10 Model Rak Bunga dari Besi untuk Dekorasi Rumah Anda

Koleksi tanaman di rumah Anda akan makin cantik dengan tambahan rak bunga dari besi. Rak bunga ini bukan sekadar dekorasi, tetapi dapat membuat pajangan tanaman bunga Anda terlihat lebih rapi. Rak bunga kini didesain lebih ramping sehingga cocok diterapkan di taman atau sudut ruangan yang berukuran kecil.

Menariknya, Anda bisa membuat rak bunga sendiri daripada membelinya. Bentuknya pun dirancang dengan gaya yang unik sehingga tidak terkesan ketinggalan zaman. Yuk, simak artikel ini untuk mencari inspirasi rak bunga dari besi sebagai dekorasi taman mini Anda.

10 Rak Bunga dari Besi yang Unik dan Mudah Dibuat

Rak bunga kekinian memiliki desain yang lebih simpel sehingga lebih mudah dibuat. Terlepas dari kesederhanaan bentuknya, rak bunga ini cocok dengan gaya kontemporer. Keunikan bentuknya justru menambah nilai estetika pada taman atau halaman rumah. Tidak heran jika Anda menemukan rak bunga sederhana di rumah bergaya minimalis.

Seperti apa model rak bunga minimalis yang banyak dicari oleh pemilik rumah saat ini? Lihat inspirasi desainnya dalam daftar di bawah ini.

1. Rak Bunga Segitiga


Bentuk geometri sederhana memang menjadi desain pilihan saat ini. Salah satu bentuk favorit yang bisa diterapkan pada rak bunga dari besi adalah segitiga. 

Setiap barisan raknya disusun dengan alur zig-zag yang cukup estetik sehingga cocok untuk mengoleksi tanaman dengan ukuran yang cukup tinggi.

Baca juga: 11 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow nan Elegan

2. Rak Bunga Melengkung


Bentuk melengkung menyerupai tangga ini juga cocok diaplikasikan pada rak bunga Anda. Ujung bawahnya dibuat berbentuk bulat supaya kuat menopang seluruh pajangan tanaman di atasnya.

Ukurannya yang ramping membuat rak bunga ini sangat pas ditempatkan di sudut ruangan sebagai dekorasi interior. Pilihan warnanya tidak harus hitam, bisa juga putih atau dicocokkan dengan nuansa interior rumah Anda.


3. Rak Bunga Dekoratif Minimalis


Bentuk dekoratif masih relevan untuk rumah minimalis, asalkan tidak terlalu banyak corak yang memenuhi bagian tangkainya. Contohnya, Anda cukup menambahkan beberapa desain daun di kedua kakinya yang berbentuk lengkungan sehingga tidak terlalu monoton.

Daripada logam atau kayu, gunakan saja material kaca supaya lebih elegan. Pasang juga penyangga di bagian bawah kakinya supaya tidak roboh.

Baca juga: 10 Rak TV dari Besi Hollow yang Estetik

4. Rak Bunga Susun


Model rak bunga ini memang klasik dan tak akan lekang oleh waktu. Desainnya sederhana dan terdiri dari susunan rak yang saling bersilangan, jadi Anda lebih mudah membuatnya.

Gunakan kayu dengan tekstur dan warna yang lebih cerah sebagai alas raknya. Pasang raknya mulai dari ujung bawah hingga tingkat teratas. Hasilnya, rak bunga ini terlihat minimalis, tetapi memiliki fungsi yang maksimal dalam memajang tanaman hias Anda.

5. Rak Bunga Gantung


Halaman rumah Anda terlalu sempit? Pasang saja rak bunga gantung di dinding untuk memamerkan lebih banyak koleksi tanaman kesayangan Anda.

Model rak bunga gantung ini tidak hanya memakan sedikit tempat, tetapi mampu menambah estetika eksterior rumah Anda. Sayangnya, rak gantung ini hanya bisa digunakan untuk memajang tanaman berukuran mini supaya tidak mudah jatuh.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Kursi Besi Hollow Minimalis yang Cantik

6. Rak Bunga Setengah Lingkaran


Satu lagi bentuk geometris yang pas untuk diaplikasikan pada rak bunga adalah lingkaran. Anda dapat membaginya menjadi dua rak berbentuk setengah lingkaran yang saling berhadapan supaya lebih modis.

Bawahan rak paling atas bisa dipasangi hook untuk menggantung tanaman hias supaya fungsinya maksimal. Padukan warna putih pada besi dengan tekstur kayu yang lebih terang biar nuansa interior Anda terlihat makin ceria.

7. Rak Bunga Daun


Ekspresikan rasa cinta Anda terhadap tanaman hias dengan rak bunga model daun ini. Setiap raknya bisa disusun secara zig-zag yang beraturan. 

Alasi bagian kakinya dengan kayu supaya bisa memajang lebih banyak tanaman mini. Selain bunga, Anda pun dapat memajang rak buku atau miniatur di rak ini.

Baca juga: 6 Alasan Memilih Partisi Ruangan dari Besi Hollow

8. Rak Bunga Heksagon


Siapa bilang bentuk heksagon hanya bisa diterapkan pada dinding atau lantai keramik? Buktinya, ada rak bunga heksagon yang mampu menampung beberapa koleksi tanaman Anda.

Model rak bunga ini bahkan bisa diterapkan sebagai dekorasi dinding kamar karena bentuknya yang minimalis. Raknya dapat dibuat menjadi tiga tingkat yang saling bersilangan. Tambahkan sisi estetiknya dengan membuat model baris di bagian alas raknya.

9. Rak Bunga Sudut


Model rak bunga dari besi ini sangat menggambarkan kesan industrialis yang lagi diminati saat ini. Ya, desain industrialis memang identik dengan paduan besi dan kayu serta penggunaan warna-warna monokrom.

Desainnya estetik dengan susunan persegi panjang di bagian tiang raknya. Susunannya terdiri dari tiga rak berukuran cukup lebar, jadi satu raknya dapat menampung banyak tanaman hias.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

10. Rak Bunga Ramping


Terakhir, Anda dapat meniru model ramping yang elegan ini. Kaki raknya disusun menyerupai huruf V dengan lubang untuk menaruh pot bunga di atasnya.

Rak bunga dengan desain ini pun sangat cocok diterapkan sebagai dekorasi interior. Pilihlah warna hitam untuk mengecat raknya agar serasi dengan dinding ruangan yang berwarna putih.

Alasan Anda Harus Menggunakan Rak Bunga dari Besi

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan rak bunga dari besi:

1. Kekuatan dan Tahan Lama

Rak bunga dari besi umumnya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lain seperti kayu atau plastik. Besi memiliki kekuatan struktural yang baik dan mampu menahan berat tanaman serta cuaca yang berubah-ubah.

2. Estetika yang Menarik

Rak bunga dari besi dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik pada taman atau ruangan. Desainnya yang ramping dan berbagai bentuk geometris memberikan tampilan yang elegan dan modern.

3. Keanekaragaman Desain

Besi merupakan bahan yang mudah dibentuk, sehingga Anda dapat menemukan berbagai macam desain rak bunga dari besi di pasaran. Mulai dari rak bunga segitiga, melengkung, susun, gantung, hingga berbagai bentuk geometris lainnya, seperti desain rak bunga yang telah dibahas sebelumnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih desain yang sesuai dengan selera dan gaya dekorasi rumah Anda.

Baca juga: 6 Macam Cat Besi Anti Karat untuk Pagar Rumah Anda

4. Perawatan yang Mudah

Rak bunga dari besi biasanya memerlukan sedikit perawatan. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur dengan kain lembab untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Jika dilapisi dengan cat atau pelindung, besi juga dapat tahan terhadap karat dan cuaca ekstrem.

5. Fleksibilitas Penggunaan

Rak bunga dari besi dapat digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Anda dapat menempatkannya di taman, teras, balkon, atau sudut ruangan yang kecil. Selain sebagai rak bunga, rak ini juga dapat digunakan untuk memajang tanaman hias, buku, atau dekorasi lainnya.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Besi adalah bahan yang dapat didaur ulang dan memiliki umur pakai yang panjang. Dengan menggunakan rak bunga dari besi, Anda berkontribusi dalam mengurangi limbah dan mengadopsi pola hidup yang lebih berkelanjutan.


Kesimpulan

Mengapa harus sibuk dan mencari model rak bunga di pasar apabila bisa membuatnya sendiri di rumah? Alternatif lainnya, kunjungi pandai besi terdekat supaya Anda dapat request rak bunga custom dengan bentuk di atas.

Gunakan besi hollow berkualitas supaya Anda tidak kesulitan saat membuat rak bunga ini. Besi hollow memang fleksibel, mudah dibentuk, dan memiliki tampilan yang mulus sehingga sangat pas digunakan kreasi dekorasi ini. Menariknya, Anda bisa mendapatkan besi hollow ini dengan harga grosir hanya di Klopmart.

Hubungi Klopmart untuk melakukan pemesanan besi hollo dalam partai besar. Kami langsung mengirimkannya ke rumah sehingga Anda tinggal perlu membuat rak bunga dari besi dengan mengikuti sepuluh inspirasi di atas.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya