21 Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai yang sedang Tren

Model tangga rumah minimalis 2 lantai hadir dalam berbagai desain. Rupa dan tampilannya pun tidak kalah indah, malahan bisa menjadi elemen yang mampu menyempurnakan hunian. Anda pun perlu menentukan desain tangga yang tepat agar nuansanya lebih menyatu dengan interior di sekitarnya.


Rumah dua lantai bukan lagi hal yang mustahil untuk dimiliki saat ini. Hunian di perkotaan saat ini sudah banyak dirancang secara bertingkat, meskipun dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas. Hadirnya rumah bertingkat bisa menjadi solusi bagi penghuni rumah yang ingin hunian bernuansa luas, tetapi kondisi lahannya tidak mendukung.

21 Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Hunian Anda

Rumah kecil bukan berarti Anda tidak bisa membangun tangga yang menarik di dalamnya. Sekarang ini, banyak sekali inspirasi tangga minimalis yang bisa diterapkan pada hunian berukuran mini sekalipun. Anda hanya perlu kreativitas yang tinggi untuk membuat desain tangga idaman pada hunian.

Tidak perlu khawatir apabila Anda masih belum menemukan desain tangga yang pas. Klopmart memiliki deretan model tangga rumah minimalis yang cocok diterapkan untuk hunian Anda. Intip berbagai inspirasi desainnya di bawah ini, yuk.

1. Tangga Industrial


Industrial merupakan salah satu tema minimalis yang banyak dipilih saat ini. Desain tampilan tangga industrial biasanya mengusung besi atau baja sebagai material untuk railing-nya. Anak tangganya bisa dilapisi dengan kayu berwarna lebih cerah yang mampu menghadirkan kesan hangat pada ruangan.

Baca juga: Cara Buat Tangga dari Baja Ringan dengan Benar dan Mudah

2. Tangga Model U


Model tangga ini sangat ideal diterapkan pada ruang atau space kecil karena tidak memakan banyak tempat. Tangga model U dirancang secara berkelok dengan bordes kecil di bagian tengahnya sehingga menghasilkan kesan bahwa hunian Anda berukuran lebih tinggi.

3. Tangga Railing Kaca


Anda bisa memanfaatkan kaca daripada logam atau kayu sebagai railing-nya untuk kesan yang lebih modern. Railing kaca ini akan lebih ideal apabila dipadukan dengan kayu, beton, atau marmer sebagai anak tangganya. Namun, Anda harus pintar memilih material kacanya agar railing-nya kuat dan tidak mudah roboh.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat

4. Tangga Spiral


Pilihan lainnya yang ideal untuk ruangan sempit adalah tangga spiral. Bentuknya memang ramping, tetapi Anda perlu menyesuaikan lebarnya agar bisa dilalui oleh penghuni rumah. Desain spiral atau melingkar pada tangga juga terbilang unik, jadi sisi estetika hunian Anda pun makin bertambah.

5. Tangga Tanpa Railing


Tangga pun bisa dibangun tanpa handrailing atau pegangan di sampingnya. Untuk model ini, Anda hanya fokus memikirkan desain dan material anak tangganya. Pastikan material anak tangga yang dipilih serasi dengan desain dindingnya. Idealnya, tangga tanpa railing dibuat dengan model lurus demi keamanan penghuni rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

6. Tangga Multifungsi


Multifungsi menjadi salah satu kunci penting dalam gaya minimalis. Anda bisa membuat tangga multifungsi dengan menghadirkan gudang di bagian sampingnya. Pilihan lainnya adalah rak buku atau pajangan mini yang mampu membuat tampilan tangga lebih elegan. Rumah Anda akan terlihat lebih ceria dengan pajangan atau etalase di area tangga.

7. Tangga Pelangi


Ingin menghadirkan nuansa rumah yang penuh warna alias colorful? Cobalah mengaplikasikan konsep pelangi dengan mengaplikasikan cat, keramik, atau pelapis di bagian anak tangganya. Tangga sekecil apa pun mampu melengkapi keindahan interior rumah dengan model pelangi ini. Model pelangi yang sederhana juga membuat rumah Anda makin cantik tanpa harus terlihat norak

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Tangga Darurat untuk Gedung?

8. Tangga Semen


Model tangga minimalis ini sangat pas bagi Anda yang gemar dengan nuansa natural dalam sebuah ruangan. Anda pun tak perlu menggunakan terlalu banyak material, cukup lapisi semennya agar terlihat mengilap. Tangga semen sangat pas dipadukan gaya industrialis karena tampilan akhirnya.

9. Tangga Zig-zag


Satu lagi desain tangga unik yang bisa Anda coba adalah model zig-zag. Pada model ini, Anda hanya perlu menyusun anak tangga sampai membentuk berliku-liku yang indah. Pola zig-zag pada tangga ini mampu menghasilkan aksen unik di interior rumah. Alhasil, rumah Anda terlihat kental dengan nuansa kontemporer berkat elemen ini.

Baca juga: 3 Jenis Konstruksi Tangga Melayang Untuk Menghiasi Rumah Anda

10. Tangga Melengkung


Model tangga ini memang terkesan tradisional, tetapi masih relevan diterapkan pada hunian minimalis modern. Tangga melengkung pun bisa menjadi alternatif model spiral yang lebih aman dan nyaman untuk dilintasi. Anda harus memilih desain dan material yang tepat untuk tangga ini agar tidak terkesan kuno.

11. Tangga Lurus


Tangga lurus adalah pilihan terbaik apabila Anda mencari desain tangga yang simpel dan aman digunakan. Tangga ini dibuat secara sejajar dan tidak memiliki cabang atau lekukan dengan tinggi sekitar 12 kaki, dan dapat dibuat dengan desain tangga cor beton yang diberi keramik dan karpet untuk mencegah licin atau dengan desain tangga kayu apung untuk estetika yang lebih menarik. 

12. Tangga Geser


Jenis tangga ini cocok bagi Anda yang memiliki ruang antara lantai yang tidak terlalu tinggi, seperti 2-2,5 meter. Konsep tangganya mirip dengan tangga geser yang biasa ada di perpustakaan. Selain untuk menghubungkan lantai rumah, tangga ini juga cocok untuk digunakan di kamar dengan konsep Mezzanine.

13. Tangga Desain Emmental


Jenis tangga ini memiliki desain yang disebut emmental. Ciri khasnya adalah railing yang menutupi anak tangga dengan lubang-lubang seperti pada keju. Untuk memberikan sentuhan monokrom, bisa digunakan warna putih pada bagian railing dan warna hitam pada bagian anak tangga. Namun, pilihan warna cerah lainnya juga bisa digunakan.

14. Tangga Batu Alam


Tangga Anda bisa terlihat unik dan menarik dengan memilih model pijakan batu alam. Walaupun terlihat sederhana, penggunaan bahan alami memberikan kesan yang berbeda.

Selain itu, railing tangga bisa diperpanjang hingga lantai dua dan menjadi pagar balkon. Cocok untuk pecinta alam dan rumah yang luas. Anda bisa menikmati pemandangan alam dari kenyamanan rumah.

Baca juga: Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Rumah dan Cara Merawatnya

15. Tangga Railing Mencakup Partisi


Sumber gambar:  https://www.youtube.com/watch?v=ugZr1bXv-E

Anda dapat memilih tangga dengan gaya minimalis yang tidak menggunakan railing di sisi tangga seperti tangga pada umumnya. Meskipun demikian, keselamatan tetap menjadi prioritas, dan tangga ini memiliki partisi berbahan besi holo yang mirip dengan jeruji penjara untuk menjaga keamanan dan kekokohan tangga.

16. Tangga dengan Kayu Minimalis


Terdapat model tangga yang banyak diminati dan sering dipilih di daerah perkotaan, yaitu tangga dengan tata letak terbagi menjadi dua bagian. Hal ini menyebabkan adanya belokan pada bagian tengah tangga.

Tangga kayu yang menghubungkan lantai satu, dua, bahkan tiga dengan desain yang terbagi menjadi dua bagian. Model tangga ini pasti akan memberikan nuansa baru dan keunikan pada rumahmu.

17. Tangga Monokrom


Agar rumah minimalis Anda terlihat unik, Anda dapat menerapkan palet monokrom pada seluruh bagian rumah atau hanya pada bagian tertentu seperti tangga. Dengan menggunakan warna monokrom yang bersih dan desain tangga yang memiliki bentuk yang fluid, tangga Anda akan menjadi titik perhatian yang menarik dan memikat. Desain tangga yang playful dan elegan akan membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih indah dan seimbang secara estetika.

18. Tangga Desain Mewah


Anda bisa menggunakan panel hiasan dinding abstrak seperti lingkaran untuk menambahkan estetika pada desain tangga Anda. Beberapa panel bahkan dapat dipasang dengan lampu tersembunyi untuk menciptakan efek pencahayaan yang menarik.

Untuk memberikan kesan mewah pada tangga Anda, Anda dapat mengombinasikan elemen tersebut dengan platform tangga berwarna emas dan pembatas tangga kaca. Dengan begitu, desain tangga akan terlihat elegan dan tidak berlebihan, namun tetap memberikan kesan mewah yang diinginkan.

Baca juga: 14 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Kekinian

19. Tangga Floating Lantai dari Kayu


Jika Anda mencari desain tangga rumah minimalis 2 lantai yang istimewa dan mengesankan, maka tangga floating dengan lantai kayu bisa menjadi alternatif yang menarik. Desain ini terlihat luas dan terpisah dari dinding, sehingga memberikan kesan melayang.

Lantai kayu pada tangga ini, memberikan kesan hangat pada ruangan dan terlihat menarik. Untuk menonjolkan desainnya, Anda dapat menggunakan lampu tersembunyi yang menyinari tapak tangga. Ini akan memberikan tampilan tangga yang elegan sekaligus meningkatkan keamanan bagi penghuni rumah ketika menggunakan tangga.

20. Tangga Sebagai Meja


Dengan cara memperlebar salah satu anak tangga di rumah, Anda dapat menambahkan kaki meja di ujungnya dan dengan demikian, membuat meja makan keluarga yang mudah digunakan. Anda hanya perlu menambahkan kursi di kedua sisinya dan meja pun siap digunakan. 

21. Tangga dengan Rak Buku


Bagi Anda yang suka mengoleksi buku, seringkali kesulitan dalam menyimpan koleksi buku mereka karena membutuhkan banyak ruang. Namun, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan anak tangga sebagai rak buku tambahan. 

Daftar di atas bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangun tangga cantik di hunian minimalis. Jangan takut bermain-main dengan berbagai gaya, material, dan desain supaya tampilan tangga dan desain interior di sekitarnya saling menyatu. Intinya, buatlah rancangan tangga impian Anda terlebih dahulu sebelum memulai proses pembangunannya.

Penting sekali untuk menggunakan bahan berkualitas untuk menghasilkan konstruksi tangga yang kokoh. MU-270 Acian Putih merupakan salah satu material bangunan unggulan yang wajib ada. Semen instan ini dapat dimanfaatkan untuk membangun permukaan beton pada profil tangga yang ingin dibangun.

Keunggulan MU-270 Acian Putih sudah tidak diragukan lagi. Hasil akhir acian pada konstruksinya akan lebih halus sehingga warna catnya langsung memancar sempurna. Daya rekatnya sangat tinggi sehingga lebih praktis saat diaplikasikan pada bidang konstruksi yang hendak dibangun. Produk yang pas untuk membangun tangga, bukan?


Dapatkan harga mortar acian termurah secara online hanya di Klopmart. Hubungi kami segera untuk melakukan pembelian dan kami akan mengirimkan produknya langsung ke lokasi proyek. Kami yakin bahwa MU-270 Acian Putih sangat pas untuk membangun model tangga rumah minimalis 2 lantai di hunian impian Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya