Home & Living

Inilah 10 Model Jendela Ruang Tamu yang Elegan dan Mewah

Media
19 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Anda bisa menambah karakter pada ruang tamu Anda dengan memilih model jendela ruang tamu yang tepat. Karena ruang tamu adalah interior rumah pertama yang akan disadari oleh para tamu, maka Anda bisa memberikan kesan ‘wah’ dengan memperhatikan hal-hal yang ada di ruangan ini, termasuk salah satunya adalah pemasangan jendela.

Inspirasi Model Jendela Ruang Tamu Kekinian

Di ruang tamu, Anda perlu memperhitungkan kenyamanan para tamu yang datang. Dengan adanya jendela, mereka tetap bisa merasa nyaman sekalipun tidak ada pendingin ruangan. Interior rumah Anda juga akan makin cantik dengan jendela berbingkai indah. Untuk lebih lengkapnya, simak model-model jendela ruang tamu berikut ini!

1. Jendela Hopper


Model jendela ruang tamu satu ini berukuran cukup kecil, sehingga cocok untuk ruang terbatas. Meski tidak terlalu banyak digunakan di Indonesia, jendela hopper umum digunakan di rumah-rumah kecil di luar negeri. 

Anda bisa menarik panel kaca ke dalam karena terdapat engsel di bawahnya, sehingga kalau hujan, air tidak akan gampang masuk. Selain itu, bingkainya memiliki insulasi yang bagus untuk mempertahankan panas di dalam ruangan.

2. Jendela Dua Daun


Pada model jendela ruang tamu ini, tidak terdapat tiang tengah di antara kedua panel kacanya. Jadi, saat Anda membuka kedua panelnya, Anda akan mendapatkan akses maksimal ke udara terbuka. Jendela tak bertiang ini disebut juga dengan jendela kupu tarung.

Tak perlu mengkhawatirkan orang jahat masuk ke dalam rumah karena Anda tak harus membuat jendela yang sangat besar. Opsi tanpa tiang ini sebenarnya agar jendela-jendela kecil yang berdaun ganda tampak lebih bagus tanpa terhalang apa pun.

Baca juga: Berbagai Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu

3. Jendela Awning


Disebut juga jendela jungkit, model jendela ruang tamu yang satu ini mirip seperti jendela hopper. Di bagian atas terdapat engsel dan Anda tinggal mendorong bagian bawah panel kaca, lantas menahannya dengan pengait agar jendela tetap terbuka.

Jendela ini tidak bisa dibuka sepenuhnya, sehingga aliran udara yang masuk juga cukup terbatas. Kalau Anda takut membuka jendela lebar-lebar karena alasan keamanan, jendela ini bisa jadi solusinya.

4. Jendela Sliding


Jendela geser memang bisa membantu ruangan kecil karena tidak makan banyak tempat. Cukup menggeser panel kaca dan Anda sudah bisa mendapatkan sinar matahari serta pertukaran udara yang baik. Selain itu, bagian depan jendela bisa dialihfungsikan sebagai tempat meletakkan pot-pot tanaman atau hiasan lainnya.

5. Jendela Klasik


Bagi Anda penyuka hal-hal retro, vintage, ataupun klasik, jendela klasik kayu bisa dipilih sebagai jendela kamar tidur. Model ini biasanya memiliki dua daun jendela dari kayu yang bisa dibuka-tutup. Pada daun jendelanya, Anda akan melihat banyak partisi landai yang khas.

6. Jendela Lengkung


Jendela lengkung atau arched window adalah model jendela ruang tamu klasik. Seperti di arsitektur Roma, Anda bisa menambahkan bingkai kotak-kotak untuk meningkatkan kesan vintage yang romantis. Kalau tema desain rumah Anda cenderung mewah dan Anda punya ruang luas di ruang tamu, jendela ini akan sangat cocok dipasang.

Baca juga3 Merk Pernis Kayu yang Bagus untuk Furnitur

7. Jendela Picture


Jika Anda ingin menyajikan pemandangan indah halaman atau teras kepada tamu yang datang, Anda bisa mempertimbangkan jendela picture ini. Ukurannya besar, hampir memenuhi dinding, dan tidak bisa dibuka. Di rumah-rumah minimalis, biasanya jendela ini dijadikan pengganti dinding. Jika dipanjangkan, jendela ini bisa dijadikan jendela sudut.

8. Jendela Sudut


Meski banyak dipakai di kamar hotel, tak ada salahnya memilih model jendela ruang tamu ini. Jangan lupa pasang tirai tebal atau penutup jendela lainnya untuk menghalau sinar matahari berlebih sekaligus menjaga privasi penghuni rumah. 

Perhatikan juga ukuran jendelanya. Apakah akan memakan seluruh dinding, hanya setengahnya, atau justru seperempat saja? Kreasikan desain model jendela ruang tamu ini sesuai keinginan dan selera Anda.

9. Jendela Teluk


Ruang tamu yang kecil tetap bisa dipasangi jendela, asalkan diatur dan ditata sedemikian rupa. Contoh model jendela ruang tamu yang unik namun nyaman adalah jendela teluk yang menjorok keluar dari struktur bangunan. Karena menjorok keluar, ada area kosong di dalam rumah yang bisa dijadikan tempat duduk atau bersantai. Tinggal tambahkan sofa atau bantalan empuk, maka Anda sudah dapat bersantai atau membaca sambil menikmati pemandangan luar.

Baca juga: 11 Model Jendela Kamar Tidur yang Cantik

10. Jendela Kayu Berteralis


Di Indonesia, sangat umum kita temukan model jendela ruang tamu seperti ini. Seringnya, jendela ini tidak bisa dibuka, tetapi ini selalu kembali pada selera Anda. Dibingkai oleh kayu cokelat, Anda bisa menambahkan teralis aneka bentuk untuk mencegah orang masuk, apalagi karena jendela ini biasanya cukup tinggi dan lebih lebar dari badan manusia dewasa.

Berapa Lebar Jendela Minimalis?

Umumnya, standar ukuran jendela minimalis untuk ruang tamu berkisar 80 cm x 180 cm. Untuk ruang tidur biasanya berkisar 60cm x 80 cm. Sedangkan untuk dapur dan kamar mandi, berukuran 60cm x 30 cm. Namun, ukuran tersebut bukanlah angka pasti, sehingga Anda dapat membuat jendela dengan ukuran yang sesuai dengan selera Anda.

Diletakkan di bagian rumah mana pun, jendela berfungsi untuk memasukkan sinar matahari dan membantu meningkatkan sirkulasi. Ruangan kecil maupun besar bisa mendapatkan manfaat ini, apalagi kalau udara sangat lembap sehingga rumah rawan pengap. 

Meski begitu, sesuaikan ukuran jendela ruang tamu dengan ruangannya. Kalau satu jendela terlalu besar untuk ruang tamu Anda, pertimbangkan menggunakan dua atau lebih jendela kecil. Anda tetap akan mendapatkan akses ke cahaya matahari dan udara segar.

Bingkai jendela juga bisa menjadi poin yang mempercantik ruangan. Jika Anda tertarik dengan jendela berbingkai kayu, diperlukan cat kayu dan finishing-nya untuk hasil maksimal. Kalau Anda mencari tempat yang jual propan wood stain, kunjungi Klopmart sekarang juga dan miliki model jendela ruang tamu idaman Anda.

Sumber rujukan:

  • https://windownesia.co.id/jendela-minimalis-untuk-ruang-tamu/
  • https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-jendela-minimalis/
  • https://jendelaku.id/jendela-ruang-tamu/
  • https://docs.google.com/document/d/1TCZ_Lc5ypkkyijm4992ZO6zaO0WzT8QNTQiMaGHL_Nw/edit#

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya