25 Perabotan Rumah Tangga Yang Wajib Anda Miliki

Perabotan rumah tangga merupakan hal yang wajib ada untuk membuat sebuah hunian ideal dan nyaman. Ketika baru saja membuat hunian baru, Anda mungkin bingung menentukan barang apa saja yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perabotan tangga yang wajib Anda miliki.

Rumah sendiri merupakan tempat untuk setiap orang menjalankan aktivitas dan beristirahat. Selain desain ruangan dan keamanan, tentunya perabotan menjadi pendukung yang perlu diperhatikan. Mulai dari agar istirahat lebih nyaman, dukungan aktivitas dan nilai estetika. Dalam setiap ruangan mulai dari kamar tidur hingga dapur, terdapat beberapa barang yang harus ada.

Perabotan Rumah Tangga Untuk Hunian Anda

Lalu, apa saja barang yang harus ada dalam setiap ruangan di hunian Anda? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Tempat Tidur


Perabotan pertama yang perlu ada dalam hunian Anda adalah tempat tidur. Pastikan terlebih dulu bagaimana kondisi cuaca, ukuran ruangan sebelum memilih barang ini. Apabila hunian Anda berada di daerah yang cenderung bersuhu dingin, gunakan ranjang sebelum kasur. Sebaliknya untuk suhu hangat, maka tempat tidur dengan alas rendah dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tempat tidur yang nyaman dapat membuat istirahat jadi lebih berkualitas. Hal inilah yang menyebabkan pemilihan tempat tidur butuh perhatian lebih. Tambahkan sarung kasur dan sprei agar lebih sempurna.

Baca Juga: 10 Cat Kamar Tidur 2 Warna yang Menawan

2. Bantal dan Guling


Masih di kamar tidur, terdapat barang lain yang diperlukan. Bantal dan guling membuat tempat tidur terasa lebih nyaman. Pilihlah bantal dan guling yang empuk dan terbuat dari bahan terbaik. Hal ini akan memaksimalkan fungsi dari tempat tidur itu sendiri.

3. Lemari Pakaian


Selanjutnya adalah lemari pakaian, biasanya juga diletakkan dalam kamar tidur atau ruangan terpisah. Pakaian atau sandang sebagai salah satu kebutuhan pokok setiap manusia tentunya membutuhkan tempat tersendiri. Menggunakan lemari pakaian dapat membuat penataan lebih rapi dan bersih.

Ingin pakaian tetap terjaga tidak rusak dan harum? Anda dapat memilih lemari pakaian yang cukup tertutup, lalu tambahkan pewangi gantung atau kapur barus. Untuk menghindari lemari jamuran, Anda perlu menyesuaikan tipe dan bahan lemari dengan kelembaban hunian.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Lemari Pakaian dari Triplek yang Awet

4. Meja Kerja atau Belajar


Perabotan yang wajib ada dalam kamar tidur atau ruangan  terpisah lainnya adalah meja kerja atau belajar. Meskipun Anda tidak memiliki aktivitas khusus, meja kerja ini dapat menjadi tempat nyaman untuk membaca. Ketika ingin memainkan gadget, barang yang satu ini juga dapat membuat lebih nyaman.

Baca juga: 14 Tips Dekorasi Ruang Kantor yang Nyaman dan Produktif

5. Sofa


Ruang tamu dan ruang keluarga merupakan dua tempat yang paling membutuhkan barang ini. Dengan meletakkan sofa, Anda dapat menjamu tamu dengan lebih santai. Kemudian juga menikmati waktu bersama keluarga dengan nyaman.

Pada beberapa desain hunian, memang ada yang cenderung lebih menyukai duduk lesehan. Namun, terkadang tidak semua tamu atau anggota keluarga Anda nyaman dengan tipe duduk tersebut. Hal ini yang menjadi alasan mengapa sofa wajib ada dalam hunian Anda.

6. Meja Tamu


Untuk melengkapi sofa, Anda juga harus menyediakan meja tamu. Perabotan ini sangat fungsional dan juga menambah kesan estetik. Ketika menjamu seseorang, meja tamu berfungsi untuk meletakkan barang atau hidangan kecil.

Baca juga: 9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman

7. Karpet


Tidak semua orang betah dengan suhu dingin yang mungkin saja diciptakan dari lantai. Oleh karena itu, menambahkan karpet pun dapat menjadi solusi tepat untuk Anda. Tidak perlu tebal, kesan hangat merupakan yang paling dibutuhkan dari karpet.

Baca juga: Karpet Talang Air yang Bagus Untuk Anda

8. Televisi


Barang elektronik yang penting untuk dimiliki adalah televisi. Perabotan ini tidak hanya bersifat estetika, tetapi lebih ke fungsionalnya. Televisi dapat menjadi sumber hiburan sederhana untuk menonton film, series atau berita. Umumnya, televisi lebih baik untuk ditempatkan di ruang keluarga.

9. Rak Barang


Memiliki barang pernak-pernik? Anda membutuhkan rak barang agar semua dapat tertata rapi dan ruangan terlihat bersih. Apabila hunian tidak memiliki ukuran yang begitu luas, rak barang dapat membantu ruangan terlihat lebih lega. Tidak hanya itu, rak barang juga berfungsi untuk estetika loh.

Kesan yang menarik dapat timbul ketika Anda memiliki rak barang dengan beberapa miniatur atau foto yang terpajang. Menambahkan beberapa tanaman pot kecil juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

10. Kipas Angin


Entah untuk sirkulasi udara atau memberikan sensasi segar di kala cuaca panas, kipas angin sangat diperlukan. Anda dapat memilih kipas angin fleksibel dengan desain duduk atau berdiri, bisa juga memasangnya langsung di platfon.

11. Meja Makan


Ruangan terpisah maupun jadi satu dapur atau mungkin ruang keluarga, meja makan wajib ada. Ini akan membuat aktivitas makan Anda jadi lebih nyaman. Ukuran meja makan ataupun desain dapat disesuaikan dengan kapasitas orang dalam rumah.

12. Kursi Makan


Meja makan tanpa kursi pastinya tidak nyaman, jadi Anda wajib memiliki kursi makan. Saat ini, tersedia banyak desain meja dan kursi makan yang menjadi satu set. Ini membuat pemilihan perabotan lebih praktis dan kesesuaian nuansa pun mudah ditentukan. Lebih baik untuk memilih kursi makan yang memiliki sandaran agar aktivitas makan lebih nyaman dan sehat.

13. Kitchen Set


Dapur menjadi tempat yang penting untuk diperhatikan, terutama kebersihan. Agar membuat aktivitas memasak jadi lebih maksimal, aplikasikan kitchen set. Hal ini meliputi kompor, tempat cuci piring, wadah peralatan memasak dan juga bumbu-bumbu dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Bersih Minimalis yang Nyaman

14. Peralatan Memasak


Apalagi yang diperlukan setelah memiliki kitchen set? Tentu saja peralatan memasak. Meskipun Anda bukan orang yang punya banyak waktu untuk sering memasak atau tidak menyukai aktivitas dapur ini, peralatan memasak tetap wajib ada. Membuat makanan sendiri di dapur dapat lebih menjaga kesehatan dan kebersihan. Ini juga berguna ketika keadaan darurat ketika Anda tidak bisa membeli makanan jadi.

15. Alat Makan


Bagaimana cara Anda menyantap makanan? Tentunya bantuan alat makan sangat diperlukan. Misalnya makanan berkuah yang perlu mangkuk dan sendok untuk menikmatinya, lalu gelas untuk meneguk air minum dan lain sebagainya. Jadi, alat makan merupakan barang yang wajib ada dalam hunian Anda.

16. Rak Piring


Piring, mangkuk dan alat makan perlu rak khusus untuk menatanya. Penting bagi Anda untuk setidaknya memiliki peralatan dapur ini agar lebih terjaga kualitas dan kebersihannya. Jika menumpuk atau tersebar di sembarang tempat, alat makan dapat rawan rusak, kotor dan terkontaminasi kuman.

17. Alat Penanak Nasi


Masyarakat Indonesia selalu merasa belum kenyang apabila belum mengonsumsi nasi. Hal ini yang membuat Anda memerlukan alat penanak nasi. Memasak nasi menggunakan alat ini akan lebih mudah dan cepat. Pemilihan rice cooker dan magic com sendiri perlu memerhatikan kapasitas watt listrik yang sudah dipasang dalam hunian Anda.

18. Kulkas


Perabotan yang wajib ada selanjutnya adalah kulkas. Barang ini penting untuk menyimpan makanan, bahan makanan, minuman ataupun membuat es batu. Membuat stok makanan Anda tetap berada dalam keadaan yang segar.

19. Mesin Cuci


Untuk membersihkan pakaian kotor, Anda memerlukan mesin cuci. Dibanding dengan cara mencuci konvensional menggunakan tangan, mesin cuci dapat membuat aktivitas lebih mudah dan cepat.

20. Setrika


Setelah pakaian kering, biasanya akan menyebabkan tampilan yang kusut. Jadi, Anda memerlukan setrika dan juga meja setrika yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

21. Wastafel


Wastafel adalah perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki karena memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah.

Dengan wastafel, kita dapat mencuci tangan, mencuci buah, sayuran, dan peralatan makan dengan lebih efisien, mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Selain itu, wastafel juga membantu dalam membersihkan peralatan masak dan mencuci piring, mengurangi beban kerja dan memastikan kebersihan di area dapur.

Baca juga: Cara Memasang Wastafel yang Tepat untuk Anda yang Baru Pindah Rumah

22. Tempat Sabun dan Sikat Gigi

Tempat sabun dan sikat gigi juga merupakan perabotan rumah tangga yang penting untuk dimiliki karena keduanya berperan dalam menjaga kebersihan pribadi dan kesehatan gigi.

Tempat sabun membantu menyimpan sabun mandi atau cuci tangan dengan rapi, sehingga sabun tidak terpapar debu atau kotoran. Ini menjaga sabun tetap bersih dan siap digunakan setiap saat.

Sementara itu, tempat sikat gigi adalah tempat yang berfungsi menyimpan sikat gigi dengan aman dan menjauhkannya dari kontaminasi bakteri. Menjaga sikat gigi tetap bersih dan kering adalah kunci dalam menjaga kebersihan mulut dan mencegah penyakit gigi.

Dengan demikian, memiliki perabotan kamar mandi ini, kita dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dengan lebih mudah dan efisien.

23. Tempat Sampah di Kamar Mandi


Tempat sampah di kamar mandi membantu dalam mengelola dan membuang sampah seperti tisu bekas, kemasan produk perawatan pribadi, dan lainnya dengan rapi dan higienis.

Tanpa tempat sampah, sampah kamar mandi mungkin tersebar di sekitar area tersebut, mengganggu kebersihan, tampilan, dan kenyamanan kamar mandi.

Oleh karena itu, memiliki tempat sampah di kamar mandi sangat penting untuk menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesehatan di rumah tangga, membuatnya juga menjadi perabotan yang wajib dimiliki.

24. Meja Rias dengan Cermin


Meja rias biasanya dilengkapi dengan laci atau ruang penyimpanan di bawahnya untuk menyimpan kosmetik, perhiasan, atau alat-alat kecantikan lainnya. Cermin yang tersemat di atas meja rias membantu dalam proses berdandan, merias wajah, dan memastikan tampilan yang sesuai.

Meskipun meja rias dengan cermin bukanlah kebutuhan dasar, banyak orang menganggapnya sebagai perabotan yang penting karena menciptakan sebuah ruang pribadi di mana seseorang bisa merawat diri dengan nyaman.

25. Kabinet Dapur


Keberadaan kabiner dapur bisa sangat praktis dalam mengatur dapur. Hal ini membantu menghemat ruang dan menjaga peralatan dapur tetap terorganisir.

Kabiner dapur dapat digantung di rak, pegangan pintu kabinet, atau di dinding, memudahkan akses ke alat-alat dapur yang sering digunakan tanpa harus mencarinya di dalam laci atau wadah. Selain itu, kabiner dapur juga membantu menghindari kontaminasi silang antara peralatan yang digunakan dalam memasak.

Nah, itulah tadi beberapa perabotan yang Anda perlukan untuk setiap ruangan dalam hunian. Kelengkapan dan ukuran perabotan perlu disesuaikan dengan desain hunian Anda. Untuk menunjang estetika, pastikan agar warna atau corak perabotan sesuai dengan nuansa hunian mulai dari dinding, lantai hingga atap.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya