Tips & Trik

5 Cara Membuat Ayunan Bayi dari Besi Tanpa Ribet

Media
15 Nov 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ayunan merupakan mainan yang menjadi favorit  anak-anak. Terdapat banyak bahan untuk membuat ayunan mulai dari kayu, anyaman bambu, ban karet, hingga besi. Ayunan bisa digunakan untuk anak anda bermain dan menikmati waktunya di rumah. Untuk mewujudkan ini, Anda bisa membuatkan ayunan sendiri di rumah.

Bahan yang paling aman digunakan untuk membuat ayunan adalah dari besi. Selain karena lebih berat, sehingga saat mengayun tidak akan terlalu kencang dan tinggi, bahan dari besi juga akan lebih awet dan aman digunakan anak bermain dalam waktu yang lama.

Ayunan bayi pinggirannya dibuat agak tinggi dan mirip dengan bentuk bak mandi. Hal ini agar bayi tetap terletak nyaman dan aman di dalam ayunan. Ayunan bayi dari besi cukup ditali pada bagian depan kanan, kiri dan belakang kanan, kiri yang ujung talinya dikaitkan dengan molangan tiang emperan.

Untuk membuatkan anak Anda ayunan, Anda bisa simak cara membuat ayunan bayi dari besi berikut ini yang mudah untuk dilakukan di rumah.

Simak cara membuat ayunan bayi dari besi berikut ini!

Siapkan Bahan

Cara membuat ayunan bayi dari besi adalah dengan menyiapkan bahan untuk membuat ayunan. Siapkanlah pipa paralon yang mempunyai dinding pipa yang tebal. Sipkanlah paralon ukuran 1 inchi sebanyak 2 potong untuk rangka, ukuran 0,5 inchi untuk pagar sebanyak 1 potong  sepanjang 4 meter, dan ukuran 1,5 inchi untuk kaki penyangga sepanjang 2 meter.

Siapkan juga pipa besi ukuran 0,5 inchi sebagai alas. Lalu, siapkan pula baut dan mur untuk fiksasi dan tripleks ukuran 70 x 40 cm untuk alas. Semua bahan tadi digunakan untuk membuat ayunan bayi dengan panjang 80 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm.


Siapkan Alat

Cara membuat ayunan bayi dari besi adalah dengan juga menyiapkan alat yaitu gergaji pipa atau besi, meteran, amplas 0,5, pengaris, pensil, sumber api untuk memanaskan pipa besi, dan kikir yang dipanaskan atau solder untuk melubangi pipa-pipa.

Lubangi Paralon

Cara membuat ayunan bayi dari besi adalah dengan melubangi paralon menggunakan besi panas. Pipa besi yang digunakan untuk alas dipotong dengan panjang 50 cm sebanyak 5 buah. Lalu, pipa paralan 1,5 inchi untuk pagar pengaman dipotong lebih kecil panjang 30 cm sebanyak 6 buah untuk sisi lebar, dan panjang 18 cm sebanyak 12 buah untuk sisi yang memanjang.

Ukur dan Potong

Cara membuat ayunan bayi dari besi berikutnya adalah dengan mengukur dan memotong pipa paralon 1 inchi unuk rangka sepanjang 8 cm sebanyak 6 buah, 4 paralon yang dilubangi sebanyak 6 uah untuk pagar, 2 paralon dilubangi sebanyak 5 buah untuk alas. Lalu, pipa paralon 1,5 inchi dipotong dengan panjang 50 cm sebanyak 4 buah untuk kaki penyangga. Lubangi pipa ini berdasarkan posisi pagar dan juga alas yang sudah dirakit.


Rakit dan Haluskan

Cara membuat ayunan bayi dari besi terakhir adalah dengan merakit pagar, kaki, dan alas ayunan. Untuk hasil yang lebih aman, Anda bisa mengisi lubang-lubang dan perhalus pinggiran tiap bagian ayunan untuk hasil yang lebih halus dana man digunakan bagi anak Anda. Fungsi penghalusan ini juga untuk menghindari anak Anda dari luka gores saat bermain di ayunan ini.

Itulah cara membuat ayunan bayi dari besi yang mudah, aman, dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri, Anda bisa bereksperimen dengan bentuk atau warna ayunan yang akan Anda buat di rumah. Selamat mencoba!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya