Inilah Perbedaan Spandek dan Trimdek yang Wajib Anda Pahami

Dalam dunia konstruksi, material atap menjadi hal yang tak bisa diabaikan begitu saja. Salah satu material atap yang populer digunakan adalah spandek dan trimdek. Keduanya sering disebut-sebut sebagai jenis atap yang kuat dan tahan lama. Namun, meski terlihat serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Mari simak di bawah ini perbedaan spandek dan trimdek yang wajib Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya.

7 Perbedaan Spandek dan Trimdek


Atap merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah bangunan. Selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, atap juga berperan dalam menjaga kenyamanan dan keamanan di dalam rumah atau gedung. Dalam memilih jenis atap, Anda akan menemukan banyak sekali pilihan seperti spandek dan trimdek. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk simak perbedaannya di sini. 

Baca juga: 7 Perbedaan Spandek dan Galvalum yang Wajib Anda Ketahui!

1. Fungsi 

Spandek dan trimdek memiliki fungsi yang berbeda-beda. Spandek lebih sering digunakan pada bangunan dengan kemiringan atap yang landai, sedangkan trimdek lebih sering digunakan pada bangunan dengan kemiringan atap yang curam. Trimdek juga umumnya digunakan pada bangunan komersial seperti pabrik atau gudang karena memiliki daya tahan yang lebih kuat.

2. Beda Profil Gelombang

Perbedaan paling mencolok dari spandek dan trimdek terletak pada bentuk profil gelombangnya. Spandek memiliki profil gelombang yang lebih sederhana dan landai, sedangkan trimdek memiliki profil gelombang yang lebih besar dan tajam. 

Profil gelombang trimdek lebih cocok untuk atap dengan kemiringan yang curam karena mampu mengalirkan air hujan lebih efektif. Sementara spandek cocok digunakan pada atap dengan kemiringan yang landai karena kemampuannya dalam menahan air.

3. Tingkat Daya Serap

Trimdek memiliki tingkat daya serap yang lebih baik dibandingkan dengan spandek. Hal ini disebabkan oleh profil gelombangnya yang lebih besar dan tajam sehingga mampu menahan debit air yang lebih banyak. 

Namun, tingkat daya serap spandek juga cukup baik untuk atap dengan kemiringan yang landai. Spandek juga memiliki lapisan anti bocor yang dapat memastikan atap tetap kering meskipun terjadi kebocoran.

4. Daya Tahan

Kedua jenis atap ini sama-sama tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas, hujan, dan angin kencang. Namun, trimdek memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan spandek. Hal ini karena profil gelombangnya yang lebih besar dan tajam membuat trimdek lebih kokoh dan sulit rusak akibat beban berat atau benturan. Namun, jika dipasang dengan benar, spandek juga dapat bertahan hingga 15 tahun.

5. Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan untuk membuat spandek dan trimdek juga berbeda. Spandek biasanya terbuat dari bahan baku baja ringan yang dicat dengan lapisan anti karat. Sedangkan trimdek terbuat dari bahan baku baja galvanis yang juga memiliki lapisan anti karat. Keduanya sama-sama tahan karat dan korosi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga 15 tahun. 

6. Harga

Harga spandek dan trimdek juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Harga trimdek biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan spandek, karena memiliki daya tahan yang lebih baik dan bahan baku yang lebih berkualitas. 

Namun, harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada ukuran, jenis, dan kualitas bahan. Harga tidak selalu menjadi faktor penentu dalam memilih jenis atap karena kualitas dan daya tahan atap juga harus dipertimbangkan.

7. Perawatan

Satu perbedaan penting lagi antara spandek dan trimdek adalah dalam hal kemudahan perawatan. Trimdek cenderung lebih mudah untuk dirawat dan dibersihkan karena profil gelombangnya yang rata dan kurang tajam. 

Sedangkan spandek dengan profil gelombang yang besar dan tajam mungkin lebih sulit dibersihkan dan membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati. Namun, kedua jenis atap ini tetap membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan dan mencegah kerusakan.

Baca juga: Genteng Spandek serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jadi, Mana yang Lebih Baik, Spandek atau Trimdek?


Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan kondisi bangunan Anda. Jika bangunan Anda memiliki kemiringan atap yang curam dan banyak terkena hujan, trimdek mungkin lebih cocok karena profil gelombangnya yang besar dan tajam dapat menahan debit air lebih banyak. 

Namun, jika atap bangunan Anda memiliki kemiringan yang landai dan tidak terlalu sering terkena hujan, spandek bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya. Selain itu, spandek juga lebih ringan sehingga lebih mudah dalam pemasangan dan transportasi.

Namun, apa pun jenis atap yang Anda pilih, pastikan untuk memilih atap yang berkualitas dan dipasang oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Hal ini akan memastikan atap Anda tahan lama dan tidak bocor. Pastikan juga untuk memeriksa secara berkala kondisi atap Anda dan melakukan perawatan rutin agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Spandek dan trimdek adalah dua jenis atap yang sering digunakan dalam konstruksi. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan terutama dalam hal profil gelombang, tingkat daya serap, daya tahan, bahan baku, dan harga. 

Baca juga: 5 Cat Anti Panas Untuk Genteng dan Atap Rumah

Pilihan antara spandek atau trimdek tergantung pada kebutuhan dan kondisi bangunan Anda. Perbedaan spandek dan trimdek yang dijelaskan di atas bisa menjadi acuan Anda. Namun, pastikan untuk memilih atap berkualitas dan dipasang oleh tenaga ahli yang berpengalaman agar tahan lama dan tidak bocor.

Jika Anda hendak membeli atap trimdek, Anda bisa mencarinya di Klopmart, toko bangunan tepercaya dan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Klopmart jual solartuff trimdek dengan daya tahan yang luar biasa. Atap trimdek ini bisa menjadi solusi paling tepat untuk kebutuhan partisi rumah Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang untuk memenuhi kebutuhan pembangunan rumah atau gedung Anda. 


Sumber rujukan:

  • https://artikel.rumah123.com/perbedaan-spandek-dan-trimdek
  • https://arafuru.com/material/perbedaan-atap-spandek-dan-trimdek-mana-yang-lebih-baik.html 
  • https://www.qhomemart.com/blog/perbedaan-spandek-dan-trimdek/ 


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya