumber: Pashouses

Kombinasi yang menarik untuk desain kamar mandi adalah menggabungkan dinding dengan motif batu bata yang memberikan nuansa rustik dengan lantai keramik bergaya vintage.

Dinding dengan motif batu bata menciptakan tampilan yang kasar dan klasik, sementara keramik lantai kamar mandi vintage memberikan sentuhan elegan yang mengingatkan pada masa lalu.

Gabungan ini menciptakan kontras yang menarik antara dinding yang kasar dan lantai yang halus, menciptakan suasana kamar mandi yang hangat dan berkesan.

15. Cokelat Muda dan Beige

Perpaduan warna keramik kamar mandi yang bagus selanjutnya adalah cokelat muda dan beige. Kombinasi warna keramik ini menciptakan tampilan yang hangat, tenang, dan sangat menyenangkan.

Warna cokelat muda memberikan sentuhan kehangatan sementara warna beige memberikan nuansa yang lebih netral dan lembut.

Lantai dengan keramik cokelat muda akan menciptakan dasar yang nyaman, seperti alur kayu ringan, sementara dinding dengan keramik beige memberikan latar belakang yang tenang.

Kombinasi ini memberikan kamar mandi tampilan yang elegan dan santai, menciptakan ruang yang ideal untuk bersantai. Anda dapat menambahkan aksen dengan aksesori atau dekorasi dalam warna yang kontras seperti putih atau hijau muda untuk memberikan sentuhan segar pada desain kamar Anda.

16. Hijau dan Oranye

Terakhir, dua warna ini dapat membuat ruangan lebih menarik dan tidak monoton. Jika ukuran kamar mandi cukup kecil, Anda bisa menerapkan dua pilihan warna ini di satu sisi dindingnya. Anda juga dapat menggunakan konsep color block dengan memasang warna oranye di bagian tengah dinding berkeramik hijau.

Lantainya bisa menggunakan keramik matte berwarna cokelat tua supaya tidak norak. Jangan menerapkan warna putih di lantai, apalagi peralatan mandinya berwarna sama karena ruangan akan lebih monoton.

17. Cokelat dan Putih

Apabila warna hitam terasa monoton atau suram, Anda bisa memilih warna cokelat yang lebih kaya untuk dikombinasikan dengan keramik putih. Ya, paduan dua warna ini juga berhasil menciptakan kesan kamar mandi lebih mewah, tetapi terlihat natural.

Kesan alaminya lebih bertambah jika Anda menerapkan pola mosaik batu-batuan di bagian lantainya. Keramik cokelatnya tidak perlu memenuhi seluruh bagian dindingnya, cukup aplikasikan setengahnya agar kamar mandi tidak terkesan suram.


Kesimpulan

Jadi, dari ketujuhbelas perpaduan di atas, mana yang menarik perhatian Anda? Ide mana yang ingin langsung Anda terapkan untuk kamar mandi yang akan dibangun atau direnovasi?

Apabila Anda sudah menentukan desain keramik yang akan digunakan, namun warna yang diinginkan tidak tersedia, cobalah untuk menggunakan cat keramik kamar mandi Propan. Cat ini dapat mewarnai keramik Anda sesuai dengan pilihan warna yang diinginkan. Selain itu, keramik kamar mandi Anda akan lebih awet karena dilapisi dengan cat Propan.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan cat keramik kamar mandi Propan? Lakukan pemesanan sekarang juga melalui website kami atau Anda dapat langsung menghubungi Klopmart sekarang juga. Langsung berikan informasi kepada tim sales kami mengenai warna cat apa yang dibutuhkan sesuai dengan informasi perpaduan keramik lantai dan dinding kamar mandi yang telah Anda simak melalui pembahasan di atas!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya