10 Inspirasi Model Pagar Rumah Setengah Tembok yang Estetis

Apakah Anda sering melihat-lihat berbagai model pagar rumah setengah tembok dengan tampilan yang cantik dan unik? Pagar rumah sering kali menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah rumah atau hunian. Berfungsi sebagai elemen penting dalam keamanan rumah dan menjaga privasi. 

Di sisi lain, pagar rumah juga berfungsi untuk memperindah rumah atau hunian. Berbagai macam jenis dan model pagar rumah, salah satunya model pagar rumah setengah tembok. Model pagar seperti ini dinilai lebih efektif dan lebih kokoh dalam meningkatkan keamanan serta privasi rumah. 

Lalu seperti apa model pagar rumah setengah tembok yang cocok untuk berbagai konsep rumah. Yuk simak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini. 

promo klopmart

10 Model Pagar Rumah Setengah Tembok yang Unik 

Berbagai macam model pagar rumah setengah tembok yang unik dan tentunya menarik. Berikut 10 model pagar rumah setengah tembok yang bisa menjadi inspirasi untuk hunian Anda:

1.  Model Pagar Rumah Setengah Tembok Sederhana

Model pagar rumah setengah tembok sederhana sangat cocok untuk rumah atau hunian keluarga muda yang memilih konsep rumah aesthetic. Model pagar ini juga dikatakan dapat menghemat biaya pembangunan karena proses pembuatannya yang tidak memerlukan banyak material. Akan tetapi, perlu memperhatikan juga dari segi kenyamanannya atau bisa juga dikombinasikan dengan material lain di atas tembok agar lebih aman.  

2. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Besi


Model pagar setengah tembok berikutnya yakni mengombinasikannya dengan besi. Model pagar ini juga disebut  dengan model pagar setengah tembok yang klasik. Kombinasi antara tembok dan besi menjadikan pagar ini terlihat kokoh dan menawan.

Akan tetapi, model pagar seperti ini cukup mengekspos bagian dalam rumah sehingga perlu memperhatikan segi keamanannya, misalnya dengan memasang CCTV atau memasang fiber plat pada pagar agar menyamarkan kondisi rumah.

Baca juga: 9 Cara Cat Galvanis Pagar Besi Rumah, Anti Karat!

3. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Bata


Model pagar rumah dengan batu bata ini terlihat klasik dan banyak diminati. Bahannya yang kokoh dan tentunya lebih hemat dari segi pembuatan serta perawatannya. Pagar seperti ini memberikan konsep unfinished sehingga cocok juga jika digunakan untuk rumah dengan konsep industrial. Selain itu, pagar ini juga memberikan kesan rumah yang homey dan nyaman. 

4. Model Pagar Rumah Setengah Tembok Batu Alam 


Model pagar setengah tembok dengan paduan batu alam juga menjadi salah satu pilihan pagar yang unik. Berbagai macam bentuk dan jenis bebatuan bisa digunakan baik yang masih utuh atau sudah potongan batu alam.

Penggunaan pagar seperti ini cocok untuk rumah dengan nuansa modern dan rustic. Meskipun terlihat cantik dan unik, penggunaan model pagar seperti ini mudah muncul lumut pada permukaannya. Sehingga sangat perlu diperhatikan untuk segi perawatannya.

5. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Kayu


Selain dengan batu alam, model pagar setengah tembok dengan kombinasi material kayu juga bisa menjadi pilihan. Material kayu yang bisa dibentuk sesuai keinginan menghasilkan pagar rumah yang memiliki aksen natural, kokoh dan sederhana serta warna kayu yang cokelat membuat rumah tampak lebih hangat dan manis. 

6. Model Pagar Rumah Setengah Tembok Minimalis dengan Beton dan Batu Kali 


Model pagar setengah tembok berikutnya yakni perpaduan antara beton dengan batu kali atau batu bronjong. Pagar setengah tembok beton berdiri sendiri-sendiri kemudian di sela-selanya dibentuk kolom yang terbuat dari kawat baja yang kemudian diisi dengan bongkahan-bongkahan batu kali atau batu bronjong hingga membentuk dinding. 

Sebagai pelengkap model pagar ini, diberikan batu kerikil di bagian bawah secara menyebar dan bisa juga ditambahkan dengan pepohonan seperti cemara untuk penyeimbang elemen. Model pagar ini cocok untuk rumah dengan konsep minimalis modern.

Baca juga: Pondasi Batu Kali: Karakteristik dan Kelebihannya

7. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Expanda 


Model pagar rumah setengah tembok berikutnya dengan bahan material expanda. Model pagar seperti ini sangat diminati banyak orang karena tampilannya yang modern dan kekinian. Selain itu, rumah dengan pagar expanda akan membuat rumah tampak modern, kokoh, dan cocok untuk segala jenin rumah, khususnya rumah atau hunian dengan konsep industrial.

8. Model Pagar Rumah Setengah Tembok Industrial

Model pagar rumah setengah tembok industrial ini terbuat dari beton cor tebal dengan cat yang didominasi warna abu-abu dan hitam. Konsep pagar ini juga bisa dikombinasikan dengan batu alam, besi, kaca serta sentuhan unfinished. Hal ini menjadikan gaya industrial lebih menonjol dan mempercantik pagar rumah.

9. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Taman


Model pagar rumah setengah tembok dengan taman cocok untuk rumah atau hunian yang memiliki halaman depan yang cukup luas. Pagar rumah setengah tembok ini dibuat dengan ketinggian yang tidak sama di sekitar taman agar menunjukkan kesan halaman yang luas. Selain itu, agar rumah memiliki kesan yang alami maka bisa dipilih warna-warna yang tergolong earth tone misalnya cokelat atau abu-abu.

10. Model Pagar Rumah Setengah Tembok dengan Roster

Model pagar rumah setengah tembok dengan roster sebagai aksen utamanya. Pada dasarnya, roster merupakan partisi antar ruang yang biasanya digunakan sebagai ventilasi atau sirkulasi udara dan untuk sumber pencahayaan rumah. Akan tetapi, apabila digunakan pada pagar rumah, secara tidak langsung roster ini menjadi unsur eksterior rumah yang cukup mencolok.

Cara Pagar Rumah Setengah Tembok Tahan Lama

Meskipun pada dasarnya pagar rumah akan bertahan hingga bertahun-tahun, namun tentu saja perlu adanya perawatan agar pagar rumah tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut beberapa cara agar pagar rumah setengah tembok bisa bertahan lama.

1. Kendalikan Pertumbuhan Rumput di Sekitar Pagar

Semakin lama di sekitaran pagar tembok rumah tentunya akan tumbuh rumput-rumput liar. Jika tidak dikendalikan, rumput tersebut akan merusak komponen-komponen pada tembok terutama rumput yang merambat pada tembok. Oleh karena tu, perlu perawatan rutin yakni dengan memangkas rumput-rumput tersebut secara teratur sehingga tetap rapi dan tembok bisa bertahan lama.

2. Jangan Biarkan Pagar Berlumut dan Berjamur

Selalu perhatikan kondisi pagar rumah secara rutin, terutama pada saat musim hujan. Hal ini karena lumut dan jamur bisa sewaktu-waktu tumbuh pada pagar. Jika sudah muncul lumut dan jamur, segera kerik atau sikat pagar hingga bersih. Setelah pagar dibersihkan dengan air, segera keringkan dan beri lapisan cat eksterior anti jamur pada tembok.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Tembok Lembab, Mengelupas dan Berjamur

3. Cat Ulang Pagar Secara Teratur

Seiring berjalannya waktu, cat pada tembok tentunya akan memudar. Jika cat pada tembok sudah tampak pudar, segera cat ulang dengan menggunakan cat khusus eksterior sehingga tahan terhadap cuaca. Selain itu, jika ada retakan pada pagar, segera tambahkan plesteran. 

4. Gunakan Takaran Bahan Beton yang Tepat

Pada pagar rumah tembok, material utama yang digunakan yakni beton yang merupakan campuran antara semen, pasir, kerikil, dan juga air. Takaran beton ini harus tepat agar beton kuat dan merekat sempurna. Di sisi lain, material yang dipilih juga harus berkualitas, termasuk penambahan bata di bagian atas beton harus memilih bata yang tidak mudah retak. 

Pembangunan rumah dengan pagar tentunya menjadi salah satu cara untuk menjaga keamanan dan privasi dalam rumah. Selain itu, penggunaan pagar rumah yang unik bisa menambah nilai estetika dari rumah tersebut.

Banyaknya model pagar rumah setengah tembok yang unik dan menarik bisa disesuaikan dengan keinginan masing masing pemilik rumah serta disesuaikan dengan konsep huniannya. 

Selain penting mempertimbangkan bagaimana model pagar yang cocok dengan gaya rumah, memilih warna cat yang tepat juga harus dipikirkan sebab dapat memengaruhi tampilan pagar. Jangan lupa juga untuk memilih produk cat rumah yang berkualitas agar  dapat bertahan lama dan tidak mengelupas.

cat dan perlengkapan

Oleh karenanya, untuk segala urusan cat tembok percayakan pada Nippon Paint yang bisa Anda dapatkan di Klopmart. Mengapa Klopmart? Selain menyediakan segala kebutuhan bangunan lengkap, Klopmart juga memiliki harga cat Nippon Paint dan harga bahan bangunan lainnya terjangkau. Pengirimannya pun cepat dan seluruh produk yang diterima terbukti berkualitas.

Jadi, tak ada yang perlu Anda ragukan lagi. Temukan berbagai kebutuhan bahan bangunan untuk konstruksi Anda di Klopmart segera dan dapatkan promo gratis ongkirnya sekarang juga. Semoga informasi model pagar rumah setengah tembok di atas bermanfaat untuk Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya