Konstruksi

5 Perbedaan Gergaji Potong dan Belah yang Wajib Anda Ketahui

Media
09 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Meskipun terlihat mirip, ternyata perbedaan gergaji potong dan belah cukup signifikan. Gergaji adalah perkakas pertukangan yang sering Anda temukan saat proses pembangunan bangunan maupun kebutuhan penebangan kayu di hutan. Alat kerja ini pasti dimiliki oleh seorang tukang yang pekerjaannya erat dengan kegiatan memotong.

Namun, gergaji juga banyak ditemukan di rumah, di mana perkakas ini digunakan untuk kebutuhan renovasi atau perbaikan. Nah, karena fungsinya yang cukup beragam, gergaji pun memiliki beberapa jenis, termasuk gergaji potong dan belah. Berikut ini berbagai perbedaan gergaji potong dan belah. 

Apa Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah?


Sumber: dayacipta.co.id

Secara umum, perbedaan gergaji potong dan belah dapat ditemukan pada bentuk, fungsi, dan arah ketajamannya. Simak berikut ini penjelasan lengkap perbedaan gergaji potong dan belah yang kerap digunakan untuk kegiatan renovasi maupun pembangunan konstruksi.

1. Perbedaan Bentuk

Gergaji punya beragam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya, termasuk juga gergaji potong dan belah yang memiliki bentuk berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan bentuk antara dua jenis gergaji ini bisa dilihat pada bagian mata gergaji atau bagian runcing dan tajam yang dipakai untuk memotong.

Gergaji potong memiliki mata yang ramping. Sementara itu, gergaji belah memiliki mata berbentuk melebar ke arah samping. Perbedaan bentuk mata gergaji ini bisa Anda jadikan acuan saat membedakan gergaji potong dan belah. 


2. Perbedaan Fungsi

Perbedaan gergaji potong dan belah yang berikutnya adalah fungsinya. Selama ini, Anda mungkin tahu fungsi gergaji adalah untuk memotong kayu atau membagi kayu menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan. Namun, memotong di sini tak sekadar membuat potongan beberapa kayu. Arah potongan yang dilakukan dengan gergaji juga jadi perhatian.

Kalau Anda ingin memotong kayu atau benda lain dengan arah tegak lurus terhadap seratnya, maka yang dibutuhkan adalah gergaji potong. Namun, kalau Anda ingin membelah kayu sesuai dengan seratnya, maka yang dibutuhkan adalah gergaji belah. Dalam hal ini, memotong didefinisikan sebagai membagi kayu menjadi beberapa bagian, sedangkan membelah menjadikan kayu tersebut dua bagian sesuai arah seratnya.

Baca juga: Perbedaan Mesin Circular Saw dan Jig Saw

3. Perbedaan Arah Ketajaman

Perbedaan gergaji potong dan belah juga bisa dilihat dari arah ketajamannya. Gergaji potong memiliki arah ketajaman satu sisi ke depan dan satu sisi lainnya ke belakang. Sementara itu, gergaji belah punya arah ketajaman yang berbeda-beda. Pastinya, arah ketajaman gergaji potong dan belah ini disesuaikan dengan fungsinya.

Arah ketajaman gergaji potong yang ke sisi depan dan belakang bakal memudahkan proses pemotongan kayu menjadi beberapa bagian. Di sisi lain, arah ketajaman gergaji belah yang berbeda-beda memudahkan proses pembelahan kayu menjadi dua bagian sesuai dengan arah seratnya. 

4. Perbedaan Sudut Tajam

Gergaji potong dan belah juga dapat dibedakan berdasarkan sudut tajamnya selain dari arah ketajaman. Anda dapat mengamati perbedaan gergaji potong dan belah dari sudut tajam yang dipakai untuk memotong maupun membelah kayu. Kembali lagi, perbedaan sudut tajam antara sudut potong dan belah ini disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Pada gergaji potong, sudut tajam bagian mata berukuran sekitar 45 derajat sampai dengan 30 derajat. Sisi mata yang dikikir untuk menciptakan keruncingan juga selang-seling. Sedangkan pada gergaji belah, sudut tajam bagian mata berukuran 60 derajat dan tidak ada sisi tajam lain kecuali bagian ujung mata gergaji.

5. Perbedaan Harga

Gergaji belah adalah jenis gergaji yang mungkin lebih terjangkau harganya, dengan contoh produk mungkin bisa ditemukan dengan harga sekitar 20 ribuan. Gergaji belah memiliki perancangan yang lebih sederhana dibandingkan gergaji potong.

Berbeda dengan gergaji potong memiliki harga yang lebih tinggi karena desain yang lebih kompleks dan kemampuan untuk melakukan pemotongan dari dua arah, sementara gergaji belah adalah jenis gergaji yang lebih sederhana dengan harga yang lebih terjangkau, digunakan untuk pemotongan yang lebih sederhana atau pemisahan bahan menjadi bagian yang lebih tipis.

Baca juga: 13 Jenis Gergaji dan Fungsinya untuk Anda Pahami

Bagaimana Cara Kerja Gergaji?

Dalam ilmu fisika yang dipelajari di sekolah, gergaji merupakan pengungkit jenis ke-3 dengan letak titik kuasa berada di antara titik beban dan titik kuasa. Pada praktiknya, cara kerja gergaji adalah mata gergaji yang runcing menghadap ke bidang untuk kemudian dilakukan pemotongan.

Mata gergaji yang runcing akan membelah maupun memotong kayu seiring dengan gesekan yang terjadi antara keduanya. Anda sebagai orang yang mengoperasikannya harus terus menggerakkan gergaji maju dan mundur agar bagian yang ingin dipotong segera terbelah.

Baca juga: 4 Cara Dempul Kayu dengan Mudah dan Hasil Memuaskan


Tips Menggunakan Gergaji


Gergaji adalah perkakas tajam yang jika salah penggunaannya bisa membahayakan siapa pun yang sedang menggunakannya. Oleh karena itu, jika Anda belum terlalu ahli menggunakan gergaji untuk memotong maupun membelah, berikut tips aman menggunakannya. Tips ini berlaku untuk gergaji potong maupun gergaji belah.

  1. Sebelum memotong maupun membelah, buat alur sebagai patokan bagian yang akan dipotong maupun dibelah. Alur ini akan memudahkan Anda saat proses pemotongan sehingga hasilnya presisi dan sesuai keinginan.

  2. Posisikan gergaji dengan sudut 30 derajat saat Anda akan memulai proses pemotongan maupun pembelahan. Agar lebih efektif, mulailah menggergaji bagian sisi yang makin lama sudutnya akan makin mengecil.

  3. Kalau sudah siap, mulailah memotong kayu dengan menggunakan gergaji. Pastikan Anda selalu waspada dan hati-hati saat menggunakan gergaji untuk memotong kayu. Perhatikan posisi tangan Anda agar tidak terlalu dekat dengan gergaji demi menghindari kecelakaan kerja.

  4. Karena gergaji potong dan belah tidak punya mesin untuk mengoperasikannya secara otomatis, maka Anda harus menggunakan tenaga diri sendiri untuk memotong maupun membelah kayu. Sekadar tips, jangan terlalu menggebu-gebu di awal proses pemotongan atau Anda akan kelelahan di tengah jalan proses pemotongan kayu.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan gergaji potong dan belah berdasarkan bentuk, fungsi, arah ketajaman, dan besar sudut tajamnya. Baik gergaji potong maupun belah, keduanya sering dipakai pada bidang yang terbuat dari kayu atau batang kayu itu sendiri. Apabila membutuhkan gergaji, Anda bisa mendapatkannya di Klopmart sebagai toko bangunan online yang jual gergaji kayu. Klik di sini untuk menemukan berbagai perkakas lain yang mendukung proyek konstruksi Anda!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya