Home & Living

MUDIK DENGAN MOBIL PRIBADI

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Momen mudik adalah salah satu hal yang dinantikan pada saat liburan Lebaran untuk pulang ke kampung halaman dan bersilahturahmi dengan sanak keluarga. Selain itu momen mudik sekaligus bisa menjadi momen untuk berekreasi ke tempat wisata bersama keluarga.

     

    Mudik dengan mobil pribadi merupakan salah satu alternatif transportasi. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik ke keluar kota agar perjalanan kita aman, nyaman dan lancar. Berikut ini tips mudik dengan mobil pribadi yang perlu kita perhatikan:

     

    1.Cek Kondisi Mobil

    Hal pertama dan utama adalah periksa komponen mobil yang vital seperti kondisi mesin, kondisi ban, oli mesin, oli rem, aki, kampas rem, AC, lampu-lampu, dan air wiper. Pastikan semua dalam kondisi baik dan jika perlu lakukan servis mobil terlebih dahulu.

     

    2.Cek Kelengkapan Mobil

    Jangan lupa untuk periksa kelengkapan mobil seperti ban serep (dalam kondisi baik dan siap pakai), dongkrak, toolkit mobil, kotak P3K, setiga pengaman, kunci setir, kabel jumper, tempat sampah dan charger mobil + powerbank untuk ponsel.

     

    3.Perhatikan Kapasitas

    Penting untuk memperhatikan jumlah orang dan barang bawaan sesuai dengan kapasitas mobil yang digunakan. Pastikan semua barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak kita.

    Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, jangan memaksakan jumlah orang dan barang bawaan melebihi kapasitas mobil.

     

    4.Pastikan Bahan Bakar Cukup

    Isilah penuh bahan bakar sebelum berangkat agar tidak kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Tandai juga lokasi pengisian bahan bakar sepanjang perjalanan pada peta.

     

    5.Siapkan Kartu E-Toll dan Uang Tunai yang Cukup

    Pastikan kartu e-toll atau e-money dengan jumlah/saldo yang cukup sesuai tujuan perjalanan.

    Bawalah uang tunai yang cukup karena tidak semua toko/rumah makan menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

     

    6.Bawa Perbekalan yang Cukup

    Penting bagi kita untuk melengkapi diri dengan perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman (khususnya air putih) serta obat-obatan pribadi selama perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang cukup lama. Siapkan secukupnya dan jangan terlalu berlebihan dalam membawa perbekalan agar mobil tidak menjadi penuh.

     

    7.Gunakan Alat Navigasi seperti Peta dan GPS

    Siapkan peta baik baik berupa digital maupun buku untuk lebih mudah untuk menemukan jalur ke lokasi tujuan, mencari alternatif rute dan menghindari kemacetan.

    Aktifkan aplikasi GPS pada ponsel saat melakukan perjalanan dan pastikan baterai ponsel mencukupi. Peta dalam bentuk buku diperlukan jika area yang kita lewati tidak memiliki sinyal ponsel yang baik.

     

    8.Utamakan Keselamatan

    • Jangan paksakan diri untuk menyetir jika sudah kelelahan. Ambil waktu sekitar 15 menit setiap 4 jam untuk istirahat agar badan kita segar kembali untuk berkendara. Tandai tempat-tempat perisitirahatan sepanjang perjalanan untuk beristirahat, mengisi bensin dan juga mengisi perbekalan.
    • Taati peraturan berkendara dan peraturan lalu lintas: pakailah sabuk pengaman, jangan kebut-kebutan dan jangan melanggar lalu lintas. Kelalaian pengendara salah satu penyebab kecelakaan.

     

     

    Demikian beberapa tips yang perlu kita perhatikan sebelum berangkat mudik dengan mobil pribadi. Hal penting yang tidak boleh dilupakan juga adalah berdoalah sebelum berangkat agar perjalanan lancar dan tiba di tempat tujuan dengan selamat.

     

    Selamat mudik!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya