Lampu & Listrik

Jenis Jenis Kipas Angin dan Fungsinya untuk Rumah Anda

Media
07 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kipas angin adalah salah satu barang yang cukup wajib dimiliki oleh orang Indonesia. Dengan daya listrik yang lebih kecil daripada AC, kipas angin dapat menawarkan sirkulasi udara segar di dalam rumah. Agar lebih maksimal, Anda perlu mengenal dan memahami jenis jenis kipas angin yang Ada serta fungsinya agar Anda dapat memilih jenis kipas angin yang tepat untuk rumah Anda.

Memiliki kipas angin wajib hukumnya bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan atau padat penduduk. Kipas angin dapat menjadi jawaban untuk kondisi Indonesia yang berikilim tropis, yang memiliki temperatur dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Agar dapat memilih jenis kipas angin yang tepat, mari simak jenis jenis kipas angin serta fungsinya berikut ini.

Fungsi Kipas Angin

Secara umum, kipas angin berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan. Hal ini tentunya dapat membantu Anda yang memiliki hunian yang relatif minim dengan ventilasi atau hunian yang relatif minim sehingga tidak bisa memasang banyak ventilasi.

Menjaga sirkulasi udara di dalam rumah sangatlah penting. Dengan sirkulasi udara yang baik, Anda dapat meningkatkan kualitas udara yang berujung pada meningkatnya kualitas kesehatan Anda.

Memang ada banyak cara untuk meningkatkan sirkulasi udara di rumah. Anda bisa memanfaatkan sistem ventilasi silang, kipas angin, dan juga AC. Tetapi penggunaan AC dapat jauh lebih mahal, baik dalam perawatan dan pemasangan, serta sistem ventilasi silang mengharuskan Anda menyediakan tempat yang cukup luas untuk ventilasi Anda.

Di sinilah kipas angin dapat membantu. Dengan biaya yang relatif minim serta tidak membutuhkan banyak tempat, Anda dapat menjaga sirkulasi udara di dalam rumah dan meningkatkan kualitas udara.

Baca Juga: Rumah Hemat Energi: Pengudaraan Alami

Model Kipas Angin Untuk Rumah Anda

Setelah mengenal betapa pentingnya kipas angin di dalam rumah, kini saatnya Anda mengenal jenis jenis kipas angin yang dapat Anda gunakan di dalam rumah. Anda tentunya pernah melihat beberapa jenis kipas angin dalam daftar ini, seperti kipas angin meja, kipas angin gantung, dan kipas angin berdiri.

Tetapi, selain jenis jenis yang sering terlihat tersebut, masih ada beberapa jenis kipas angin yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah daftarnya.

1. Kipas Angin Dinding

Jenis kipas angin dinding sangat cocok jika Anda ingin menjaga aliran udara pada ruangan yang luas. Hal ini karena jenis kipas angin ini dapat Anda pasang pada tempat yang cukup tinggi sehingga jangkauannya dapat lebih luas.

Semakin tinggi Anda memasang jenis kipas angin ini, maka akan semakin luas jangkauannya. Pastikan saja Anda mengetahui batasan dari kipas angin yang Anda pilih. Jika Anda memasang kipas angin dinding yang kecil pada dinding yang terlalu tinggi, maka anginnya justru tidak akan terasa.

2. Kipas Angin Duduk

Kipas angin duduk memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan jenis kipas angin lainnya dalam daftar ini. Model kipas angin ini sering ditempatkan pada meja sehingga juga sering disebut kipas angin meja atau jenis kipas angin mini.

Karena bentuknya yang kecil, model kipas angin ini biasanya hanya digunakan untuk menjaga aliran udara pada sebuah ruangan yang kecil, semisal kamar tidur. Karena ukurannya yang kecil, harga kipas angin duduk relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis kipas angin lainnya dalam daftar ini.

3. Kipas Angin Berdiri

Jenis kipas angin satu ini mungkin adalah jenis kipas yang paling sering ditemui oleh orang-orang. Sesuai namanya, jenis kipas angin ini memiliki postur yang tinggi, seperti orang yang sedang berdiri, dibandingkan jenis kipas angin lainnya dalam daftar ini.

Model kipas angin berdiri ini memiliki bentuk dan kekuatan angin yang cukup besar untuk menjaga sirkulasi udara pada sebuah ruangan yang besar, seperti ruang tamu.

Jenis kipas angin ini juga relatif lebih canggih diantara jenis kipas lainnya. Misalnya, Anda dapat menemukan jenis kipas angin berdiri yang dapat Anda atur menggunakan remote control.

4. Kipas Angin Gantung

Jenis kipas angin ini merupakan jenis yang dapat dijadikan aksesoris interior rumah. Sesuai namanya, kipas angin ini dipasang menggantung pada sebuah ruangan. Umumnya, jenis kipas angin ini juga memiliki lampu atau pernak-pernik sebagai penghias.

Kipas angin gantung memiliki bentuk dan kekuatan angin yang cukup besar. Kipas angin jenis gantung ini dapat membawa udara segar pada ruangan yang cukup besar, seperti ruangan tamu.

5. Kipas Angin Multifungsi

Sesuai namanya, jenis kipas angin ini memiliki banyak fungsi. Kipas angin ini dapat Anda jadikan kipas angin duduk, berdiri, dan juga dinding.

Jenis kipas angin multifungsi ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan mobilitas yang tinggi. Tetapi, karena sifatnya yang multifungsi, harga kipas angin multifungsi pun menjadi relatif mahal dibandingkan jenis kipas angin lainnya dalam daftar ini.

6. Kipas Angin Tanpa Baling-Baling (Bladeless Fan)

Kipas angin identik dengan baling dengan baling-baling. Tetapi, seiring kemajuan teknologi, kini Anda dapat memiliki kipas angin tanpa baling-baling atau bladeless fan.

Karena tidak memiliki baling-baling, Anda dapat merasa aman ketika anak kecil mendekati kipas ini.

7. Kipas Angin Exhaust Fan

Jenis kipas angin exhaust fan ini mungkin sering Anda lihat di daerah pabrik. Jenis kipas angin ini umumnya memiliki bentuk segi empat dan ditempelkan di dinding. Kipas angin exhaust fan bekerja dengan mengeluarkan udara dari dalam ke luar dan sebaliknya.

Jenis kipas angin ini umumnya digunakan pada area dapur atau kamar mandi. Hal ini karena jenis kipas ini biasanya memiliki bunyi yang tidak terlalu bising dibandingkan jenis kipas angin lainnya.

Itulah jenis jenis kipas angin serta fungsinya untuk rumah Anda. Memiliki kipas angin telah menjadi kewajiban untuk orang Indonesia. Karena iklim tropisnya, orang Indonesia hidup di temperatur dan tingkat kelembapan yang tinggi. Kipas angin menjadi solusi yang ekonomis serta simpel untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan saja Anda telah memahami jenis jenis kipas angin sebelum membeli kipas angin agar Anda dapat memilih kipas angin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Agar Anda dapat langsung menikmati kipas angin di rumah, pastikan Anda telah memiliki instalasi listrik yang ideal. Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan listrik, mulai dari kabel hingga colokan.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya