Pompa dan Pipa

9 Cara Pasang Jet Pump yang Sesuai Standar dan Mudah Dilakukan Sendiri

Media
11 Nov 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara Pasang Jet Pump ternyata menjadi pengetahuan yang sangat berguna ketika diperlukan. Peranan pompa air sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Pompa air sendiri memiliki kegunaan untuk mengalirkan air dari sumber air menuju tempat di mana air tersebut akan digunakan. Oleh karena itu, pemasangan pompa air tidak boleh sembarangan.


Apa itu Pompa Air / Jet Pump?

Pompa air, atau yang biasa disebut jet pump merupakan hal yang vital untuk dipasang dengan baik. Jet pump sendiri adalah pompa yang paling sering digunakan untuk masyarakat luas. Jet pump merupakan alat penting karena menyediakan sumber air bagi banyak orang.

Jet pump terdiri dari baling-baling penyedot air dan penyemprot air, alat ini juga ditunjang oleh motor listrik dengan daya yang besar.

Jet pump dapat menggapai kedalaman sumber air hingga 9 meter. Biasanya, jet pump digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. Untuk dapat menggunakan jet pump, sumur yang dimiliki harus berdiameter 4 meter. Sumur yang berdiameter lebih kecil dari itu tidak bisa dimasuki alat jet pump.

Memilih Jet Pump yang Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih jet pump yang cocok untuk rumah Anda, harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli jet pump adalah kemampuan pompa dan kedalaman sumur yang dimiliki. Contohnya, apabila kedalaman sumur yang dimiliki di rumah adalah 15 meter, maka harus membeli jet pump yang paling tidak memiliki daya hisap 30 meter.

Apabila memiliki sumur yang tidak terlalu dalam, maka tidak usah menggunakan jet pump dengan daya hisap yang terlalu tinggi. Semakin tinggi daya hisap jet pump, maka semakin tinggi pula harga pompa dan daya listrik yang perlu digunakan. Oleh karena itu, membeli jet pump harus disesuaikan dengan sumur yang dimiliki terlebih dahulu.

Anda juga dapat memahami jenis-jenis pompa air termasuk pompa air sumur dangkal di dalam artikel berikut ini "Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya".

Cara Memasang Pompa Air Jet Pump yang Benar

Berikut ini cara pasang jet pump yang dapat Anda ikuti di rumah:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Cara pasang pompa air (jet pump) yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasang pompa air jet pump adalah sebagai berikut:

  • Gergaji besi
  • Mata jet pump
  • Pipa PVC  ukuran 1 inch dan ¾ inch
  • Sambungan pipa ukuran 1 inch
  • Tusen klep
  • Lem pipa
  • Penghubung pipa (sock)
  • Pompa air jet pump
  • Shock drat (penghubung pipa dan drat)
  • Seal tape

Sebagai informasi tambahan, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda pada saat memasang pompa air (jet pump), jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ya. Alat pelindung diri ini akan melindungi tangan Anda dari alat dan bahan yang berbahaya bagi tubuh Anda.

​Baca juga: Jet Pump Sering Ngempos? Begini Cara Tepat Mengatasinya

2. Menyambungkan Tusen Klep dengan Saringan

Langkah pemasangan mesin pompa air (jet pump) berikutnya adalah menyambungkan tusen dengan klep saringan. Nah, untuk mencegah kebocoran, Anda dapat menggunakan seal tape.

3. Gunakan Sock Drat Luar (SDL)

Pada saat menyambungkan tusen klep gunakan sock drat luar (SDL). SDL tersebut kemudian disambungkan dengan pipa, dan disambungkan dengan SDL lagi yang akhirnya digabungkan dengan mata jet bagian bawah.

4. Menyambungkan Sock Drat Lain pada Mata Jet

Selanjutnya, ambil sock drat lain dan sambungankan lagi pada mata jet.

5. Gabung SDL dengan Pompa Air Jet Pump

SDL digabungkan dengan pompa air, lalu pipa dorong disambungkan pada pipa hisap. Jangan lupa menggunakan lem dan seal tape saat menyambungkan pipa atau drat, agar dapat melekat dengan sempurna.

6. Gabung Pipa dengan Sock Drat

Cara memasang pompa air (jet pump) selanjutnya menggabungkan pipa ukuran 1.25 dengan sock drat mereka masing-masing.

Setelah menyambungkan semuanya, tes terlebih dahulu apakah ada kebocoran pada pipa. Tes dapat dilakukan dengan mengalirkan air, atau juga bisa dengan cara meniup pipa.

7. Masukkan Pipa Ke Sumur

Berikutnya masukkan pipa ke dalam sumur. Apabila kurang panjang, maka bisa menyambungkan dengan pipa lainnya agar lebih panjang.

8. Sambungan Pipa Hisap dengan Pipa Dorong

Cara memasang pompa air jet pump yang terakhir yaiu menyambungkan pipa hisap dan pipa dorong dengan sambungan pip pvc bengkok dan menyambungkan pipa keluar dengan keran.

9. Jet Pump Siap Digunakan

Setelah semua langkah-langkah di atas dilakukan, selamat jet pump Anda telah siap digunakan untuk kebutuhan air sehari-hari.

Baca juga: Pilihan Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik

Demikianlah alat dan langkah-langkah untuk pemasangan jet pump. Pemilihan dan pemasangan jet pump tidak bisa dilakukan sembarangan, karena nantinya dapat menyebabkan kebocoran dan air tidak bisa mengalir dengan baik. Oleh karena itu, pemasangan jet pump harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan presisi agar mendapatkan hasil yang baik pula.


Apabila Anda ingin memasang jet pump di rumah, silakan persiapkan alat dan ikuti langkah pemasangan jet pump di atas. Selamat mencoba!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya