15 Inspirasi Motif Railing Tangga Minimalis yang Cocok Untuk Rumah Mungil

Motif railing tangga atau pegangan tangga minimalis yang Anda pilih dapat menambah nilai estetis saat memasuki suatu ruangan. Jadi interior yang bagus tidak hanya didasarkan pada penempatan berbagai furniture saja, tetapi juga pemilihan motif railing tangga yang tepat. 

Meskipun terdapat kata “minimalis”, bukan berarti motifnya harus monoton atau bahkan tidak ada motif sama sekali. Ada begitu banyak motif railing tangga minimalis yang bisa Anda pilih dan aplikasikan di rumah. Sudah siap melihat berbagai inspirasi motif railing tangga? Langsung simak selengkapnya di bawah ini. 

15 Motif Railing Tangga Minimalis

Memilih motif atau model railing tangga tidak sulit. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tema interior di dalam rumah. Coba bandingkan satu bahan material dengan yang lainnya. 

Tentukan juga suasana seperti apa yang ingin Anda tampilkan di dalam rumah sehingga railing tangga dapat melengkapi interior dengan baik. Tanpa berpanjang lebar lagi, ini dia berbagai motif yang bisa Anda jadikan inspirasi! 

1. Railing Tangga Minimalis Spiral

Motif Railing Tangga Minimalis  Spiral

Railing tangga minimalis spiral menjadi desain pertama untuk dicoba. Spiral memang bukan bentuk baru untuk railing tangga tetapi juga tidak ketinggalan zaman. 

Membuat tangga berbentuk spiral akan membuat rumah Anda terlihat elegan dan mewah meskipun luasnya tidak seberapa. Setiap tamu yang berkunjung ke rumah pasti akan terpukau dengan desain railing tangga Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat

2. Railing Tangga Minimalis Kaca

Railing Tangga Minimalis Kaca

Penggunaan bahan material kaca dikenal dapat memberikan sentuhan elegan yang tidak berlebihan. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk menambahkan bahan seperti halnya emas, kaca sudah cukup untuk memberikan kesan mahal ke dalam ruangan rumah. 

Bahan material kaca juga tidak sulit untuk dibersihkan. Anda hanya membutuhkan kain lap serta cairan pembersih maka kaca railing tangga akan mengilap seperti baru. 


3. Railing Tangga Minimalis Kaca Berbingkai

Railing Tangga Minimalis Kaca Berbingkai

Masih menggunakan bahan material kaca, tetapi dengan penambahan bingkai agar terlihat lebih modis dan rapi. Bahan untuk membingkai kaca dapat menggunakan logam atau kayu sesuai keinginan. Bingkai ini juga akan memberikan keamanan yang lebih tinggi karena kaca tidak akan jatuh melukai anggota keluarga.  

4. Railing Tangga Minimalis Modern

Railing Tangga Besi Minimalis Modern

Railing tangga minimalis modern sudah jelas memberikan suasana yang modern. Motifnya tidak terlalu ramai tetapi juga tidak monoton dapat membuat interior rumah Anda menjadi estetis.

Seperti namanya, motif railing tangga yang satu ini menggunakan bahan material besi hitam yang akan membuat interior rumah Anda enak dipandang. Motifnya yang sederhana menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh anggota keluarga dan tamu yang berkunjung ke rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

5. Railing Tangga Minimalis Fungsional

Railing Tangga Minimalis Fungsional yang Memaksimalkan Pegangan Tangga

Ingin memanfaatkan berbagai ruang karena memiliki banyak barang? Jangan khawatir! Motif railing tangga fungsional bisa Anda coba aplikasikan. Motif ini disebut fungsional karena memiliki dua fungsi berbeda. 

Pertama sudah pasti sebagai pegangan saat ingin naik atau turun tangga. Kedua, Anda bisa menjadikan railing tangga sebagai tempat penyimpanan buku atau mainan anak-anak. Jadi rumah Anda akan terlihat menarik bahkan unik. Tangga yang besar juga menjadi tidak terlihat karena adanya ruang penyimpanan.

6. Railing Tangga Minimalis Kayu

Model Railing Tangga Minimalis Kayu

Railing tangga menggunakan kayu dapat memberikan kesan apa pun ke dalam rumah Anda. Ingin terkesan mewah dan elegan? Atau minimalis dan modern? Atau bahkan vintage? Semuanya bisa Anda hadirkan dengan penggunaan bahan kayu. Penggunaan bahan material kayu memang tidak akan lekang oleh waktu dan menambah nilai estetis ke dalam rumah Anda. 

7. Railing Tangga Minimalis Menggunakan Tali

Railing Tangga Minimalis Menggunakan Tali

Ingin motif railing tangga yang unik dan kreatif? Anda bisa menggunakan tali tambang untuk membuat berbagai motif railing yang unik. Anda juga bisa melibatkan anak-anak untuk menjadikannya aktivitas bersama yang menyenangkan. 

Namun sudah pasti harus berada di bawah pengawasan Anda sebagai orang tua. Menggunakan tali seperti ini juga cukup aman, apalagi tali tambang sudah dikenal dengan daya tahannya yang kuat. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan tali sebagai motif railing tangga yang menarik.

Baca juga: Cara Buat Tangga dari Baja Ringan dengan Benar dan Mudah

8. Railing Tangga Minimalis Stainless Steel

Railing Tangga Minimalis Stainless Steel

Pada tampilan railing seperti yang tergambar di atas, kesan menarik terpancar melalui perpaduan material kayu pada pijakan dengan penggunaan hollow stainless steel secara vertikal yang tidak beraturan. Gabungan ini memberikan pengalaman baru saat menggunakan tangga. Selain kayu, stainless steel juga merupakan bahan material yang bisa memberikan kesan elegan pada railing tangga. Meskipun sering digunakan untuk pagar rumah, penggunaannya pada railing tangga juga menjadi pilihan yang baik. Kekuatan dan daya tahannya yang baik tentu memberikan keamanan ekstra bagi Anda dan keluarga saat menggunakan tangga.

9. Railing Tangga Minimalis Custom 

Railing Tangga Minimalis Custom

Kalau Anda menginginkan motif yang tidak dimiliki oleh orang lain maka railing tangga custom menjadi pilihan yang tepat. Bahan apa saja yang bisa Anda custom dengan desain sendiri? Anda bisa mencobanya dengan material logam, kayu, dan GRC. 

Biaya yang harus dikeluarkan sudah pasti jauh lebih besar dari biasanya. Namun biaya tersebut akan sebanding dengan pemandangan interior rumah yang Anda inginkan. 

10. Railing Tangga Minimalis Kawat Baja

Railing Tangga Minimalis Kawat Baja

Selain menggunakan tali, kawat baja menjadi alternatif lain yang bisa dicoba. Soal daya tahannya sudah pasti jauh lebih kuat dari tali. 

Itu berarti keamanan yang diberikan bagi anggota keluarga juga akan jauh lebih tinggi. Penggunaan kawat ini tidak harus monoton. Anda bisa membuatnya zig-zag dari atas ke bawah atau dari samping kiri ke kanan.

Baca juga: Ukuran Kawat Bendrat yang Beredar di Pasaran & Kegunaannya

11. Railing Tangga Minimalis Bertema Rustic

Railing Tangga Minimalis Bertema Rustic

Tema rustic sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Penggunaannya bisa Anda aplikasikan pada railing tangga sehingga melengkapi interior rustic. 

Anda bisa menggunakan kayu alami tanpa diwarnai dengan cat. Anda juga bisa menambahkan sentuhan alami yang kuat dengan menaruh tanaman gantung supaya tema rustic makin menonjol. 

12. Railing Tangga Minimalis Ala Tuscany-Italia

Railing Tangga Minimalis Ala Tuscany-Italia

Railing tangga minimalis berikutnya ialah desain ala Tuscany dari Italia. Motifnya bisa Anda kenali dari berbagai ukiran indah sepanjang railing. Motif satu ini cocok untuk Anda yang memiliki tema klasik dan vintage.

13. Railing Tangga Minimalis Menggunakan Pipa

Railing Tangga Minimalis Menggunakan Pipa

Satu lagi motif atau desain railing tangga yang sangat berbeda dari jenis lainnya yaitu menggunakan pipa air. Pipa air memang berfungsi untuk menyalurkan air dari luar ke dalam rumah tetapi juga bisa dikreasikan untuk berbagai macam dekorasi. 

Jika Anda memiliki sisa pipa air maka langsung saja buat menjadi railing tangga. Desainnya yang unik dan tidak biasa pasti akan memberikan sentuhan menarik untuk interior rumah Anda. Siapa saja yang melihatnya akan terkesima melihat Anda memanfaatkannya dengan baik.

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

14. Railing Tangga Minimalis Geometri

Railing Tangga Minimalis Geometri

Railing tangga minimalis geometri menggunakan berbagai bentuk yang menarik. Jadi tidak hanya lurus horizontal atau vertikal. Tidak juga hanya menggunakan persegi panjang atau lingkaran semata. 

Motif geometri memadukan berbagai bentuk geometris untuk membuat suatu pola baru yang sama sekali berbeda. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri saat Anda berhasil mengaplikasikannya di rumah. 

15. Railing Tangga Minimalis Seperti Pagar

Railing Tangga Minimalis Seperti Pagar

Terakhir ada motif railing tangga minimalis layaknya pagar di depan rumah. Anda bisa menambahkan penggunaan tiang besi yang tidak terlalu tebal untuk menghubungkan pijakan tangga dengan langit-langit di atas. Lalu buatlah pola kotak seperti pagar. Terakhir tambahkan berbagai dekorasi seperti tanaman hias untuk membuatnya menjadi lebih cantik.


Berapa Tinggi Railing Tangga Minimalis?

Tinggi railing tangga minimalis bervariasi tergantung pada peraturan dan standar keselamatan yang berlaku di suatu wilayah atau negara. Namun, umumnya tinggi railing tangga minimalis berkisar antara 80 cm hingga 100 cm dari permukaan nosing tangga.

Jadi, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu standar yang berlaku, sebelum mengaplikasikan railing tangga minimalis Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat

Bagaimana? Dari 15 motif di atas apakah ada satu yang menarik perhatian Anda? Jika ada maka Anda bisa langsung membuatnya sendiri dengan berbelanja bahan material di KlopMart. KlopMart merupakan tempat berbelanja bahan material yang lengkap, mudah dijangkau dan pastinya tepercaya. 

Ada begitu banyak bahan yang bisa langsung Anda pesan untuk memenuhi kebutuhan. Informasi bahan-bahan tersebut juga lengkap. Sebagai contoh, Anda bisa mencari spesifikasi pipa air atau harga mortar instan. 

Langsung saja bandingkan tipe yang satu dengan yang lainnya supaya Anda tidak salah memilih bahan material. Jangan ragu untuk menghubungi tim KlopMart jika Anda memiliki kendala atau ingin berkonsultasi. Jadi tunggu apalagi? Wujudkan motif railing tangga minimalis sesuai keinginan Anda bersama KlopMart sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya