Perbedaan Besi WF dan H Beam dari Bentuk & Dimensi Beserta Harganya!

Besi baja merupakan salah satu material bangunan yang sangat penting, maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui perbedaan besi WF dan H Beam agar tidak keliru. Banyak orang-orang yang belum mengetahui perbedaan dari kedua jenis besi tersebut.

Lantas, apa saja sih perbedaan besi WF dan H Beam? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah inI!

Besi WF (Wing-Flange)

Besi WF atau wide flange iron sering digunakan pada konstruksi baja, biasanya material ini dijual dalam bentuk batangan dengan panjang 12 meter. Besi WF merupakan salah satu besi yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi dalam kekuatan tekan atau kekuatan tarik. Tidak heran jika besi WF digunakan sebagai salah satu elemen struktur dengan batas sempurna untuk menahan beban dan tegangan, seperti menahan beban tarik aksial dan beban tekan aksial.

Selain itu, besi ini juga memiliki densitas yang tinggi sehingga tidak akan terlalu berat dalam kapasitas bebannya sehingga dapat memberikan bentuk struktur material atau konstruksi yang digunakan menjadi lebih efisien.


Besi H Beam

Besi H Beam adalah balok baja yang dalam istilah bahasa inggris dikenal dengan hot rolled (canai panas). Seperti namanya, besi ini memiliki bentuk H yang lebar dan biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan, jembatan, dan lain sebagainya.

Selain itu, besi H Beam sendiri sering sekali digunakan sebagai pasangan dari besi WF ketika melakukan pemasangan tiang struktur untuk sebuah gedung.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Plat Besi Sesuai Kebutuhan Anda

Perbedaan Besi WF dan H Beam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua jenis besi ini memiliki fungsinya masing-masing. Untuk memahami perbedaannya lebih lanjut, inilah beberapa perbedaan besi WF dan H Beam yang perlu Anda ketahui:


1. Perbedaan Bentuk dan Dimensi

Bentuk dan dimensi menjadi dua hal yang paling mencolok dari perbedaan kedua jenis besi ini. Besi WF memiliki kuping yang lebih besar dari lebarnya, umumnya dua kali lipat lebih besar dari lebarnya. Sebaliknya, besi H Beam memiliki dimensi ukuran lebar dan tinggi yang sama.

Cara termudah untuk membedakannya adalah dengan melihat dimensinya, jika dimensi lebar dan tinggi sama (150 mm x 150 mm atau 200 mm x 200 mm) maka itu adalah besi H Beam. Sebaliknya jika ukuran dimensinya berbeda (400 mm x 200 mm atau 300 mm x 150 mm), dapat dipastikan itu adalah besi WF.

Selain itu, ketersediaan ukuran antara besi WF dan besi H Beam juga berbeda. Besi WF memiliki ketersedian dari ukuran 150 sampai 600 bahkan ada yang WF 700 - 900. Berbeda dengan besi WF, ukuran besi H Beam lebih terbatas yaitu pada kisaran 100 - 350 saja.

Baca juga: Daftar Ukuran Plat Besi Semua Jenis

2. Perbedaan Harga

Dari segi harga kedua jenis besi ini terdapat perbedaan yang cukup jauh karena perbedaan dimensi dari keduanya. Untuk besi WF yang memiliki dimensi sedikit lebih besar, harga jual di pasaran mulai dari Rp15.200 per kg atau Rp2.553.600 per batang untuk ukuran 150 x 75 x 5 x 7 mm, sampai dengan Rp15.900 per kg atau Rp17.092.600 per batang. dalam ukuran 500 x 200 x 10 x 16 mm.

Sedangkan untuk besi H beam harga pasarannya Rp1.289.972 sampai Rp1.430.600 per batang dengan ukuran 100 x 100 x 6 x 8 mm x 6 meter. Kemudian Rp28.896.000 menjadi Rp31.992.000 per batang dengan ukuran 400 x 400 x 13 x 21 mm x 12 meter.

Baca juga: Mengenal Arti Kode Besi Beton

Jika Anda sedang melakukan konstruksi pembangunan, dan sedang mencari besi UNP harga bersahabat, maka Anda dapat menemukannya di Klopmart. Semoga penjelasan mengenai perbedaan jenis besi WF dan H Beam ini dapat membantu Anda, ya!

Sumber artikel:

  • https://wiramas.com/news/shownews/28_perbedaan_wf_dan_h_beam_yang_perlu_anda_tahu
  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/perbedaan-besi-wf-dan-h-beam
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya