Cara Kerja Jet Pump yang Perlu Diketahui sebelum Membelinya

Penggunaan pompa air jet pump telah menjadi hal yang umum di banyak perumahan. Hal ini bukan tanpa alasan. Mesin pompa air ini menawarkan kelebihan dalam hal pengadaan air bersih di sebuah bangunan.

Dengan menggunakan pompa air jet pump, Anda akan dapat lebih cepat mendapatkan air bersih serta dapat menarik air bersih dari lokasi yang lebih dalam. Untuk dapat memanfaatkan mesin pompa air ini, Anda harus tahu terlebih dahulu cara kerja jet pump.

Cara kerja pompa air satu ini sebenarnya sangat simpel. Dengan bantuan mesin, pompa air ini dapat menarik air dengan lebih baik serta lebih dalam. Mesin pompa air ini sendiri terdiri dari dua jenis: semi jet pump dan jet pump. Perbedaan keduanya terletak pada jumlah dan kepanjangan pipa hisap.


Untuk memahami bagaimana cara kerja pompa air jet pump, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Kerja Jet Pump

Sebelum membahas mengenai cara kerja jet pump, mari kita bahas dulu mengenai bagian-bagian jet pump itu sendiri. Jet pump terdiri dari baling-baling penyedot air dan alat penyemprot yang memiliki daya tekan tinggi. Alat ini bekerja menggunakan daya motor listrik dengan tenaga yang besar.

Jet pump sendiri pada dasarnya berfungsi untuk mengambil air dari sumber air (tempat yang dalam) dan membawanya ke permukaan sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Jet pump membantu orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih tanpa harus menimba air sumur setiap harinya.

Sistem utama yang diterapkan pada jet pump adalah sistem ejector. Pada intinya, sistem ini akan membuat adanya perubahan tekanan yang kemudian akan mengangkat air dari bawah menuju atas. Tekanan tersebut dihasilkan oleh aliran media, bisa dalam bentuk cairan maupun gas. Selain itu, jet pump juga memiliki motor dengan dua fasa dan dilengkapi kapasitor yang fungsinya untuk menggeser fasa.

Pompa air jet pump memiliki kemampuan untuk mengangkat dan mendorong air dengan kedalaman sampai 20 m. Jet pumps dapat terganggu fungsinya apabila air yang disedot mengandung kotoran, limbah, dan pasir. Bahan-bahan tersebut dapat mengikis jet pump dan menyebabkan kerusakan. Kotoran, limbah, dan pasir dapat mengganggu bagian-bagian mekanik dari jet pump.

Bagian-bagian mekanik tersebut akan terkikis dan rusak. Apabila memang air yang akan disedot merupakan air yang kotor, maka disarankan untuk menggunakan jenis pompa lainnya. Ada pompa lain yang memang berfungsi khusus untuk menyedot air yang kotor.

Keunggulan Mesin Pompa Air Jet Pump

Ada beberapa keuntungan yang bisa diberikan jet pump apabila dibandingkan dengan pompa lainnya. Salah satu keunggulan jet pump yang paling mencolok adalah kemampuan jet pump untuk menghisap air yang jauh lebih dalam.

Jet pump sendiri dapat menyedot air dengan kedalaman 9 m sampai 20 m di bawah permukaan tanah. Dikarenakan keunggulannya ini, maka jet pump sering dipakai di dataran tinggi. Saat digunakan di dataran tinggi, jet pump dapat menghisap air di daerah yang lebih dalam sehingga sangat efektif.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik

Selain itu, pompa air jet pump memiliki keunggulan lain berupa saluran hisapnya. Saluran hisap pada jet pump terdiri dari dua saluran hisap yang memiliki ukuran berbeda. Pompa jet pump juga memiliki sistem tambahan yang lebih canggih dan tidak ada pada pompa lainnya.

Sistem tambahan ini membuat jet pump dapat menghasilkan air dengan jumlah yang lebih besar daripada pompa lain. Selain jumlah air yang lebih banyak, sistem jet pump juga membuat semburan air yang dikeluarkan menjadi lebih kuat. Semakin tinggi kekuatan semprotan dari jet pump, maka semakin tinggi pula daya listrik dan harga yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya

Itulah dia cara kerja jet pump serta keunggulannya yang harus Anda ketahui. Air merupakan kebutuhan utama bagi semua orang. Dengan menggunakan pompa jenis jet pump, Anda dapat mengambil air dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda.

Sebelum memilih jet pump, pastikan Anda mengetahui kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal di dataran rendah, Anda bisa memilih pompa semi jet pump, sementara di dataran tinggi, Anda di sarankan memilih pompa air jet pump.

Kemudian hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam proses instalasi air selain kualitas mesin jet pump adalah kualitas pipanya karena tanpa pipa yang berkualitas, maka aliran air bisa saja terkena masalah.

Menariknya, Klopmart menyediakan pipa berkualitas dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca seperti pipa PVC Rucika. Tidak perlu mengantre, Anda bisa berbelanja secara online dan barang akan langsung dikirimkan ke lokasi yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website Klopmart.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya