Atap & Lantai

3 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu dan Perawatannya

Media
07 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lantai parket atau disebut dalam bahasa Perancis disebut dengan parquet adalah jenis penutup lantai berbahan dasar kayu. Parket memiliki desain motif yang beragam, mulai dari yang kompleks hingga minimalis.

Lantai parket saat ini mulai banyak digemari, apalagi saat ini banyak apartemen dan rumah bergaya minimalis yang bermunculan. Namun harus diingat bahwa lantai parket perlu perawatan dan pembersihan rutin dan ekstra supaya tetap tampil cantik.
 

Perawatan Lantai Parket Kayu

  1. Jaga supaya lantai parket Anda tetap kering. Jika ada tumpahan air, segeralah dilap dengan kain lap microfiber supaya tidak menyerap ke dalam lantai parket.
  2. Lapisi lantai parket Anda dengan cairan anti air. Hal ini akan memperpanjang umur lantai parket Anda.
  3. Jika ada tumpahan makanan atau remah-remah makanan, segera bersihkan dengan kertas tissue dan lap dengan kain microfiber.
  4. Lapisi area yang ramai lalu-lalang dengan karpet untuk menghindari goresan.
  5. Jika membersihkan lantai parket, pindahkan perabotan. Hal ini akan meratakan warna permukaan lantai parket. Pastikan tidak menggeser perabotan, karena akan menggores lantai parket.
     

Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu Secara Rutin

  1. Bersihkan debu dan partikel-partikel pasir atau kotoran padat yang terbawa masuk ruangan dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner). Penyedot debu mampu mengangkat debu dan kotoran dari sela-sela motif dan sambungan parket.
  2. Sapulah lantai perket dengan menggunakan sapu biasa ataupun sapu khusus dry mop. Beberapa merk dry mop memiliki kertas pembersih khusus parket dan lantai kayu. Menyapu akan membersihkan debu dan kotoran yang lolos dari penyedot debu.
  3. Jika lantai parket sudah diberi lapisan coating anti air, pel dengan air hangat. Gunakan kain pel yang lembab dengan sedikit mungkin air. Lakukan ulang untuk mengangkat air sisa dari lantai parket hingga kering sempurna.
     

Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu dari Noda Membandel

  1. Lakukan perawatan rutin seperti biasa.
  2. Gunakan larutan pembersih khusus kayu dan parket yang banyak di pasaran. Pastikan membaca petunjuk penggunaannya sebelum membubuhkannya ke atas lantai parket!
  3. Lap dengan menggunakan kain microfiber. Jangan gunakan kain berserat kasar, karena noda tidak hilang, lantai parket Anda malahan tergores.
  4. Pel kembali lantai parket Anda.

Jika Anda sedang mencari lantai parket dengan kualitas tinngi, klopmart tersedia layanan Jual Lantai Kayu Parket (Parquete) untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Selamat menikmati lantai parket Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya