5 Keunggulan Pembatas Ruangan dari Triplek

Orang mengenal triplek sebagai material bangunan serba guna. Hampir dalam setiap konstruksi bangunan melibatkan triplek di dalamnya. Namun, pemilihan triplek dalam komponen bangunan perlu dilakukan secara cermat.

Terlebih jika Anda berencana memakainya untuk membuat pembatas atau sekat ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu apa saja keunggulan pembatas ruangan dari triplek. Sebelum kita sampai pada bahasan tersebut, mari simak dahulu jenis triplek yang umum dipakai.

Keunggulan Pembatas Ruangan dari Triplek

Keunggulan Pembatas Triplek

Jika Anda senang berkreasi membuat pembatas ruangan sendiri, mengenali jenis triplek akan membantu dalam pemilihan material utama. Lebih lanjut, ada alasan mengapa pembatas ruangan triplek punya kelebihan dibandingkan material lain seperti baja, besi, atau rotan sekalipun.

1. Mudah dan Cepat Dikreasikan

Variasi tak terbatas yang bisa dihasilkan triplek menggambarkan kelebihannya, yaitu mudah dan cepat dibentuk, diolah, sekaligus diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk perabot. Sebut saja, kabinet, lemari, rak, kursi, dan tentu saja pembatas ruangan.

2. Permukaan Rata, Mendatar, dan Seragam

Karakteristik demikian menjadikan triplek cocok untuk membuat pembatas ruangan. Anda leluasa berkreasi dengan triplek karena permukaannya mendatar dan seragam. Bahkan, jika ingin lebih tahan lama, triplek juga bisa dilapisi melamin atau resin untuk tampilan lebih mengkilap.

3. Jenis Triplek Beragam

Apapun kebutuhan Anda, selalu ada jenis triplek yang muncul jadi solusi. Keberagaman karakteristik triplek menjadi keuntungan karena semakin banyak alternatif untuk membuat pembatas ruangan. Tinggal disesuaikan saja dengan desain, gaya hunian, dan bujet yang ada.

Baca juga: 6 Cara Bikin Kitchen Set Estetik dari Triplek dengan Mudah

4. Daya Tahan Triplek cukup Baik

Beberapa jenis triplek tertentu memiliki lapisan anti rayap sehingga hasil kreasi Anda tetap awet, tidak mudah retak, lapuk, dimakan usia, maupun berubah bentuk. Rongga kayu triplek dirancang tertutup rapat. Selain sulit ditembus rayap, perubahan cuaca relatif tidak berdampak besar terhadap triplek.

5. Harga Ramah di Kantong

Selain empat keunggulan di atas, bagian terbaiknya adalah triplek hadir dengan harga ramah di kantong. Perlu diketahui harga triplek tergantung dari ukuran, ketebalan, material, dan susunan kayu pembuatnya. Namun, dibandingkan bahan lain, boleh dibilang biaya pengerjaan pembatas ruangan triplek relatif murah.

6 Jenis dan Harga Triplek

Jenis Pembatas dari Triplek

Masing-masing jenis triplek punya karakteristik tersendiri. Tidak semua triplek dapat dipakai untuk membuat pembatas ruangan. Apalagi, tiap triplek punya urat kayu dan lapisan yang disusun dengan ketebalan tertentu. Itulah mengapa daya tahan, fungsi, dan kualitas triplek bisa berbeda.

Secara umum ada beberapa jenis triplek yang bisa Anda jumpai di pasaran, antara lain:

1. Teakwood atau Teakblock

Lembaran papan kayu jati yang ditumpuk menjadi bahan baku teakwood. Termasuk salah satu triplek unggulan berkat daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca, kuat, dan variasi motif cantik. Triplek ini ideal sebagai pembatas ruangan untuk menciptakan kesan hangat.

Harga: mulai dari Rp110.000.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Ukuran Triplek 1 Lembar Untuk Keperluan Anda

2. Triplek Melamin

Sering dikenal sebagai decorative plywood, triplek melamin kerap dipakai menambah elemen dekorasi papan kayu. Permukaan triplek dilapisi melamin dan poliester. Hasilnya, Anda bisa merasakan tekstur licin dan mulus saat menyentuh permukaannya. Karena karakteristik tersebut, triplek ini biasa dipakai untuk pembuatan kitchen set.

Harga: mulai dari Rp235.000 (ketebalan 15 mm) dan Rp265.000 (ketebalan 18 mm).

3. Triplek Meranti

Disebut juga blockboard, ciri khas triplek ini adalah tiga susunan kayu yang membentuk tiap lembaran. Kalau Anda perhatikan sekilas, lapisan luarnya tidak setebal lapisan dalam. Namun, hal tersebut tertutupi oleh lapisan dalam berupa kayu meranti yang solid. Boleh dibilang, inilah jenis triplek yang ideal menjadi bahan pokok pembatas ruangan di hunian maupun kantor.

Harga: mulai dari Rp110.000.

4. Medium Density Fiberboard atau MDF

Jenis triplek yang dapat Anda gunakan sebagai penyekat ruangan adalah MDF. Jenis triplek ini terbuat dari campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempel dengan lem. Triplek ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat perabotan rumah lainnya, seperti meja kecil.

5. Particle Block

Jenis triplek yang dapat Anda gunakan sebagai partisi ruangan dari triplek adalah particle block. Jenis triplek ini terbuat dari serpihan kayu yang sudah dicetak menjadi papan. Harga pembatas ruangan ini juga murah meriah. Tetapi material triplek ini tidak disarankan dijadikan sebagai material utama dalam pembangunan karena sangat rentan dan rapuh terhadap air.

6. Multiplek

Jenis sekat ruangan dari triplek yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah bahan multiplek. Sekat triplek ini terbuat dari lapisan kayu yang sudah di tekan dengan mesin sehingga tekstur dari triplek ini menjadi lebih rapat dan lebih solid.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai keunggulan dari pembatas ruangan dari triplek yang dapat dijadikan sebagai pembatas antara, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Di Klopmart ada beberapa pilihan jenis triplek yang dapat menjadi pilihan Anda.

Sudah punya bayangan bagaimana pembatas ruangan dari triplek idaman Anda? Segera wujudkan desain tersebut dengan membeli bahan yang dibutuhkan di Klopmart.

Sumber artikel:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/pahami-jenis-jenis-triplek-ukuran-dan-harga-terbaru-2020-29070
  • https://berita.99.co/pembatas-ruangan-dari-triplek/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Des 2020

Related Article