Cara Membersihkan Karpet Dengan Efektif


 

Karpet adalah salah satu perabotan rumah yang harus sering-sering dirawat. Hal ini karena karpet akan sangat sering berkontak dengan kaki. Selain kaki, kualitas karpet juga akan sangat dipengaruhi oleh suhu tempat di mana karpet itu berada. Kalau karpet sudah kotor dan tidak dibersihkan, maka Anda akan tidak nyaman beraktivitas di karpet atau ruangan dimana karpet tersebut berada. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membersihkan karpet agar bisa membersihkan atau mencuci karpet di rumah kapan saja dibutuhkan.

Selain mempernyaman aktivitas, karpet juga dapat digunakan sebagai tempat untuk bercengkrama. Tidak jarang orang-orang Indonesia masih duduk di karpet ketika ada sebuah acara berlangsung. Karpet yang bersih tentunya menjadi hal yang wajib dimiliki saat hal tersebut berlangsung.

Agar tidak kerepotan mencuci karpet secara mendadak, ada baiknya Anda membersihkan secara reguler. Selain membuat nyaman, suasana dan udara di rumah akan juga semakin segar dengan karpet yang bersih. Berikut adalah cara membersihkan karpet yang dapat Anda coba.

Tips Membersihkan Karpet Dengan Mudah

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Memang sudah menjadi rahasia umum kalau menggunakan vacuum cleaner adalah cara tercepat dan paling praktis untuk membersihkan karpet. Jika Anda malas atau tidak sempat cuci karpet di rumah, maka cara ini sangat tepat untuk Anda.

Pastikan Anda menggunakan vacuum untuk membersihkan sampai ke ujung-ujung karpet. Selain untuk memastikan kebersihan karpet, hal ini juga dapat membantu Anda jika Anda memutuskan untuk mencuci karpet kemudian.

2. Cuci Dan Gantung Karpet

Kalau Anda memutuskan untuk mencuci karpet, maka Anda harus tahu trik berikut ini. Semakin besar karpet, maka akan semakin sulit ketika Anda membersihkannya. Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa bersihkan karpet sambil menggantung karpet tersebut, misalnya di pagar.

Dengan menggantung karpet tersebut, Anda dapat bersihkan karpet dengan lebih efektif dan detil. Anda tinggal fokus membersihkan karpet tanpa harus khawatir mengalami sakit badan karena harus membungkuk ketika mencui karpet di rumah.

3. Semprot Karpet

Setelah Anda selesai mencuci karpet, saatnya Anda menyemprotnya, sebisa mungkin dengan selang atau alat lain yang memiliki tekanan air yang tinggi.

Hal ini sangat penting, apalagi kalau Anda memiliki hewan peliharaan yang sering bermain di karpet rumah Anda. Dengan menyemprot karpet dengan air bertekanan tinggi, Anda dapat memastikan kalau seluruh kotoran atau debu kecil yang berada pada karpet Anda akan terangkat dengan baik.

4. Gunakan Sabun Khusus karpet

Saat mencuci karpet, pastika Anda menggunakan sabun khusus untuk menghilangka noda dengan baik. Selain menghilagkan noda pada karpet, menggunakan sabun yang diperuntukkan untuk membersihkan karpet dapat membantu Anda untuk menjaga kualitas dari karpet di rumah Anda. Anda memang bisa menggunakan deterjen seperti pada umumnya, tetapi Anda harus tahu bahwa menggunakan deterjen untuk mencuci karpet dapat merusak kualitas karpet Anda, khususnya karpet berbulu.

5. Menggunakan Baking Soda

Kalau menggunakan sabun khusus masih tidak cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran di karpet Anda, maka Anda bisa menggunakan baking soda sebagai senjata berikutnya. Berbeda dengan pegunaan deterje, baking soda tidak akan merusak kualitas karpet Anda ketika bekerja untuk menghilangkan noda di serat karpet.

6. Menggunakan Sikat Halus

Ketika berusaha untuk menghilangkan noda yang membandel di serat karpet, Anda dapat menggunakan sikat halus. Pengunaan sikat akan dapat membantu proses pengangkatan noda dengan lebih baik. Tetapi, jangan asal menggunakan sikat. Pastikan Anda menggunakan sikat halus yang tidak akan merusak serat karpet.

7. Menggunakan Bedak Bayi

Mencuci karpet tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan noda tetapi juga bau. Untuk membantu Anda menghilangkan bau dari karpet dengan efektif, Anda bisa menggunakan bedak bayi. Penggunaan bedak bayi dapat menetralkan bau tak sedap yang muncul dari karpet Anda dengan efektif.

8. Jemur Di Tempat Berangin

Setelah melalui semua proses, sekarang saatnya Anda menjemur karpet Anda. Pastikan Anda menjemur karpet di tempat yang berangin.

Jika Anda berpikir untuk menjemur karpet di bawah sinar matahari, maka ada baiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Menjemur karpet langsung di bawah sinar matahari dapat berdampak buruk pada kualitas warna karpet Anda.

Itulah dia berbagai tips dan cara membersihkan karpet yang dapat Anda terapkan. Karpet adalah salah satu furnitur yang sering berkontak dengan debu dan kotoran. Oleh karena itu, cuci karpet Anda secara reguler. Dengan begitu, Anda dapat memastikan kalau karpet di rumah Anda selalu berada dalam kondisi yang terbaik.

Baca juga: 3 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur dengan Mudah dan Efektif


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
22 Nov 2018

Related Article