PERKAKAS KITA: PERLENGKAPAN PERBAIKAN PIPA

Table Of Contents

    Dampak akibat pandemi virus corona menimbulkan perubahan yang cukup siginifikan bagi kehidupan masyarakat di dunia. Guna menghambat penyebaran virus corona tersebut, setiap negara memberlakuan social dan physical distancing (menjaga jarak secara sosial dan secara fisik) serta pembatas sosial berskala besar (PSBB). Hal ini tentu saja membatasi ruang gerak dan mobilitas masyarakat karena masyarakat dipaksa untuk beraktivitas di dalam rumah saja.

     

    Dalam situasi seperti saat ini, besar kemungkinan masyarakat dipaksa juga untuk melakukan segala sesuatu secara mandiri atau do it yourself (DIY). Mau tidak mau, kita harus bisa mengerjakan beberapa hal secara mandiri misalnya seperti melakukan perawatan dan perbaikan di rumah tinggal. Menjaga kondisi rumah tinggal yang nyaman dan terjaga diperlukan perawatan dan perbaikan pada beberapa bagian yang mengalami kerusakan, khususnya untuk kerusakan yang bersifat ringan.

     

    Bagi Anda yang gemar melakukan do-it-yourself, perawatan dan perbaikan rumah secara mandiri bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi bagi Anda belum terbiasa untuk melakukan do-it-yourself ini, Anda perlu upaya untuk mengetahui dan untuk menjadi terbiasa untuk melakukannya. Tak perlu kuatir untuk memulai sesuatu yang baru, mulailah dengan mencari informasi selengkapnya untuk setiap kebutuhan yang Anda perlukan.

     

    Untuk memulai perawatan dan perbaikan rumah secara mandiri, hal pertama yang diperlukan adalah melengkapi perkakas standar yang diperlukan sebagai alat pertukangan. Apa saja perkakas yang diperlukan? Lengkapi perkakas di rumah Anda untuk melakukan perawatan dan perbaikan di rumah.

     

    Selain perkakas standar tersebut diatas, kita mungkin perlu juga untuk menambahkan koleksi perkakas yang khusus digunakan untuk perbaikan pipa atau yang lebih umum dikenal dengan perkakas tukang ledeng. Perkakas ini perlu dimiliki untuk dapat merawat dan memperbaiki peralatan yang berhubungan dengan pipa saluran air, baik itu di kamar mandi, dapur dan ruang cuci, khususnya perbaikan berskala kecil. Misalnya saat kita perlu mengganti keran air yang bocor atau membersihkan shower kamar mandi.

     

    Apa saja perkakas perbaikan pipa yang perlu kita miliki di rumah? Berikut ini beberapa perkakas yang perlu dimiliki di rumah:

     

    1. Kunci Pipa salah satu perkakas pipa yang mungkin umum dikenal dan umumnya berwarna merah. Kunci pipa yang khusus digunakan untuk memasang dan melepaskan pipa.
    2. Kunci Inggris atau disebut sebagai adjustable wrench, yang berfungsi untuk melepas dan memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaiakn dengan ukuran mur atau bautnya. Mengapa disebut Kunci Inggris? Mari kita lebih lanjut baca di Perkakas Kita: Kunci Inggris.
    3. Basin Wrench merupakan kunci keran wastafel berbentuk T yang digunakan untuk mengganti dan memperbaiki keran. Salah satu keunggulan dari basin wrench ini adalah sebagai alat pemasang keran wastafel yang dapat digunakan di ruang yang sempit. 
    4. Waterpump Plier atau tang yang khusus digunakan untuk mencengkram dan memutar pipa bahkan pipa yang berdiameter besar. Bagian tangkai tang ini terdapat slot dan pin yang dapat digeser untuk mendapatkan ukuran bukaan rahang tang sesuai kebutuhan pemakaian.
    5. Slip Joint Plier atau tang slip joint yang digunakan untuk menjepit dan mencengkram benda kerja berbentuk kawat, pipa berdiameter kecil, dan plat.
    6. Gergaji Besi yang khusus digunakan untuk memotong pipa untuk mengurangi panjang pipa ataupun untuk memodifikasi bentuk sebuah perangkat keras lain yang digunakan pada sistem pipa.
    7. Alat Pemotong Pipa. Ada beberapa alat pemotong genggam untuk memotong pipa plastik yang dapat digunakan untuk orang awam.
    8. Plunger yaitu alat yang digunakan untuk mengatasi penyumbatan pada pembuangan air seperti di wastafel, bak cuci piring, bathtub, dan di toilet.
    9. Isolasi atau Selotip Pipa adalah pita putih tipis yang digunakan untuk membungkus ulir pipa, keran, shower sebelum disambung, agar tersegel dengan baik dan terhindar dari kebocoran.

     

    Dengan memiliki beberapa perkakas standar tersebut diatas, diharapkan kita dapat secara mandiri melakukan perawatan dan perbaikan berskala kecil seperti memperbaiki kebocoran air dengan mengencangkan pipa atau keran air, dapat mengganti keran air, membersihkan kepala shower, atau melancarkan saluran air yang sering tersumbat.

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Besi Bangunan

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Selengkapnya
    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Tips & Trik

    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Selengkapnya
    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Tips & Trik

    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Selengkapnya