Cara Pasang Jet Pump

Cara Pasang Jet Pump ternyata menjadi pengetahuan yang sangat berguna ketika diperlukan. Peranan pompa air sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Pompa air sendiri memiliki kegunaan untuk mengalirkan air dari sumber air menuju tempat di mana air tersebut akan digunakan. Oleh karena itu, pemasangan pompa air tidak boleh sembarangan. Pompa air, atau yang biasa disebut jet pump merupakan hal yang vital untuk dipasang dengan baik.

Jet pump sendiri adalah pompa yang paling sering digunakan untuk masyarakat luas. Jet pump merupakan alat penting karena menyediakan sumber air bagi banyak orang. Jet pump terdiri dari baling-baling penyedot air dan penyemprot air, alat ini juga ditunjang oleh motor listrik dengan daya yang besar.

Jet pump dapat menggapai kedalaman sumber air hingga 9 meter. Biasanya, jet pump digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. Untuk dapat menggunakan jet pump, sumur yang dimiliki harus berdiameter 4 meter. Sumur yang berdiameter lebih kecil dari itu tidak bisa dimasuki alat jet pump.

Dalam memilih jet pump yang cocok untuk rumah Anda, harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli jet pump adalah kemampuan pompa dan kedalaman sumur yang dimiliki. Contohnya, apabila kedalaman sumur yang dimiliki di rumah adalah 15 meter, maka harus membeli jet pump yang paling tidak memiliki daya hisap 30 meter.

Apabila memiliki sumur yang tidak terlalu dalam, maka tidak usah menggunakan jet pump dengan daya hisap yang terlalu tinggi. Semakin tinggi daya hisap jet pump, maka semakin tinggi pula harga pompa dan daya listrik yang perlu digunakan. Oleh karena itu, membeli jet pump harus disesuaikan dengan sumur yang dimiliki terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  • Gergaji besi
  • Mata jet pump
  • Pipa PVC  ukuran 1 inch dan ¾ inch
  • Sambungan pipa ukuran 1 inch
  • Tusen klep
  • Lem pipa
  • Penghubung pipa (sock)
  • Pompa air jet pump
  • Shock drat (penghubung pipa dan drat)
  • Seal tape

‚ÄčBaca juga: Jet Pump Sering Ngempos? Begini Cara Tepat Mengatasinya
 

Langkah pemasangan jet pump

1. Menyambungkan tusen klep dengan saringan. Untuk mencegah kebocoran, Anda dapat menggunakan seal tape.

2. Tusen klep disambungkan dengan sock drat luar (SDL).

3. SDL tersebut kemudian disambungkan dengan pipa, dan disambungkan dengan SDL lagi yang akhirnya digabungkan dengan mata jet bagian bawah.

4. Menyambungkan sock drat lain pada mata jet.

5. SDL digabungkan dengan pompa air, lalu pipa dorong disambungkan pada pipa hisap. Jangan lupa menggunakan lem dan seal tape saat menyambungkan pipa atau drat, agar dapat melekat dengan sempurna.

6. Pipa ukuran 1.25 lalu digabungkan dengan sock drat mereka masing-masing.

7. Setelah menyambungkan semuanya, tes terlebih dahulu apakah ada kebocoran pada pipa.Tes dapat dilakukan dengan mengalirkan air, atau juga bisa dengan cara meniup pipa.

8. Memasukan pipa ke sumur. Apabila kurang panjang, maka bisa menyambungkan dengan pipa lainnya agar lebih panjang.

9. Menyambungkan pipa hisap dan pipa dorong dengan sambungan bengkok, dan menyambungkan pipa keluar dengan keran. Setelah itu, jet pump siap digunakan untuk kebutuhan air sehari-hari.

Demikianlah alat dan langkah untuk pemasangan jet pump. Pemilihan dan pemasangan jet pump tidak bisa dilakukan sembarangan, karena nantinya dapat menyebabkan kebocoran dan air tidak bisa mengalir dengan baik. Oleh karena itu, pemasangan jet pump harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan presisi agar mendapatkan hasil yang baik pula.

Apabila Anda ingin memasang jet pump di rumah, silakan persiapkan alat dan ikuti langkah pemasangan jet pump di atas. Selamat mencoba!

Baca juga: Pilihan Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Nov 2019

Related Article