3 Macam-Macam Talang Air untuk Rumah Anda, Mana yang Cocok?

Tahukah Anda, ada macam-macam talang air sesuai material yang digunakan? Variasi material talang air ini hendaknya jadi pertimbangan penting sebelum membangunnya. Pertimbangan tersebut bukan sekedar soal preferensi, melainkan pula perkara harga serta sifat material talang air tersebut.

promosi klopmart

Pemilik rumah sebaiknya memasang talang air karena membawa manfaat yang banyak. Tampilan dinding eksterior akan terjaga saat hujan sebab airnya langsung mengalir ke dalam pipanya. Dinding bebas dari masalah jamur dan lumut yang membuat tampilannya semakin lapuk. Air hujan yang turun langsung mengalir menuju selokan atau saluran pembuangan hingga tidak mengenai dinding.

Macam-Macam Talang Air yang Bisa Anda Pilih

Pembangunan talang air dalam rumah harus disertai pertimbangan yang matang, seperti materialnya. Setelah memilih material, diperlukan pula ukuran bahan yang tepat untuk membangun talang air. Pastikan posisi talang airnya tidak terlalu jauh dari atap atau kanopi, sehingga air mudah mengalir dari bagian rumah tersebut.

Umumnya, ada tiga jenis talang air berdasarkan material pembuatannya. Semua bahan tersebut sama-sama berguna untuk membangun talang air, tapi memiliki kelebihan atau kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Mengenal Karpet Talang Air yang Bagus Untuk Melindungi Rumah Anda

Apa saja jenis talang air yang umum dibangun untuk rumah? Bacalah ulasan lengkap dari Klopmart tentang macam-macam talang air berdasarkan varian material pembuatannya sebagai pertimbangan Anda.

1. Talang Air Beton

Material talang air ini lebih tua yang lainnya. Anda biasa menemukan talang air beton di rumah kuno atau bangunan berusia puluhan tahun. Keunggulan material ini tidak diragukan lagi, mengingat beton adalah bahan yang kuat. 

Talang air beton bentuknya lebih keras dan tidak mudah hancur, jadi sifatnya tahan lama. Belum lagi, perawatan talang air beton sangat mudah. Kapasitas tampungan airnya besar karena dibuat sendiri sesuai kebutuhan ukurannya. Tidak ada suara berisik yang muncul saat air mengalir melewati talang air beton ini.

Hanya saja, pembangunan talang air beton membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus mencampur semen, pasir, dan kerikil untuk membuat material ini. Pemasangannya tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan bentuk atapnya. Jangan lupakan pula bobot talang air yang cukup berat, jadi dibutuhkan biaya pemasangan yang besar.

Baca juga: Tips Membuat Ukuran Talang Cor Beton yang Sesuai Standar

2. Talang Air Logam

Saat ini, orang mendambakan cara praktis untuk membangun talang air. Salah satunya adalah memanfaatkan logam sebagai salah satu materialnya. Biasanya, logam yang dipilih berupa seng atau aluminium.

Harga logam yang murah membuat banyak orang memilih material ini untuk membangun talang air. Belum lagi, sifat logam yang fleksibel, jadi bisa dibentuk sesuai kebutuhan talang airnya. Sifat logam yang ringan membuat proses pembangunan talang air jadi lebih efisien.

Risikonya, talang air logam lebih cepat menyerap panas, jadi hindari bahan ini kalau Anda tinggal di daerah perkotaan bersuhu tinggi. Saat hujan, aliran airnya akan menimbulkan suara berisik yang cukup mengganggu. Kesalahan memilih jenis logam akan berujung pada talang air yang mudah berkarat.

Baca juga: 7 Jenis Talang Air Untuk Rumah Anda

3. Talang Air PVC

Terakhir, ada pula talang air dari pipa paralon atau sering dikenal PVC. Material ini populer digunakan sebagai talang air untuk rumah di Indonesia. Harga yang terjangkau menjadi alasan utama pipa paralon dipilih untuk membangun talang air.

Pipa PVC memang berbobot ringan, tapi keunggulannya tidak kalah jika dibandingkan dengan logam. Materialnya keras dan tahan lama, jadi awet digunakan sebagai talang air. Tidak ada suara berisik yang timbul dari aliran air saat hujan.

Kelemahannya, pipa PVC rentan patah atau rusak apabila terkena panas matahari langsung. Biaya perawatannya cukup tinggi, jadi usahakan untuk merawat material ini secara berkala.

Baca juga: Begini Cara Memasang Talang Air dari Pipa Paralon

Apabila sudah mantap memilih talang air paralon, Anda bisa membeli materialnya dengan mudah secara online. Dapatkan harga talang PVC grosir dan terjangkau hanya di website Klopmart. Kualitas pipa PVC kami tidak perlu diragukan lagi, Anda akan mendapatkan talang air yang awet dan tahan lama dari material ini.

perlengkapan sanitary ware

Manakah material preferensi Anda dari macam-macam talang air ini?

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya