Lampu & Listrik

MCB Posisi On Tapi Listrik Mati, Kenapa?

Media
08 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


MCB atau meteran listrik posisi on tapi listrik mati? Kira-kira apa penyebab listrik mati tapi meteran tetap menyala ya? MCB (Miniature Circuit Breaker) atau yang sering disebut sebagai meteran aliran listrik menjadi bagian penting dalam alur kelistrikan pada sebuah bangunan. Perangkat elektromekanikal ini berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari arus yang berlebihan. Dapat dikatakan bahwa MCB dapat memutuskan arus listrik secara otomatis. Faktor penyebabnya adalah arus listrik yang melewati MCB tersebut melebihi nilai yang ditentukan.

Namun saat arus dalam kondisi normal, MCB dapat berfungsi sebagai saklar yang bisa menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual. Namun, jika MCB berada pada posisi on, namun listrik mati, maka apa yang terjadi?

6 Alasan MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

MCB pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan Sekering (FUSE) yaitu memutuskan aliran arus listrik saat terjadi gangguan kelebihan arus. Kelebihan arus listrik ini bisa dikarenakan adanya hubungan singkat (Short Circuit) ataupun beban lebih (Overload). Namun MCB ini bisa kembali dinyalakan saat rangkaian listrik sudah normal, sedangkan fuse/sekering yang terputus akibat gangguan kelebihan arus tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Namun, seringkali terjadi ketika posisi MCB on, namun tidak ada listrik yang menyala. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Kabel Twist yang Tidak Kencang

Kabel twist adalah kabel listrik dari tiang PLN ke rumah Anda. Disaat kabel ini berada pada posisi longgar, listrik yang menuju ke rumah tidak akan tersampaikan. Sehingga rumah tidak mendapat pasokan listrik. Bila Anda menggunakan instalasi listrik dengan kWh meter Pascabayar, pastikan pulsa listrik di rumah Anda tidak habis. Namun bila pulsa listrik masih ada dan listrik tetangga menyala serta layar pada kWh meter juga mati, bisa dipastikan kabel twist longgar. Segera hubungi pihak PLN untuk bisa mengatasi penyebab yang satu ini.  

2. kWh Meter yang Tidak Terhubung dengan MCB

Putus atau terlepasnya kabel dari kWh meter ke MCB juga bisa menjadi penyebab listrik dalam rumah padam padahal posisi MCB tetap on. Jika Anda mengalami kejadian yang satu ini, maka yang harus bertanggung jawab adalah PLN. Anda bisa minta bantuan ke petugas PLN lewat kontak layanan yang disediakan.

Baca juga: 10 Cara Cegah Korsleting dan Tangani Bau Kabel Terbakar
 

3. Jalur Instalasi Dari MCB ke Rumah Rusak

Jika tidak ada pemadaman serentak alur posisi MCB on dan kWh meter masih menyala namun listrik dalam rumah padam, alasan berikut ini bisa menjadi penyebabnya. Besar kemungkinan jalur atau kabel instalasi listrik dari MCB ke rumah mengalami kerusakan. Hubungi ahli kelistrikan jika Anda tidak paham mengenai hal ini karena untuk memperbaikinya cukup berisiko.
 

4. Kualitas MCB

MCB posisi on tapi listrik mati bisa juga disebabkan oleh penurunan kualitas MCB. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang panjang, tentu kualitasnya akan menurun. Bila masalahnya demikian, Anda bisa mencari penggantinya sendiri. Untuk pemasangan bisa dengan mencari ahli kelistrikan jika tidak paham akan hal ini. 

Baca juga: Rekomendasi Merk Kabel Listrik Terbaik

5. kWh Meter PLN Menunjukan Layar Periksa

Bila terjadi kerusakan pada kWh meter maka listrik dalam rumah tentu saja akan mati. Kerusakan ini ditandai dengan munculnya tulisan periksa atau Error pada layar kWh meter. Segera hubungi PLN untuk bisa mengatasi hal yang satu ini.

Itu dia berbagai alasan kenapa listrik rumah Anda bisa mati padahal MCB masih menyala. Semoga informasi mengenai MCB posisi on tapi listrik mati ini bisa berguna, dapatkan juga informasi harga kabel listrik 1 roll dari Klopmart yang bisa berguna untuk Anda.

6. Pemadaman Listrik Oleh PLN

Ketika terjadi pemadaman listrik bergilir, MCB tetap dalam posisi on meskipun aliran listrik terputus. Ini terjadi karena pemadaman listrik di wilayah rumah Anda, menyebabkan listrik di rumah mati secara massal. Untuk memastikan apakah ini benar-benar pemadaman, Anda dapat mengeceknya dengan bertanya kepada tetangga atau menghubungi pihak PLN setempat.

Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan penerangan bangunan Anda di Klopmart! Dari lampu-lampu hemat energi hingga desain inovatif, kami menyediakan beragam pilihan lampu yang cocok untuk segala jenis ruang. Kunjungi sekarang untuk menemukan lampu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan bangunan Anda.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya