3 Macam Model Talang Air Kanopi untuk Rumah Anda

Model talang air kanopi yang populer digunakan saat ini berbentuk bulat. Namun, ada pula bentuk talang air lainnya yang umum dipasang di rumah-rumah. Anda tidak hanya mendapat fungsi yang bagus dari talang air, tapi juga tampilan eksterior rumah yang menarik. Intip ragam model talang air dari Klopmart yang bisa dipasang di rumah Anda.

Promosi Klopmart

Model Talang Air Kanopi untuk Rumah Impian Anda

Ketika hendak Promosi Klopmart, cobalah masukkan pembangunan talang air sebagai bagian dari eksteriornya. Pemasangan talang air sebagai bagian dari pembangunan membuat bangunan jadi lebih awet. Bagian eksterior rumah lainnya, seperti dinding terhindar dari jamur dan lumut yang muncul akibat tetesan air hujan.

Keuntungan lainnya, pembangunan talang air jadi lebih efisien. Pasalnya, ada beberapa bentuk talang air yang bisa dibangun hanya menggunakan beton. Anda tidak perlu menunggu rumah langsung jadi untuk memasang talang air karena komponen ini bisa dibangun secara bersamaan.

Tidak ada salahnya mencoba talang air beton, meski lebih sering digunakan di bangunan kuno. Reputasi beton di dunia konstruksi tidak diragukan lagi. Beton dicap sebagai material terawet dan tahan lama, tidak heran banyak yang menggunakannya untuk membangun elemen eksterior rumah.

Anda tidak butuh perawatan ekstra untuk talang air beton, jadi sifatnya hemat biaya dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Selain beton, Anda bisa mencoba jenis material lainnya untuk membuat talang air, seperti logam dan pipa paralon. Semua material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi miliki pertimbangan yang tepat saat memilihnya.

Baca juga: Begini Cara Memasang Talang Air dari Pipa Paralon

Seperti apa model talang air kanopi yang umum digunakan di rumah-rumah Indonesia? Inilah berbagai pilihannya.

1. Model K-Style

Rumah bergaya minimalis biasanya cocok dipasangi talang air model talang air kanopi K-Style. Tampilan depannya yang melengkung menciptakan tampilan kanopi yang dekoratif.  

Keuntungannya, model K-Style bisa menampung lebih banyak air hujan, jadi cocok digunakan kalau rumah Anda terletak di daerah yang curah hujannya tinggi.

Selain fungsinya yang efektif, Anda bisa mendapat tampilan eksterior rumah yang lebih indah berkat model ini. Kelemahannya hanya satu, yakni dibutuhkan proses pembentukan talang air yang cukup rumit dan lama.

2. Model Victorian Ogee

Penggemar bangunan atau rumah klasik bisa menggunakan talang air model Victorian Ogee. Anda bisa menyesuaikan tampilan eksterior rumah agar cocok dipasangi talang air model ini. Untuk pembuatannya, Anda bisa menggunakan bahan aluminium yang mudah dibentuk.

Model talang air kanopi jenis ini lebih mudah dibangun karena menggunakan material logam yang ringan. Hanya saja, Victorian Ogee memiliki permukaan yang dangkal. Rumah-rumah kecil kurang cocok dipasangi talang air model ini karena rentan terkena banjir.

Baca juga: Pasti Aman! 5 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir

3. Model Half-Round

Terakhir, ada bentuk half-round atau setengah bulat yang bentuknya sangat sederhana. Jenis talang air inilah yang digunakan di berbagai desain rumah. Belum lagi, pemasangannya yang praktis membuat orang memilih model ini.

Talang air model ini juga lebih mudah dibersihkan jika ada kotoran seperti daun yang menumpuk. Anda bisa membelah pipa menjadi dua, kemudian memasangnya di sekeliling kanopi. Pilihlah material yang tepat untuk model ini, karena panas matahari bisa memengaruhi keawetan talang airnya.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Talang Air PVC yang Tepat

Jika memilih pipa PVC, Anda bisa mendapatkan materialnya secara online di website Klopmart. Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan talang PVC yang dijamin termurah dan sebanding dengan kualitas yang didapatkan.


Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Klopmart sekarang juga! Apapun model talang air kanopi pilihan Anda, gunakan material yang tepat untuk membangunnya.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya