Konstruksi

6 Alasan Memilih Partisi Ruangan dari Besi Hollow untuk Hunian Anda

Media
20 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat partisi ruangan dari besi hollow? Jika belum, tidak ada salahnya memilih material ini untuk partisi ruangan. Reputasi besi hollow di dunia bahan bangunan tidak diragukan lagi karena menghasilkan kesan ruangan yang lebih mewah.

Partisi Ruangan dari Besi Hollow, Apa Keunggulannya?

Ada tiga jenis besi yang digunakan di dunia konstruksi, yaitu besi tempa, besi solid, dan besi hollow. Di antara ketiganya, besi hollow dianggap sebagai material bangunan serbaguna. Bagaimana tidak, Anda bisa membuat kerangka bangunan, kerajinan tangan, ornamen dinding, hingga dekorasi interior seperti partisi ruangan.

Tampilan besi hollow pun lebih menarik jika dibandingkan dengan besi lainnya. Sesuai namanya, besi hollow memiliki rongga di tengahnya. Bentuknya berupa penampang segi empat, jadi dikenal pula sebagai pipa kotak di pasaran Indonesia.

Keunggulan besi hollow sebagai material konstruksi tidak diragukan lagi. Partisi ruangan pun bisa dibuat dari besi hollow lantaran keunggulan yang dimilikinya. 

Apa saja kelebihan partisi ruangan dari besi hollow yang harus Anda ketahui?

1. Mudah Dibentuk dan Dipasang

Keunggulan besi hollow sebagai material partisi dinding terletak pada kemudahan pemasangannya. Alhasil, banyak yang beralih dari kayu ke besi hollow untuk membuat partisi dinding. Bobot besi hollow lebih ringan, jadi cukup fleksibel untuk dibentuk sesuai coraknya. Anda cukup menggunakan gunting kawat beton untuk membuat corak partisi yang diinginkan.

Meski ringan, besi hollow tidak kalah kuat dibandingkan besi lainnya. Rangka bangunan besi hollow lebih tahan lama dan tidak mudah roboh, meski hanya digunakan sebagai material aksesori.

Baca juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Kebutuhan Anda

2. Bahan Anti Rayap

Kayu cukup umum digunakan sebagai partisi ruangan. Sayangnya, kayu semakin keropos lantaran dimakan rayap seiring pertambahan usia. 

Karena itu, banyak orang yang mulai memilih besi hollow untuk membuat partisi dinding. Tampilan besi hollow yang mulus dan tidak bergelombang mampu menciptakan kemewahan sebuah ruangan. Faktor tampilannya ini membuat besi hollow lebih mudah dicat.


3. Tahan Terhadap Karat

Material ini terbuat dari campuran silikon dan aluminium, sehingga lebih tahan karat atau korosi. Keunggulan ini membuat partisi ruangan dari besi hollow cocok ditempatkan di area mana pun, termasuk outdoor

Pasalnya, konstruksi dengan besi hollow pun masih terlihat awet, meski letaknya terpapar langsung di bawah sinar matahari.

Baca juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Supaya Hemat!

4. Tahap Terhadap Api

Besi hollow tidak hanya menyerap hawa panas dari udara, tapi tahan pula terhadap suhu tinggi, seperti api. Anda tidak perlu khawatir jika membangun partisi dengan besi hollow karena tidak mudah terbakar.

Tidak heran besi hollow sering digunakan di ruangan yang rentan terbakar, seperti gudang penyimpanan.

Baca juga: 3 Aksesoris Pagar Besi Hollow Untuk Mempercantik Pagar

5. Mudah Dirawat

Perawatan furnitur besi hollow juga tidak sulit, apalagi mengingat sifatnya yang tahan lama. Lapisi saja dengan cat minyak agar lapisan permukaan partisi dindingnya tetap tahan lama. 

Lapisan cat baru ini dapat menambah kekuatan besi hollow, jadi Anda tidak perlu merawatnya pada waktu mendatang. Perawatan partisi dinding ini cukup dilakukan dengan mengelapnya agar tidak ada debu yang menempel.


6. Harganya Terjangkau

Harga besi hollow pun lebih terjangkau dibandingkan material bangunan lainnya. Di Klopmart, besi hollo dibanderol mulai Rp70.000 ukuran 2x2 per batangnya. Semakin banyak besi hollow yang dibeli, Anda berpeluang mendapatkan harga grosir yang lebih murah.

Partisi ruangan dari besi hollow memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pembangunan partisi dinding. Besi hollow mudah dibentuk dan dipasang, kuat, tahan terhadap rayap, karat, api, dan mudah dirawat. Selain itu, harganya pun terjangkau, menjadikannya pilihan yang ekonomis dan efisien.

Dengan beragam kelebihan ini, besi hollow menjadi alternatif yang menarik untuk partisi ruangan yang tahan lama dan estetis. Klopmart menyediakan berbagai macam besi hollow dengan harga yang kompetitif, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kebutuhan konstruksi Anda.

Anda tidak ragu lagi dengan keunggulan besi hollo untuk membuat partisi dinding, kan? Tunggu apalagi, bangun partisi ruangan dari besi hollow untuk kesan ruangan yang lebih estetik.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya