Home & Living

11 Model Jendela Dapur Minimalis

Media
13 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kalau dapur Anda pengap, tapi Anda tidak ingin membongkar rumah untuk memasang jendela, ada model jendela dapur minimalis yang tetap bisa dipertimbangkan. Tentunya Anda yang sering menghabiskan waktu di dapur pasti menyadari hal ini. Selain karena butuh sirkulasi udara, sinar matahari juga bisa membantu mencegah tumbuhnya jamur dan udara apak di dapur.

Anda mungkin sudah menambahkan dekorasi atau rak-rak untuk menunjang kegiatan Anda di dapur. Bisa juga Anda mempercantik dapur dengan mengganti warna cat dinding atau kabinet, mengganti keran dan bak cuci, sampai mengganti lantai dapur. Apa pun yang Anda lakukan pada dapur, itu semua karena Anda ingin merasa lebih betah ketika berlama-lama di sana.

Pada zaman di mana desain rumah minimalis sedang merajalela, pemilihan model jendela minimalis sebenarnya sangat cocok dipasang di dapur dengan desain apa pun. Dengan aneka model menunggu untuk dipilih, jendela dapur bisa menjadi satu hal yang mengubah penampilan dapur. Tidak percaya? Simak artikel ini sampai selesai!

Model Jendela Dapur Minimalis, Anti Pengap

11 Model Jendela Dapur Minimalis

Memiliki jendela di dapur bisa memberikan banyak manfaat positif. Untungnya, Anda tak perlu membuat jendela besar setinggi dinding yang mengarah ke halaman. Cukup dengan memilih satu model jendela dapur minimalis dari daftar di bawah ini, dan Anda bisa memiliki dapur anti pengap!

1. Jendela Satu Bingkai

Model jendela dapur minimalis yang pertama adalah jendela satu bingkai. Sederhana, elegan, dan tidak ramai dipandang. Jendela ini berupa selembar kaca dalam satu bingkai. Dengan ukurannya tidak terlalu panjang, Anda bisa meletakkan jendela ini di atas bak cuci piring. 

2. Jendela Memanjang

Mirip seperti model jendela dapur minimalis sebelumnya, jendela memanjang ini juga hanya memiliki satu bingkai. Bedanya hanya pada ukurannya. Jendela memanjang ini tidak terlalu tinggi, tapi sangat panjang. Dapur Anda bisa tampak lebih luas karena jendela ini memudahkan sinar matahari masuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ruang di bagian atas jendela sebagai tempat kabinet atau hal lain.

3. Jendela Kaca Nako

Mungkin di rumah-rumah modern sudah jarang ditemui kaca nako. Namun, jika ingin tampilan beda, Anda bisa memilih jendela kaca nako untuk dapur Anda. Bahan kaca nako yang ringan membuat panel-panelnya mudah dibuka dan ditutup. Anda juga bisa memilih jenis kaca nako seperti frosted, gelap, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Cara Dempul Kayu dengan Mudah dan Hasil Memuaskan

4. Jendela Double Hung

Pada jendela ini, terdapat dua panel kaca dalam satu bingkai yang bisa dibuka. Anda tinggal menggeser panel-panelnya ke atas atau ke bawah. Karena tidak memakan terlalu banyak ruang, di bagian depan jendela bisa ditaruh pot-pot tanaman atau hiasan untuk memperindah dapur Anda.

5. Jendela Sliding

Untuk dapur kecil yang mungkin tidak memiliki banyak tempat, Anda bisa menggunakan jendela geser ini. Jendela ini memang sudah cukup terkenal di rumah-rumah minimalis karena tidak perlu banyak ruang untuk dibuka. Anda bisa memilih antara jendela yang digeser horizontal atau vertikal.

6. Jendela Grid

Seperti garis grid yang terlihat saat kita mengambil gambar di ponsel, ada juga model jendela dapur minimalis yang memiliki bingkai bergaris seperti grid. Jumlah kotaknya tentu bisa disesuaikan sesuai ukuran jendela Anda. Dengan desainnya yang modern, dapur Anda pasti akan terlihat lebih hidup.

7. Jendela Kecil

Jika area dapur cenderung terbatas, Anda harus pintar-pintar mengatur letak dan ukuran jendela. Maka dari itu, jendela dapur yang kecil juga bisa berfungsi baik. Kalau perlu, tambahkan satu jendela kecil lagi di sisi lain ruangan.

8. Jendela Lipat

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan model jendela dapur minimalis yang dilipat seperti harmonika. Desainnya mewah, dengan bukaan sangat lebar sehingga sirkulasi udara serta cahaya matahari yang masuk sangat maksimal. Kalau perlu, Anda bisa menggabungkan jendela ini dengan pintu lipat, sehingga Anda bisa menikmati alam sambil berkegiatan di dapur.

Baca juga: 9 Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Bagus

9. Jendela Swing

Untuk model jendela dapur minimalis ini, biasanya terdiri dari dua panel yang bisa terbuka seperti pintu dua daun. Karena bukaannya lebar, dapur Anda juga bisa mendapatkan sirkulasi udara yang sangat baik. Bingkai yang digunakan bisa dipasang secara vertikal atau horizontal, tergantung kebutuhan Anda. Kalau dapur Anda tidak memungkinkan untuk memiliki dua panel kaca, cukup pakai satu saja.

10. Jendela Casement

Jendela ini memiliki engsel di bagian samping, sehingga Anda bisa membukanya dengan mudah seperti membuka pintu. Untuk dapur minimalis Anda, buatlah jendela casement yang tinggi ke atas. Dengan begitu, Anda bisa melihat pemandangan ke luar sekaligus memberi kesan ruangan yang lapang.

11. Jendela Awning

Mirip seperti jendela casement, jendela awning juga memiliki engsel pada satu sisi, yaitu sisi bawah. Anda harus menahan panel yang terbuka ke pengait agar jendela tetap terbuka. Meski begitu, karena tidak bisa terbuka sepenuhnya, keamanan di dapur tetap akan terjaga. Contohnya saat hujan, air tidak akan mudah masuk karena posisi panel kaca yang landai.

Saat merencanakan jendela dapur, warna serta material bingkai jendela bisa disesuaikan menurut selera. Samakan saja dengan warna dapur Anda untuk memberi kesan monokrom atau pilih warna terang supaya tidak bosan. Untuk itu, diperlukan cat kayu dan finishing-nya. Kalau Anda mencari tempat yang jual propan wood stain, kunjungi Klopmart sekarang juga dan miliki model jendela dapur minimalis idaman Anda!

Sumber rujukan:

  • https://windownesia.co.id/jendela-dapur/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/109571/model-jendela-dapur-minimalis
  • https://kanggo.id/blog/jendela-dapur/
  • https://artikel.rumah123.com/11-inspirasi-jendela-dapur-minimalis-yang-cantik-saatnya-ganti-jendela-77420
  • https://www.pinhome.id/blog/jendela-dapur/#Jendela_Casement_Tinggi

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya