9 Inspirasi Model Lorong dalam Rumah Minimalis yang Cantik, Pilih Mana?

Anda pasti memerlukan inspirasi model lorong dalam rumah minimalis ketika membangun hunian idaman. Ya, pembangunan lorong alias koridor rumah memang tidak boleh dilewatkan.  Rumah berukuran kecil sekalipun tetap memerlukan lorong supaya lebih nyaman ditinggali.

Anda tetap perlu membuat lorong rumah terlihat indah ketika dibangun. Jika bingung mencari inspirasi modelnya, tidak ada salahnya mengintip inspirasi lorong rumah di artikel ini. Klopmart telah merangkum berbagai model lorong minimalis yang bisa diterapkan di rumah Anda.

Apa Fungsi Lorong dalam Rumah?

Lorong merupakan elemen penting dalam sebuah rumah meski dianggap tidak memiliki fungsi esensial. Anda akan selalu menemukan elemen ini ketika melihat denah rumah atau berkunjung ke hunian saudara. Rumah justru akan terasa kurang apabila tidak ada lorong atau koridor di dalamnya.

Adakah fungsi penting lorong dalam sebuah rumah? Ya, lorong berfungsi sebagai jalan antar ruang di dalam atau luar rumah. Kehadiran lorong membuat rumah terasa lebih lapang dan tidak hanya terdiri dari ruangan. Anda bisa leluasa berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya berkat kehadiran koridor.

Lorong bisa menjadi area untuk melihat pemandangan luar rumah jika Anda tidak berencana membangun hunian bertingkat. Ya, lorong yang monoton dapat disulap menjadi tempat bersantai yang menenangkan bersama keluarga, apalagi ada jendela di salah satu dindingnya.

Karena fungsinya yang penting, tidak salah jika Anda ikut memaksimalkan tampilannya. Lagi pula, rumah lebih terasa nyaman apabila memiliki tampilan interior yang indah. Lorong yang monoton justru akan membuat rumah terasa hampa bagi penghuninya.

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Menarik

9 Model Lorong dalam Rumah Minimalis

Rata-rata pemilik rumah cenderung membiarkan lorongnya terlihat monoton. Mereka tidak mendesain atau menambahkan dekorasi di lorong karena area ini dianggap tidak terlalu penting. Mereka berpikir bahwa lorong hanyalah tempat orang berlalu-lalang, padahal tampilannya bisa dimaksimalkan.

Sebagai pemilik rumah, Anda pasti ingin tampilan seluruh sudutnya terlihat menarik, bukan? Karena itu, tidak ada salahnya mendesain visual lorongnya supaya lebih indah saat dilihat.

Anda bisa menerapkan tema minimalis untuk mendesain lorong rumah. Baik lorong berukuran besar atau sempit, Anda bisa memaksimalkan fungsinya sekaligus mempercantik tampilannya dengan gaya minimalis. Jika bingung mencari idenya, cobalah menyontek beberapa inspirasi model lorong pilihan Klopmart di bawah ini.

1. Tempat Bersantai di Sudut Lorong

Tempat Bersantai di Sudut Lorong

Konsep minimalis pada lorong diwujudkan dalam desain ini. Anda bisa memaksimalkan fungsinya dengan menambah kursi dan meja di ujung lorong sebagai tempat berkumpul atau dijadikan sebagai spot belajar untuk si buah hati. Lorong pun terlihat lebih cantik karena ada pajangan lukisan dan pernak-pernik di dindingnya.


2. Memanfaatkan Lorong Sebagai Lemari

Lorong dalam Rumah Tempat Menggantung Pakaian

Lorong dekat kamar tidur utama bisa dimanfaatkan sebagai walk-in closet Anda. Desain ini membuat fungsi lorong makin terlihat maksimal. Anda juga bisa memasang cermin supaya koridornya terlihat lebih luas. Selain itu, cermin juga diperlukan ketika Anda sedang berdandan di walk-in closet, bukan? 

3. Lampu Gantung di Lorong Tangga

Lampu Gantung di Lorong Tangga

Anda berencana membangun rumah bertingkat? Hadirkan nuansa minimalis nan elegan pada lorong tangganya. Anda bisa melapisi bagian dinding atas tangganya dengan wallpaper. Tambahkan juga lampu gantung berlian di atasnya supaya penghuni rumah merasa nyaman karena ada penerang di atasnya.

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Tangga Darurat untuk Gedung?

4. Lantai Lorong Hitam Putih

Lorong dalam Rumah Hitam Putih

Desain minimalis pada koridor bisa diwujudkan dengan penerapan keramik hitam-putih di lantainya. Daripada keramik putih, Anda bisa memilih corak marble supaya terlihat tidak monoton. Nuansa kayu pada dinding dan pintunya membuat lorong rumah terlihat klasik dan tak lekang oleh waktu.

Baca juga: 8 Model Keramik Kamar Mandi Minimalis dan kekinian

5. Jendela Sepanjang Lorong

Jendela Sepanjang Lorong

Anda bisa juga memajang jendela besar yang memenuhi dinding lorongnya. Alhasil, lorong terlihat lebih cerah karena ada pencahayaan alami saat siang hari. Tambahkan juga tanaman hijau di area lorongnya untuk meningkatkan nuansa natural. Idealnya, konsep ini diterapkan jika jendela lorongnya menghadap teras.

6. Pajangan Lukisan

Lorong dalam Rumah dengan Lukisan

Lorong dekat pintu depan rumah juga bisa ditambahkan rak sepatu atau laci di salah satu sisinya. Tambahkan juga lukisan di dindingnya supaya area lorong tidak terlalu sepi. Apabila lorongnya terlalu sempit, Anda dapat menghilangkan lacinya dan cukup memajang lukisan saja.

7. Lorong Outdoor

Lorong Outdoor

Area indoor dan outdoor dapat dibangun lorong untuk memperindah tampilan rumahnya. Anda bisa menggunakan inspirasi di atas, yaitu menggunakan dinding pilar dan lantai keramik hitam putih yang disusun membentuk belah ketupat. Agar kesan naturalnya lebih kental, tambahkan juga dekorasi berupa tanaman hias di beberapa sisinya.

Baca juga: Rekomendasi Desain Lorong Samping Rumah

8. Meja yang Menempel

Lorong dalam Rumah dengan Meja yang Menempel

Fungsi lorong makin maksimal apabila area ini digunakan untuk beraktivitas. Anda bisa menambahkan meja yang menempel pada dindingnya sebagai workspace saat bekerja di rumah (WFH). Area lantainya bisa ditambahkan karpet supaya lorong lebih nyaman saat dilewati.

9. Lorong Ala Jepang

Lorong Ala Jepang

Terakhir, Anda bisa menerapkan nuansa Jepang pada lorong dengan menambahkan tikar tatami. Dinding di sekitar lorongnya dapat ditambahkan lukisan ala negeri sakura atau dekorasi bernuansa oriental. Daripada menggunakan gorden kain biasa, Anda bisa memilih tirai kayu atau bambu yang digulung ke atas untuk jendelanya.


Kesimpulan

Bagaimana? Inspirasi model lorong di atas sangat menarik untuk diterapkan, bukan? Agar tampilan lorongnya lebih indah, Anda bisa menggunakan MU 270 Acian Putih pada dindingnya. 

Semen instan ini membuat dinding lorong terlihat lebih halus dan mulus karena daya rekatnya sangat tinggi. Anda pun bisa menghemat penggunaan cat karena hasil aciannya tidak akan menyerap catnya. Produk yang bagus untuk dinding lorong rumah Anda, bukan?

Dapatkan harga mortar acian yang terjangkau hanya di Klopmart, toko bahan bangunan online terkemuka di Indonesia. Hadirkan model lorong dalam rumah minimalis yang indah di hunian Anda hanya dengan MU-270 Acian Putih.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya