Tips & Trik

4 Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih dengan Mudah

Media
07 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk, lain ikannya. Sebuah peribahasa Indonesia yang berarti bahwa setiap orang memiliki adat dan tradisi yang berbeda. Walaupun berbeda, ternyata hal itu memperkaya kita semua sebagai satu bangsa. Perbedaan yang patut disyukuri.

Begitu juga dengan merawat rumah, setiap orang punya caranya masing-masing. Setiap orang punya selera masing-masing. Tetapi ada satu persamaan, yaitu setiap orang ingin tempat tinggalnya tetap dalam keadaan terawat, sehingga nyaman untuk ditinggali.
 

Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Untuk itu ada hal-hal umum yang dapat dirangkum untuk dijadikan tips acuan dalam menjaga rumah agar tetap terawat dansehat, diantaranya adalah:
 

1. Buatlah jadwal rutin untuk melakukan bersih-bersih.

Kebiasaan adalah suatu tindakan yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang dalam kurun waktu yang lama. Untuk memiliki kebiasaan yang baik, kita perlu berkeputusan untuk melakukan tindakan tersebut secara berulang-ulang dan melakukannya dengan komitmen selama kurun waktu yang lama. Untuk memiliki rumah yang terawat, kita punya kebiasaan untuk bersih-bersih secara rutin dan kontinyu. Mungkin karena kesibukan pekerjaan dan aktivitas Anda, pilihlah hari libur untuk melakukannya. Let’s say, setiap Sabtu sore Anda membersihkan rumah. Jangan lupakan untuk membersihkan kamar mandi! Kamar mandi adalah tempat yang penting untuk terjaga kebersihannya demi kesehatan para penghuni rumah.
 

2. Pilahlah barang yang kita miliki.

Dari barang-barang yang kita miliki di rumah, punyailah kebiasaan untuk memilah (mensortir) barang-barang yang memang masih dipergunakan dan barang-barang yang (ternyata) sudah tidak dipergunakan lagi. Hal ini perlu dilakukan supaya rumah Anda tidak berubah menjadi gudang penyimpanan yang penuh barang bekas, sehingga mencari tempat untuk duduk santai pun sulit rasanya. Nyamuk, kecoak, tikus, dan berbagai hama lainnya senang dengan rumah yang penuh barang-barang karena tersedia banyak tempat persembunyian baginya. Relakan barang-barang yang sudah tidak dipergunakan untuk dikeluarkan dari rumah dan dari hidup Anda. Jika Anda tahu bahwa barang-barang tersebut masih dapat dipergunakan oleh orang lain, ada beberapa pilihan untuk melakukannya:

  • Berikan atau sumbangkan kepada orang lain. Mungkin ada saudara atau teman yang berminat.
  • Dijual sebagai barang bekas yang masih dapat dipergunakan. Hebatnya, di zaman sekarang ini Anda dapat melakukannya secara online dan offlin
     

3. Lakukan perbaikan secara berkala

Sambil kita bersih-bersih, biasanya kita akan menemukan kerusakan-kerusakan kecil yang ada pada rumah kita. Jika dapat diperbaiki dengan cepat dan jika ada dananya, jangan tunda lagi, karena kerusakan-kerusakan kecil jika dibiarkan akan menjadi kerusakan besar. Hal paling umum adalah tombol-tombol saklar lampu dan stop kontak. Segera perbaiki jika kita menemukan stop kontak atau tombol lampu yang rusak untuk menghindari kecelakaan karena tersengat listrik. Mungkin atap rumah ada yang mulai bocor, atau dinding rumah yang mulai retak halus. Atau mungkin Anda menemukan bahwa sistem sirkulasi rumah Anda perlu untuk dibenahi. Nah, masukanlah hal itu ke dalam daftar perbaikan berkala.
 

4. Cat rumah Anda secara berkala

Biasanya setelah satu atau dua tahun, ada bagian-bagian dari rumah Anda yang mulai pudar warnanya. Mungkin juga ada yang mulai terkelupas dan berjamur. Hal ini dapat menyebabkan terciumnya bau apek dalam rumah Anda. Tentu saja hal ini membuat kenyamanan terganggu dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu perlu dilakukan pengecatan kembali. Pengecatan membuat rumah Anda terjaga kebersihannya. Aturlah budget tahunan untuk pengecatan kembali rumah Anda.

Semoga tips singkat ini dapat membantu kita semua untuk menjaga rumah tetap terawat.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya