10 Model Keramik Teras Balkon yang Cantik

Model keramik teras balkon tidak bisa dipilih secara sembarangan. Selain berhubungan dengan faktor estetika rumah, pemilihan model keramik teras balkon harus diperhatikan secara detail untuk faktor kenyamanan dan keamanan si pemilik rumah. 

Jadi, ada berapa banyak model keramik teras balkon yang dapat Anda pilih? Untuk mencari tahu jawabannya, Klopmart akan memberikan beberapa referensi yang bisa Anda gunakan untuk teras balkon di rumah. Pastikan untuk membaca artikel hingga akhir agar tidak melewatkan informasinya sedikit pun!

Manfaat Mempercantik Teras Balkon dengan Keramik

Sebelum memilih model keramik yang akan Anda pasang pada teras balkon, sebaiknya ketahui dahulu alasan keramik menjadi opsi terbaik untuk melapisi teras balkon di rumah. Berikut adalah manfaat mempercantik teras balkon dengan keramik yang perlu Anda ketahui!

1. Memberi Nilai Estetika

Manfaat pertama yang Anda dapatkan dengan memasang keramik pada teras balkon adalah memberikan nilai estetika. Keramik memiliki banyak pilihan model, warna, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda. Melakukan pemilihan keramik yang sesuai dengan selera dan tema rumah Anda, teras balkon akan terlihat lebih indah dan menyatu dengan desain rumah secara keseluruhan.

Baca juga: 10 Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

2. Menambah Nilai Jual Rumah

Tidak dapat dimungkiri bahwa dengan memasang keramik pada teras balkon rumah dapat menambah nilai jual rumah tersebut. Teras balkon merupakan salah satu bagian rumah yang sering dijadikan sebagai pertimbangan oleh pembeli saat akan membeli sebuah rumah. Jika teras balkon terlihat indah dan terawat, maka hal ini dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda. 

3. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Memasang keramik pada teras balkon dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Teras balkon merupakan salah satu bagian rumah yang sering dijadikan sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Memasang keramik yang sesuai dengan selera dan tema rumah Anda, teras balkon akan terlihat lebih indah dan menyatu dengan desain rumah secara keseluruhan.

Tampilan yang indah dapat memberikan kesan yang menyenangkan. Selain itu, tampilan keramik yang mewah juga memberikan kesan bahwa selera Anda berkelas. 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak menyangka jika manfaat memasang keramik dapat sejauh ini? Jadi, memasang keramik pada teras balkon memang dapat meningkatkan kualitas tidur pada teras balkon. Teras balkon yang indah dan sejuk dapat menjadi tempat yang menenangkan bagi Anda saat bersantai di luar ruangan. 

Jika teras balkon terletak di depan kamar tidur Anda, maka Anda akan merasa lebih sejuk dan nyaman saat tidur. Selain itu, teras balkon yang terletak di depan kamar tidur juga dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga sebelum tidur.

Baca juga: 9 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

5. Mengurangi Stres

Hampir sama dengan sebagian besar manfaatnya, pada dasarnya menambahkan keramik teras balkon dapat mengurangi stres si pemilik rumah karena tampilannya yang indah. Tampilan yang indah pada balkon dapat mengurangi stres karena memberikan suasana yang menenangkan dan nyaman bagi Anda saat bersantai di sana. 

Saat Anda merasa stres atau cemas, Anda dapat memilih untuk bersantai di balkon yang indah dan sejuk untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres yang Anda alami. Bersantai di luar ruangan juga dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari masalah yang sedang Anda hadapi, sehingga dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman. 

Selain itu, sinar matahari dan udara segar yang masuk ke balkon juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, tampilan yang indah pada balkon dapat membantu mengurangi stres yang Anda alami.

6. Bahan Keramik Tahan Terhadap Segala Cuaca

Secara material, ada beberapa kelebihan keramik yang sangat bermanfaat jika dijadikan bahan untuk melapisi teras balkon Anda. Keramik memiliki kekuatan yang tinggi sehingga tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas, hujan, dan dingin. Keramik juga memiliki permukaan yang halus sehingga mudah dibersihkan dengan menggunakan sikat dan air.

Selain itu, keramik memiliki ketahanan terhadap goresan dan tergores yang tinggi sehingga tahan lama jika diperlakukan dengan baik. Dari segi tampilan pun, keramik memiliki banyak pilihan warna, model, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan selera dan tema rumah Anda. Jika dilihat dari segi harga, keramik merupakan salah satu bahan lantai yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan bahan lantai lainnya.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik Berkualitas Tinggi dan Cara Memilihnya

7. Memaksimalkan Penggunaan Teras Balkon

Manfaat yang terakhir adalah kesimpulan dari beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Mempercantik teras balkon akan memotivasi Anda untuk memaksimalkan penggunaan teras balkon. Baik untuk berkumpul bersama keluarga hingga sebagai tempat bersantai seorang diri. Balkon yang biasanya diremehkan penggunaannya menjadi sangat optimal hanya karena mempercantik bagian terasnya dengan keramik.

Model Keramik Teras Balkon yang Cantik

Untuk menentukan model keramik yang sesuai dengan Anda, pastikan untuk mengetahui model apa saja yang bisa dipilih. Berikut adalah model dan model keramik yang bisa Anda pilih untuk mempercantik teras balkon Anda!

1. Model Batu Alam

Model Batu Alam

Model keramik batu alam adalah salah satu pilihan model yang sering dipilih untuk teras balkon. Model ini terinspirasi dari batu alam yang terdapat di alam bebas. model ini biasanya terlihat seperti batu alam asli dengan garis-garis yang terdapat pada permukaannya. Keramik dengan model batu alam memiliki keunggulan yaitu tahan lama, mudah dibersihkan, dan terlihat natural.

2. Model Geometris

Model Geometris

Model kedua yang bisa Anda pilih adalah model geometris. Model ini terdiri dari garis-garis atau bentuk-bentuk geometris yang terdapat pada permukaan keramik. Model ini dapat terlihat sangat modern dan memiliki desain yang minimalis. Keramik dengan model geometris dapat menambah nilai estetika teras balkon Anda dan dapat mempercantik ruangan secara keseluruhan. 

3. Model Terakota

Model Terakota

Pada dasarnya terakota mengacu pada jenis bahan dan warna. Terakota adalah bahan yang terbuat dari tanah liat yang telah dibakar pada suhu tinggi. Warna terakota biasanya terdiri dari warna-warna cokelat tua, cokelat muda, merah, atau kuning. 

Model terakota pada keramik adalah model yang menyerupai tegel yang terbuat dari tanah liat. Keramik model ini akan memberikan teras balkon Anda kesan sederhana, namun hangat karena modelnya yang sederhana dan tidak banyak corak.

4. Model Tile

Model Tile

Selanjutnya adalah model tile. Model tile adalah model yang terdiri dari ubin-ubin kecil yang terdapat pada permukaan keramik. Keramik dengan model tile tersedia dalam beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan tema rumah Anda.

5. Model Abstrak

Model Abstrak

Model ini terdiri dari garis-garis atau bentuk-bentuk yang tidak jelas dan tidak memiliki pola yang teratur. model ini dapat terlihat sangat modern dan memiliki desain yang tidak terlalu formal. Banyak sekali contoh keramik model abstrak yang bisa Anda pilih, seperti garis tidak teratur, warna yang tidak teratur namun senada, hingga bentuk yang tidak teratur pula.

6. Model Shabby Chic

Jika Anda pecinta vintage keramik model shabby chic adalah model yang sesuai untuk Anda. model ini terinspirasi dari gaya vintage dan memiliki kesan romantis dan feminin. Model ini biasanya terdiri dari garis-garis yang halus dan bentuk-bentuk yang lembut.

Baca juga: 10 Warna Cat Kamar Tidur Romantis

7. Model Minimalis

Model Minimalis

Jika Anda ingin suasana teras balkon yang tidak terlalu ramai, maka gunakanlah keramik bermodel minimalis. model ini terdiri dari garis-garis atau bentuk-bentuk yang sederhana dan tidak terlalu ramai. Pilihan warnanya juga terbatas namun dapat dianggap sebagai warna-warna yang aman seperti putih, abu-abu, cokelat, dan hitam.

8. Model Floral

Model selanjutnya adalah keramik bermodel floral. model floral bisa Anda temukan dalam berbagai macam model, seperti bunga-bunga kecil, daun-daun kecil, bunga besar di tengah, hingga daun besar di tengah keramik. Pada umumnya, desain dari keramik bermodel floral akan dibuat menyerupai bentuk bunga, namun tidak memperlihatkan secara langsung gambar bunga.

Anda dapat menggunakan salah satu dari contoh-contoh di atas atau mengombinasikannya dengan model lain. Tujuan dari kombinasi ini untuk menciptakan model floral yang unik dan menarik pada keramik teras balkon Anda.

9. Model 3D

Sejauh ini, keramik model 3D masih tidak banyak yang menggunakan karena dianggap bukan desain yang normal dan aman untuk perihal estetika di rumah. Desain 3D pada keramik merupakan konsep desain yang menciptakan ilusi tiga dimensi pada permukaan keramik. Desain ini biasanya terdiri dari garis-garis atau bentuk-bentuk yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seolah-olah terbangun dari permukaan keramik.

10. Model Kayu

Model Kayu

Keramik model kayu adalah model yang sedikit menipu. Kebanyakan orang akan mengira jika menggunakan jenis ini tidak seperti menggunakan keramik. model ini terdiri dari bentuk-bentuk yang menyerupai kayu atau corak kayu yang terdapat pada permukaan keramik. model ini dapat terlihat natural dan terlihat seperti kayu asli.

Keramik model kayu adalah solusi bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan alam pada rumah, namun tidak ingin menggunakan kayu asli. Penggunaan kayu asli bisa susah untuk bagian perawatan ke depannya, sehingga dengan hadirnya keramik model kayu Anda bisa mendapatkan tampilan alam namun tetap mudah dalam perawatan lantai keramik.

Setelah menentukan model keramik teras balkon yang sesuai dengan keinginan Anda, pastikan untuk memilih semen yang berkualitas untuk pemasangan keramik di rumah! Salah satunya seperti MU-480 Reno Fix yang bisa digunakan untuk dinding dan lantai. Anda bisa menemukan produk beserta harga MU 480 perekat keramik di atas keramik hanya di Klopmart! Mari wujudkan model keramik teras balkon cantik bersama dengan Klopmart!

Sumber rujukan:

  • tokban.com/blog/keramik-teras/#22_Keramik_Floral_Antik
  • www.dekoruma.com/artikel/34221/model-keramik-teras-favorit-dekoruma

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article