Home & Living

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Media
20 Feb 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kesulitan dalam menentukan model taman depan rumah minimalis lahan sempit? Walaupun memiliki lahan yang sempit, hal tersebut tidak boleh menghalangi Anda dari keinginan untuk memiliki taman di depan rumah.

Berbagai inspirasi dapat ditemukan dalam artikel ini untuk membantu merancang taman yang sesuai dengan lahan sempit Anda. Berikut ini beberapa model taman depan rumah minimalis yang mungkin akan sesuai dengan karakter Anda.

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Keterbatasan lahan sering menjadi kendala dalam pembuatan taman kecil depan rumah. Oleh karena itu, belajar cara membuat taman kecil di depan rumah dapat menjadi solusi untuk mewujudkan area hijau di depan rumah Anda. Simak selengkapnya.

1. Taman Vertikal

Taman vertikal dapat digunakan pada lahan sempit sebagai solusi untuk menambah area hijau pada lokasi yang terbatas. Dengan menggunakan taman vertikal, lahan yang terbatas dapat digunakan dengan lebih efisien karena tidak perlu membuang banyak lahan untuk area hijau. 

Selain itu, taman vertikal juga dapat digunakan untuk mengurangi polusi udara dan suara, serta meningkatkan kualitas udara dan suhu di sekitar bangunan. 

2. Taman di Teras Rumah

Taman di teras dapat dibuat dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di teras, seperti tanaman dalam pot atau tanaman kecil yang dapat ditanam di tanah.

Untuk lahan sempit, taman di teras dapat digunakan sebagai solusi untuk menambah area hijau pada lokasi yang terbatas. Taman di teras dapat dibangun dengan menggunakan pot atau wadah yang dapat diletakkan di teras

3. Taman Sudut Rumah

Taman sudut rumah adalah sebuah taman yang dibangun di sudut halaman. Taman sudut ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di sudut halaman, seperti tanaman yang tidak terlalu besar atau tanaman yang dapat ditanam di tanah.

Beberapa tipe tanaman yang cocok untuk taman sudut halaman adalah bunga-bunga annual, tanaman pemakan polusi udara, tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya, dan tanaman yang dapat tumbuh rapi dalam pot atau wadah.

Baca juga: 6 Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Menarik

4. Taman Gantung di Kanopi

Taman gantung di kanopi adalah sebuah taman yang dibangun di atas kanopi atau struktur yang menutupi suatu area. Anda tidak hanya dapat menambahkan taman di permukaan tanah, tetapi juga dapat menambahkan tanaman dengan menggunakan pot gantung di kanopi rumah. Gunakan sisi kiri dan kanan kanopi agar tidak menghalangi pergerakan.

Anda dapat menanam tanaman berukuran kecil hingga sedang di dalam pot yang sesuai ukurannya. Selain hemat tempat, konsep ini juga terlihat unik dan estetis. 

5. Taman dengan Banyak Pot di Depan Rumah

Sebuah ide taman depan lain sederhana yang dapat dijadikan inspirasi adalah dengan menggunakan tanaman di dalam pot kecil depan rumah Anda. Anda dapat meletakkan beberapa pot kecil dengan tanaman di beberapa area dalam taman, misalnya di pagar atau di dinding.

6. Taman Mini dari Rak

Rak mini yang sederhana dapat dikembangkan dengan menambahkan berbagai jenis tanaman, termasuk pot yang digantung pada batang dan diletakkan di atas rak tersebut. Selain efisien dalam penggunaan ruang, taman ini juga akan menjaga tanaman Anda tetap rapi dan terawat.

7. Manfaatkan Pagar untuk Menanam

Pagar adalah salah satu elemen penting bagi sebuah rumah, yang tidak hanya berfungsi sebagai pembatas tetapi juga dapat digunakan sebagai media tanam. Dengan menanam tanaman di pagar, Anda dapat mengoptimalkan ruang taman yang tersedia. Tanaman yang ditanam di pagar tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga dapat menanam lebih banyak tanaman dalam ruang yang sama.

Menanam tanaman di pagar dapat memberikan tampilan yang indah dan menambah keindahan taman Anda. Selain itu, dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari yang terlalu terik, angin yang kuat. Cocok untuk rumah minimalis Anda.

Baca juga: 10 Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

8. Taman Tropikal Berjejer

Mengusung taman tropikal berjejer di rumah sangat cocok untuk rumah minimalis Anda, sebab taman berjejer ini tidak terlalu memakan banyak tempat. Tanaman tropikal yang dipilih juga sesuai dengan iklim tropis di Indonesia jadi tidak ada salahnya untuk mencoba model taman seperti ini. 

Dalam menata taman ini, Anda dapat meletakkan pot tanaman di sisi halaman rumah yang sempit. Untuk meningkatkan estetikanya, Anda dapat mengatur pot tanaman sesuai dengan ketinggian tanaman yang ditanam.

9. Taman Sekaligus Jalan Masuk ke Rumah

Bagaimana pendapat Anda tentang mengubah jalan kecil di depan pintu masuk menjadi taman? Anda dapat menggunakan konsep tanaman di sisi kiri kanan atau gaya Filipina dengan menggantung tanamannya.

Halaman depan pintu masuk akan terlihat indah dan menarik karena ditata dengan jalan setapak dari tanaman. Teras juga akan terlihat segar dan menyegarkan.

10. Taman dari Pipa Air

Taman dari pipa air adalah sebuah taman yang dibuat dari pipa air bekas atau limbah yang diubah menjadi media tanam yang unik. Pipa air yang digunakan bisa berasal dari berbagai ukuran dan jenis, seperti pipa PVC, pipa besi, atau pipa beton.

Cara membuat taman dari pipa air sangat mudah, pertama-tama pipa air dibersihkan dari sisa air dan kotoran, lalu diisi dengan tanah dan ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Anda bisa menambahkan tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan cuaca di sekitar.

Taman dari pipa air memiliki banyak manfaat, seperti dapat mengoptimalkan ruang taman yang tersedia dan menjadi solusi untuk mengelola limbah pipa air.

11. Taman Kaktus Mini

Taman kaktus mini adalah sebuah taman yang dibuat dengan menanam berbagai jenis kaktus di dalam pot atau wadah kecil yang diletakkan di dalam ruangan atau di luar rumah. Taman ini cocok untuk rumah minimalis karena tidak memerlukan banyak ruang dan perawatan yang rumit.

Selain itu, kaktus dikenal sebagai tanaman yang sangat tahan terhadap kondisi lingkungan buruk. Anda hanya perlu memberikan air pada kaktus ketika tanah sudah benar-benar kering.

Menanam kaktus di dalam pot kecil memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak taman sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menempatkan pot-pot kaktus di meja, rak, atau bahkan menggantungnya di dinding.

Apakah ada dari sebelas model taman di atas yang menarik perhatian Anda? Anda dapat langsung membuatnya sendiri dengan berbelanja bahan material di Klopmart. 

Klopmart adalah toko yang menyediakan beragam bahan material yang lengkap, mudah diakses dan tepercaya. Ada banyak bahan yang dapat Anda pesan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Informasi tentang bahan-bahan juga cukup lengkap, seperti spesifikasi pipa air atau harga mortar acian

Jangan ragu untuk menghubungi tim Klopmart jika Anda memiliki masalah atau ingin berkonsultasi. Segera mewujudkan model taman depan rumah minimalis lahan sempit sesuai keinginan Anda bersama Klopmart sekarang juga!

 

Sumber rujukan:

  • artikel.rumah123.com/12-contoh-desain-taman-minimalis-yang-bisa-kamu-tiru-di-lahan-sempit-64411 
  • artikel.rumah123.com/18-inspirasi-taman-minimalis-depan-rumah-ide-terbaik-untuk-mengubah-tampilan-eksterior-hunian-68541 
  • www.mitraruma.com/blog/desain-taman-depan-rumah-minimalis-lahan-sempit 
  • www.mitraruma.com/blog/model-taman-depan-rumah-minimalis-lahan-sempit 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya