Pompa dan Pipa

Apa Saja Model Talang Air Rumah yang Cocok untuk Anda?

Media
23 Feb 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

“Apa saja model talang air rumah?”, mungkin Anda bertanya demikian. Jika masih kebingungan mengenai model talang air yang tepat untuk rumah Anda, artikel ini adalah solusi dari semua kebingungan. Kami akan mengajak Anda untuk mengetahui model-model apa saja yang bisa dipasang di rumah.

Pengertian Talang Air

Apakah Anda tahu apa itu talang air? Talang air merupakan sebuah jaringan atau alat untuk menampung air hujan dan mengalirkan air hujan ke jalan atau ke sebuah tempat yang sudah di tentukan. Jika rumah Anda tidak memiliki talang air, maka air hujan akan turun tepat pada atap rumah dan dapat mengakibatkan rembesan pada dinding-dinding rumah Anda.

3 Jenis Talang Air Berdasarkan Bahan


Sebelum ke pembahasan tentang model talang air rumah ada baiknya Klopmart memberi penjelasan mengenai jenis-jenis talang air. Berikut penjelasannya.

1. Talang Air Logam

Pertama ada talang air logam yang pada umumnya digunakan dalam rumah-rumah di Indonesia. Talang air ini terbuat dari seng atau alumunium. Bahan dari talang ini cukup fleksibel sehingga membuat aliran air rumah lebih efektif. Harga talang air sangat murah dibanding dengan talang air lainnya. Tetapi, jika Anda bertempat tinggal di daerah yang panas talang air rumah ini dapat menjadi panas dan cepat berkarat.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Talang Air untuk Rumah Anda

2. Talang Air PVC

Jenis talang air selanjutnya yang pada banyak orang gunakan adalah talang air PVC. Dibandingkan talang air logam talang air ini tidak kalah murah dan bobotnya sama seperti talang air logam. Talang air ini terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah berkarat dan cara pemasangannya pun sangat mudah.

3. Talang Beton

Jenis talang air rumah yang dapat menjadi pilihan Anda adalah talang air beton. Talang air ini lebih kuat ketimbang talang air PVC dan logam. Cara perawatan dari talang air ini mudah, tidak menimbulkan keberisikan dan dapat menampung air hujan yang jatuh dengan kapasitas yang banyak. Tetapi, talang air jenis ini memiliki proses pemasangan yang lama yang dikarenakan bobot beratnya yang besar.

4 Model Talang Air Atap Rumah


Sekilas informasi, talang air adalah tempat air hujan mengalir dari genteng ke tanah. Biasanya talang air diletakkan di pinggir dari atap suatu rumah, agar air hujan yang membasahi atap bisa dialirkan menuju tanah. Talang air sering juga disebut sebagai komponen pembuangan air pada suatu bangunan. Ini karena rumah yang tidak memiliki talang air akan berpotensi sangat lembap. Jika hal ini dibiarkan, rumah Anda tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama karena adanya jamur yang tumbuh.

Baca juga: Begini Cara Memasang Talang Air dari Pipa Paralon

1. Talang Air K Style

Bentuk talang biasanya membosankan atau monoton karena tidak ada bentuk lain yang bisa dijadikan dekorasi. Mengingat hal ini, terdapat talang air dengan nama K Style yang memiliki bentuk talang yang unik. 

Umumnya pada sisi yang satu berbentuk persegi seperti biasa, namun pada sisi yang lain terdapat bentuk melekuk yang menarik seperti bentuk plafon di dalam sebuah ruangan. Dengan bentuk ini, talang K Style bisa menampung air dengan kapasitas yang besar. Penggunaan talang ini sangat cocok bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah yang sering hujan. 

2. Talang Air Victorian Ogee

Model talang air rumah yang satu ini seperti namanya, sering digunakan untuk rumah yang memiliki gaya Victoria atau gaya Eropa. Talang air model ini umumnya terbuat dari logam dan memiliki kapasitas yang kecil dalam mengalirkan air. Bentuk talang ini terbilang cukup unik dengan sentuhan gaya Eropa. Cocok bagi Anda yang menginginkan talang bentuk unik dan berbeda dari yang lainnya.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Talang Air PVC yang Tepat

3. Talang Air Persegi

Talang air bentuk persegi adalah talang air yang mayoritas dipasang oleh masyarakat untuk rumah mereka. Ini karena bentuknya yang memberikan kapasitas mengalirkan air yang besar, sehingga saat hujan deras, talang air bisa menampung semua air hujan tanpa meluap. Model talang air rumah berbentuk persegi ini biasanya terbuat dari bahan PVC seperti pipa untuk saluran air bersih.

Bahan PVC yang tahan air dan memiliki daya tahan yang kuat, mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir mengenai talang air yang harus diganti secara berkala. 

4. Talang Air Half-round

Talang air half-round atau setengah lingkaran termasuk model talang air yang juga banyak dipasang di rumah-rumah. Bentuknya yang simpel, cocok digunakan untuk semua desain rumah. Biasanya model talang air rumah setengah lingkaran ini terbuat dari bahan logam. Untuk membersihkan talang air dari kotoran seperti daun dan ranting juga tidak sulit. Cocok bagi Anda yang tidak ingin membuat talang air menonjol, namun tetap cocok dengan desain rumah Anda.

Tips Dalam Memilih Talang Air 

Dalam memilih talang air untuk rumah, perlu juga dipertimbangkan lokasi pemasangannya dan ukurannya.

1. Tentukan Ukuran Talang Air 

Semakin besar diameter talang air yang dipilih, semakin besar pula kapasitasnya dalam menampung air hujan. Oleh karena itu, sebaiknya menentukan ukuran talang air terlebih dahulu saat memilih jenisnya.

Untuk rumah yang besar, disarankan memasang talang air dengan diameter yang besar, sedangkan untuk rumah minimalis sebaiknya menggunakan talang air yang ukurannya relatif kecil.

Menurut berbagai sumber, pipa talang dengan diameter 3 inci mampu mengalirkan air hujan sebanyak 225 liter per menit, sedangkan pipa talang dengan diameter 4 inci dapat mengalirkan air hujan hingga 547 liter per menit.

2. Pemasangan yang Harus Sesuai 

Untuk memilih talang air yang sesuai, penting untuk memperhatikan kemiringannya agar air dapat mengalir dengan lancar. Langkah pertama adalah menentukan titik awal dan tertinggi dari jalur talang air, kemudian menghubungkan kedua titik tersebut dengan garis lurus.

Setelah itu, potong talang air sesuai dengan panjang yang diperlukan, dan pasang di tempat yang telah ditentukan. Sebelum dipasang, pastikan untuk menandai lokasi bukaan agar air dapat keluar dengan lancar.

Tips Memperbaiki Talang Air Rumah 

Anda mungkin akan mengalami masalah umum pada talang air di rumah seperti kebocoran. Namun, hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan perawatan secara rutin. Jika terjadi masalah ada beberapa tips untuk memperbaikinya, diantaranya:

1. Mengetahui Penyebabnya 

Sebelum melakukan perbaikan pada talang air yang bocor, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek penyebabnya terlebih dahulu. Pada talang air PVC, kebocoran dapat disebabkan oleh sambungan yang lepas atau daya rekat lem yang sudah berkurang. Talang PVC yang retak atau mengalami perubahan bentuk juga dapat menjadi penyebab kebocoran tersebut.

2. Segera Diperbaiki 

Setelah menemukan penyebab kebocoran pada talang air, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jika sambungan pada talang PVC lepas, buka bagian sambungan terlebih dahulu. Jika ujung talang masih berfungsi, sambung atau tempel kembali dengan lem PVC berkualitas. Pastikan untuk membersihkan sisa lem yang lama dengan amplas sebelum memberikan lem PVC pada kedua ujung sambungan. Biarkan lem kering dan benar-benar rekat sebelum memasang kembali talang PVC.

3. Mencari Cara Alternatif 

Untuk memperbaiki talang air yang bocor tanpa menemukan penyebabnya, dapat dicoba salah satu cara alternatif berikut. Pertama, potong atau hancurkan styrofoam atau gabus bekas packing peralatan elektronik. Kedua, rendam potongan gabus tersebut dalam minyak tanah hingga larut. Setelah berubah tekstur menjadi bubur, aplikasikan pada bagian talang yang bocor dengan kuas atau sendok. Diamkan pada cuaca yang cerah tanpa hujan, dan styrofoam akan menambal lubang kecil yang mungkin menjadi penyebab kebocoran.

4. Mengganti Dengan Talang Air Baru 

Jika terdapat kebocoran pada talang air sudah terlalu parah, maka pilihan terakhir adalah mengganti seluruh talang dengan yang baru. Pastikan untuk memilih talang yang sesuai dengan ukuran dan jenis rumah Anda dan yang tahan terhadap kebocoran. Untuk mencegah masalah yang sama terjadi di kemudian hari, Anda dapat melapisi bagian bawah talang dengan seng sebelum memasangnya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai talang air beserta jenis-jenis berdasarkan bahannya. Penggunaan talang air untuk mengalirkan air hujan dari atap ke tanah adalah komponen yang penting. Jika Anda sedang mencari tahu kisaran harga dari talang air, Anda bisa mencarinya di KlopMart. Terdapat harga talang PVC yang terjangkau dan bisa Anda pesan dalam waktu yang singkat dari gadget. Jadi dari keempat model talang air rumah yang sudah dijelaskan, mana yang Anda suka?


Sumber Rujukan:

  • https://artikel.rumah123.com/mengenal-6-jenis-talang-air-dan-tipe-yang-bagus-dipasang-di-rumah-53229
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-jenis-talang-air-19779
  • https://blkp.co.id/blogs/detail/memahami-apa-itu-talang-air-dan-jenisnya

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya