Home & Living

11 Model Jendela Kamar Tidur

Media
19 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki jendela di kamar sudah menjadi salah satu hal wajib, sehingga banyak model jendela kamar tidur yang bisa dipilih. Karena Anda akan beristirahat di kamar tidur, tentunya Anda ingin ruangan tersebut terasa nyaman agar Anda bisa betah. 

Selain dekorasi yang cantik, keberadaan jendela sangat penting untuk menambah suasana positif. Dengan mempersilakan sinar matahari serta udara segar masuk lewat jendela, kamar tidak akan pengap, tetapi justru lebih hangat dan tidak suram. Tak lupa juga, Anda bisa menghemat listrik dengan adanya cahaya alami di siang hari.

Model Jendela Kamar Tidur yang Simpel dan Menawan

Dari sekian banyak pilihan yang ada, Anda bisa menggabungkan elemen-elemen dari bermacam model yang berbeda sesuai selera. Untuk Anda yang masih belum punya gambaran, berikut ini ada beberapa model jendela kamar tidur yang dapat menginspirasi desain kamar Anda.

1. Jendela Teluk

Di Indonesia sendiri, bay window atau jendela teluk yang menjorok keluar dari struktur bangunan ini cukup jarang kita jumpai. Apalagi karena dari depan, bagian ini akan tampak sangat menonjol. Meski begitu, jendela ini banyak diaplikasikan di negara-negara lain karena bisa digunakan untuk tempat duduk.

Di area yang kosong, Anda bisa menambahkan sofa atau bantalan empuk. Anda akan bisa bersantai atau membaca sembari menikmati pemandangan luar.

2. Jendela Klasik

Bagi Anda penyuka hal-hal retro, vintage, ataupun klasik, jendela klasik kayu bisa dipilih sebagai jendela kamar tidur. Model ini biasanya memiliki dua daun jendela dari kayu yang bisa dibuka-tutup. Pada daun jendelanya, Anda akan melihat banyak partisi landai yang khas.

Baca juga: 4 Cara Dempul Kayu dengan Mudah dan Hasil Memuaskan

3. Jendela Sudut

Jendela sudut ini banyak kita lihat di kamar hotel, di mana ukurannya cukup besar dan memenuhi seluruh dinding. Bagi Anda yang memiliki kamar luas, tidak ada salahnya memilih model jendela kamar tidur besar ini. Jangan lupa pasang tirai tebal atau penutup jendela lainnya untuk menghalau sinar matahari berlebih sekaligus menjaga privasi penghuni rumah.

4. Jendela Awning

Disebut juga jendela jungkit, model jendela kamar tidur yang satu ini memiliki satu engsel di bagian atas. Untuk membukanya, Anda tinggal dorong bagian bawah panel kaca, lantas menahannya dengan pengait agar jendela tetap terbuka.

Jendela ini tidak bisa dibuka sepenuhnya, sehingga aliran udara yang masuk juga cukup terbatas. Meski begitu, jika misalnya hujan turun, air tidak akan mudah masuk karena posisi panel kaca yang landai.

5. Jendela Casement

Sama seperti jendela awning, jendela casement juga memiliki engsel pada satu sisi, yakni di samping. Cara membukanya juga persis sama seperti pintu. Karena engselnya di samping, jendela casement bisa terbuka lebih lebar. Agar kamar terlihat lebih nyaman, gunakan warna putih saat memilih model jendela kamar tidur ini.

Baca juga: 9 Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Bagus

6. Jendela Skylight

Kalau Anda suka mencari inspirasi di media sosial, Anda mungkin sudah tidak asing dengan model jendela kamar tidur yang satu ini. Diletakkan miring di langit-langit ruangan, jendela ini sangat ideal jika kamar tidur Anda berada di bawah atap dengan plafon yang miring juga. Tak hanya sinar matahari langsung, Anda juga bisa melihat pemandangan langit tanpa terhalang apa pun.

7. Jendela Single atau Double Hung

Selanjutnya, ada jendela single hung yang biasanya banyak digunakan di seluruh rumah. Namun, jendela ini tetap bisa Anda jadikan model jendela kamar tidur yang minimalis dan modern. Single hung terdiri dari dua panel kaca di mana Anda hanya bisa membuka panel yang bawah.

Selain itu, ada juga jendela double hung. Untuk jendela ini, Anda bisa membuka panel atas dan bawah. Kedua panel tersebut bisa bertemu di tengah-tengah atau bisa juga hanya bertemu pada satu sisi.

8. Jendela Sliding

Jendela yang bisa digeser ini sebenarnya cukup minimalis. Desainnya tidak terlalu ramai, hanya berupa dua panel kaca dan bingkai yang bisa diwarnai sesuai selera Anda. Jika kamar tidur Anda tidak terlalu besar, jendela sliding ini tidak akan mempersulit Anda karena hanya perlu digeser untuk memasukkan sinar matahari dan udara segar.

9. Jendela Sempit

Kalau Anda sedang mencari model jendela kamar tidur yang beda dari biasanya, jendela sempit yang berjejer bisa menjadi solusi. Desainnya yang sangat minimalis mencuri perhatian masyarakat. Saat dijejerkan, jendela ini cocok untuk menambahkan sinar matahari agar kamar tidak suram.

Baca juga: Ingin Tahu Cat Warna Kayu Natural? Simak Di Artikel Ini, Yuk!

10. Jendela Lengkung

Model jendela kamar tidur unik lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah jendela melengkung. Coba tambahkan bingkai kotak-kotak untuk kesan klasik ala arsitektur Roma. Tentunya jendela ini akan menjadi nilai tambah kamar tidur Anda, ya.

11. Jendela Picture

Tidak semua jendela bisa dibuka, tapi Anda selalu bisa berinovasi dengan model jendela kamar tidur yang Anda suka. Jika kamar Anda menghadap area yang indah, Anda bisa mempertimbangkan jendela picture ini. Ukurannya besar, hampir memenuhi dinding, dan tidak bisa dibuka. Di rumah-rumah minimalis, biasanya jendela ini dijadikan pengganti dinding.

Saat merencanakan jendela kamar tidur, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan. Mulai dari material kaca, material bingkai, warnanya, ukuran, dan lainnya. Jika Anda tertarik dengan jendela berbingkai kayu, diperlukan cat kayu dan finishing-nya untuk hasil maksimal. Kalau Anda mencari tempat yang jual propan wood stain, kunjungi Klopmart sekarang juga dan miliki model jendela kamar tidur idaman Anda.

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/model-jendela-kamar/
  • https://www.ladiestory.id/inspirasi-model-jendela-kamar-tidur-minimalis-58819
  • https://windownesia.co.id/model-jendela-kamar-tidur-minimalis-sederhana-dan-mewah-buat-kamar-lebih-nyaman-dan-indah/
  • https://mamikos.com/info/model-jendela-kamar-tidur-sederhana-gnr/
  • https://www.dekorunik.com/jendela-kamar-tidur/
  • https://interiordesign.id/jendela-kamar-minimalis/

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya