Garasi Mobil Rumah Kecil yang Efektif dan Fungsional

Konsep rumah minimalis merupakan sebuah pilihan utama bagi orang-orang yang menginginkan hunian di pusat kota. Desain rumah minimalis memiliki estetika yang dapat dipadukan dengan berbagai gaya yang membuatnya semakin populer. Sayangnya, ukuram rumah yang kecil membuat Anda sulit untuk membangun fasilitas untuk rumah Anda, salah satunya garasi mobil.

Tapi,sulit bukan berarti mustahil. Anda masih dapat membangun garasi mobil rumah kecil untuk tetap membuat rumah minimalis Anda sempurna. Gunakan imajinasi serta kreativitas Anda untuk memanfaatkan semua lahan yang ada untuk membangun garasi mobil rumah kecil di rumah minimalis Anda.
 

Desain Garasi Mobil untuk Rumah Minimalis

Berikut adalah ide model garasi mobil kecil yang dapat Anda coba di hunian Anda.
 

1. Garasi Samping Rumah

Garasi tidak harus melulu berada di bangunan yang terpisah sendiri. Anda dapat menyisakan bagian dari samping rumah Anda sebagai garasi minimalis. Anda tidak harus memberikan tempat yang luas di samping rumah. Hanya saja, pastikan ada ruang untuk mobil serta ruang kosong untuk tempat membuka pintu atau ruang kosong untuk semakin memudahkan parkir.
 

2. Garasi Halaman Rumah

Tidak punya tempat di samping rumah? Anda bisa mencoba untuk membuat garasi halaman depan rumah Anda. Model garasi ini sangat sederhana: Anda tinggal memberikan ruang kosong di depan pintu rumah Anda untuk parkir kendaraan dan ruang untuk berjalan. Anda juga dapat menggunakan atap garasi untuk melindungi mobil serta diri Anda saat sedang berkegiatan di halaman rumah.

Jika Anda sedang ingin bereksperimen, Anda dapat menggunakan lantai keramik sebagai lantai garasi model ini. Pastikan saja jenis keramik yang Anda gunakan dapat menahan panas serta beban karena akan ditempati oleh kendaraan dan juga akan menahan panas ketika kendaraan sedang tidak diparkir.

Jangan lupa tambahkan pagar agar mobil kamu dapat lebih aman dari tangan-tangan jahil yang mungkin bekerja di malam hari.
 

3. Garasi Mobil Terbuka Tanpa Pagar

Ide garasi rumah kecil yang pertama bisa dibuat dengan model tanpa pagar sehingga akan terlihat lebih terbuka. Jika kamu memiliki halaman depan yang tidak terlalu luas dan cukup mepet dengan jalan raya, maka ide yang satu ini bisa dicoba. Kamu bisa membuat garasi tanpa pagar di depannya, sehingga mobil bisa lebih mudah keluar dan tidak memakan banyak lahan.

Jangan lupa untuk membuat kanopi di bagian atasnya agar mobil bisa terlindungi dari teriknya cahaya matahari atau dari air hujan. Garasi mobil terbuka ini sangat cocok untuk rumah kecil yang lahannya sudah sangat mepet dengan jalan.
 

4. Garasi Mobil di Halaman Sempit

Rumah yang berukuran kecil biasanya juga memiliki halaman yang cukup sempit. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dimanfaatkan sebagai garasi. Anda bisa mengambil jatah lahan untuk halaman sebesar 3x5 meter untuk tempat garasi. Ukuran tersebut akan cocok dengan ukuran mobil city car yang cukup mini. Namun, jika mobil Anda berukuran cukup besar, maka harus menyisihkan lahan yang lebih luas lagi di halaman. Agar garasi mobil tidak terlihat sesak, Anda bisa membuat pagar besi di bagian depannya dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi.
 

5. Garasi Mobil yang Digabung dengan Teras

Membuat garasi mobil rumah kecil memang memiliki cukup banyak tantangan. Namun, Anda bisa mencoba menggunakan ide dengan menggabungkan garasi mobil dengan teras. Jika di bagian depan rumah masih terdapat sedikit lahan, Anda bisa menjadikannya garasi dan langsung menuju ke teras.

Di bagian depan garasi bisa diberikan pagar yang tidak terlalu tinggi agar rumah bisa terlihat lebih luas. Kemudian, bagian atap bisa diberikan kanopi yang bisa menjaga mobil serta teras dari sinar matahari maupun dari air hujan. Anda juga bisa memberikan beberapa tanaman rambat untuk kanopi di bagian teras dan garasi agar terlihat lebih asri.

Saat memiliki rumah dengan ukuran yang kecil, Anda memang harus dituntut untuk berpikir kreatif untuk memanfaatkan lahan yang kosong. Tidak perlu khawatir lagi karena beberapa ide garasi mobil rumah kecil di atas bisa Anda coba terapkan di rumah.

Itulah dia desain garasi mobil rumah kecil yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Konsep rumah minimalis tidak menghalangi Anda untuk memiliki garasi. Ukuran garasi tidak wajib luas, yang penting Anda dapat menyimpan kendaraan Anda dan masih ada ruang untuk berlalu-lalang. Jangan lupa gunakan atap garasi untuk melindungi mobil Anda dari sengatan panas matahari dan hujan agar kendaraan Anda dapat lebih tahan lama.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Mei 2020

Related Article