Konstruksi

Ragam Jenis Jendela Pada Konstruksi Bangunan

Media
09 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Setiap rumah pasti memiliki jendela karena jendela merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah bangunan. Jendela berfungsi sebagai media sirkulasi udara dan jalur masuknya sinar matahari ke dalam ruangan.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis dan tipe bukaan jendela? Lalu jenis jendela seperti apa sih yang cocok buat rumah kita? Marilah kita simak beberapa jenis jendela berikut ini yang telah dirangkum dari beberbagai sumber.
 

Model-Model Jendela

Saat Anda sedang merancang rumah atau merenovasi rumah dan ingin mengganti jenis jendela, sebaiknya kenalilah jenis-jenis jendela tersebut diatas agar dapat memilih jendela yang tepat dan nyaman untuk rumah Anda.
 

1. Double Hung Window

Jenis jendela satu ini merupakan jendela yang terdiri dari dua kaca di dalam satu framenya. Double Hung window memiliki jendela bagian atas dan bagian bawah. Masing-masing bagian dapat dibuka ke atas dan ke bawah.

Jendela rumah minimalis satu ini memiliki daya tahan yang cukup kuat. Anda bisa menggunakan Double Hung window di wilayah yang memiliki cuaca dingin ataupun panas.
 

2. Jendela Geser

Model jendela satu ini merupakan ciri khas dari jendela rumah minimalis modern. Tidak seperti jendela lainnya yang terbuka keluar, daun jendela satu ini tidak memakan cukup banyak area saat dibuka ataupun ditutup.

Jendela geser juga memiliki variasi yang bisa Anda gunakan sebagai pintu rumah. Jenis jendela satu ini bergaya minimalis dan sangat cocok jika kamu ingin menghemat tempat di dalam rumah bergaya minimalis Anda.
 

3. Awning Window

Jenis jendela satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang-orang Indonesia. Awning window merupakan jendela yang memiliki engsel dan daun jendela yang dibuka dari bawah.

Model jendela satu ini terkenal karena kekokohannya. Awning window dikenal mampu untuk menahan bobot yang lumayan berat. Jendela satu ini sangat cocok untuk ditempatkan di tempat-tempat yang membutuhkan ventilasi namun tetap ingin menjaga privasi. Jendela ini juga cukup identik dengan kesan jendela rumah minimalis modern.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium
 

4. Stationary Window

Dari namanya, Stationary window merupakan jendela yang berbeda dari jendela lainnya: daun jendelanya tidak bisa dibuka. Jendela ini memiliki kesan estetika yang bagus dan cocok digunakan untuk jendela rumah minimalis.

Walaupun memiliki tampilan yang menarik, Anda harus mempertimbangkan dengan matang sebelum menggunakan model jendela satu ini. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki ventilasi udara yang cukup baik sebelum menggunakan jenis jendela ini.
 

5. Picture Window

Sama seperti stationary window, Picture window juga tidak dapat dibuka ataupun ditutup. Perbedaannya adalah Picture window memiliki ukuran yang lebih besar.

Walaupun lebih besar, model jendela satu ini juga cocok digunakan untuk jendela rumah minimalis. Jendela ini umumnya ditempatkan di lantai dua atau lebih tinggi untuk memanfaatkan daun jendela Picture window yang lebar agar cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah. Dengan memaksimalkan pencahayaan alami, hal ini dapat digunakan sebagai cara menghemat energi dirumah yang cukup efektif.

Sama seperti Stationary window, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki ventilasi udara yang baik sebelum menggunakan jenis jendela satu ini.
 

6. Casement Window

Jenis jendela satu ini mungkin lebih Anda kenal dengan sebutan jendela ayun. Casement window tampak seperti sebuah pintu rumah dengan mekanisme buka tutup yang kurang lebih sama.

Casement window sangat cocok digunakan di area yang menghadap langsung ke arah taman atau ditempatkan di dapur sebagai ventilasi udara saat sedang memasak.

Itulah dia jenis-jenis jendela yang dapat Anda gunakan di rumah Anda. Tiap jendela memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Pastikan Anda memilih jenis jendela yang tepat dengan kebutuhan hunian Anda. Pastikan juga menggunakan pintu yang tepat agar jalur keluar masuk udara dan pengguna rumah dapat berjalan secara efektif. Untuk pintu rumah dengan harga murah, mudah perawatan, serta bobot yang ringan Anda dapat menggunakan jenis pintu PVC dari klopmart.

Baca juga: Cara Bersihkan Kaca Jendela Rumah

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya