Atap & Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Parket yang Perlu Dipertimbangkan

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Meski asing ketika mendengar lantai kayu parket, tetapi Anda pasti akan sangat familier dengan bentuk dan tampilannya.

Apalagi, saat ini hampir seluruh rumah hunian memanfaatkan kayu parket di bagian lantainya karena dapat membuat ruangan tampak rapi dan bersih. Dari segi estetika pun, lantai kayu parket memiliki tampilan yang menarik.

promosi klopmart

Sebelum memilihnya untuk melengkapi konstruksi rumah, alangkah lebih baiknya jika Anda mengenal lebih dalam terlebih dahulu tentang lantai parket kayu.

Tenang saja, Klopmart akan memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang lantai kayu parket lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Lantai Kayu Parket?

Apa Itu Lantai Kayu Parket?

Lantai kayu parket atau parquet adalah jenis lantai yang terbuat dari potongan kayu atau dari material yang tekstur serta tampilannya menyerupai kayu.

Sejarah nama parket sendiri berasal dari kata parqueterie dari Perancis dan sudah ada sejak tahun 1600. Lantai parket dulunya merupakan bahan flooring yang mewah dan bisa ditemukan di Versailes dan Grand Trianon. Tetapi berkat teknologi, parket sekarang sudah bisa dinikmati di mana-mana.

Kayu parket biasanya disusun membentuk pola geometris dan dipasang pada permukaan lantai untuk mempercantik tampilan interior sebuah ruangan. 

Jika menggunakan yang kayu asli, lantai parket biasanya hanya memanfaatkan kayu dengan kualitas tinggi dan diolah secara khusus untuk menghasilkan produk yang tahan lama dan estetis.

Selain itu, lantai parket sendiri dapat menambah kehangatan pada interior rumah atau gedung dan bisa diaplikasikan juga pada berbagai jenis ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, hingga ruang kerja.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu? Yuk kita pahami satu per satu.

Baca juga: 10 Jenis Lantai Rumah yang Menarik untuk Anda

Kelebihan Lantai Parket

Kelebihan Lantai Kayu Parket

Interior menjadi bagian konstruksi rumah yang tak kalah penting. Untuk itu, setiap pemilihan material yang digunakan perlu pertimbangan yang matang, termasuk pada bagian lantainya.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang bisa menjadi alasan mengapa Anda sebaiknya memilih kayu parket sebagai lantai rumah Anda:

1. Menambah Nilai Estetika

Lantai kayu parket menawarkan keindahan yang tak tertandingi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Kesan hangat dan alami yang dihasilkan oleh kayu dapat memberikan sentuhan elegan, nyaman pada interior rumah atau gedung. 

Pola yang dihasilkan oleh susunan potongan kayu yang teratur dan rapi juga dapat memberikan tampilan yang unik, elegan, dan menarik. Tak perlu khawatir, lantai kayu parket ini dapat menyatu pada segala jenis desain interior ruangan.

2. Tahan Lama dan Tahan Noda

Perlu diketahui bahwa lantai kayu parket dibuat dari jenis kayu atau material yang menyerupai dengan ketahanan yang baik dan kuat sehingga lebih awet.

Selain itu, lantai kayu parket juga tahan noda menempel sehingga sangat cocok untuk digunakan pada ruangan yang sering dilalui seperti ruang tamu atau kamar tidur. 

Hal ini tentu juga didukung dengan perawatan yang tepat agar lantai kayu parket dapat bertahan lebih lama. Cara merawatnya cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin dan memastikan bahwa seluruh kotoran dan debu halus di atasnya telah hilang. Jika basah, cukup bersihkan dengan kain lap yang lembut.

3. Non Alergen

Bagi Anda yang kerap alergi pada debu atau alergi lainnya, lantai kayu parket bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, berbeda dengan jenis lantai lainnya, lantai kayu parket tidak membuat kotoran dan debu menempel di atasnya, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Jadi, Anda tidak akan lagi merasa terganggu dengan kotoran atau pemicu alergi lainnya seperti serbuk bunga, hama, dan lain sebagainya.

4. Beragam Pilihan Warna dan Ukuran

Lantai kayu parket tersedia dalam berbagai jenis kayu, ukuran, dan warna, sehingga hal ini memungkinkan Anda untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Selain itu, lantai kayu parket juga dapat diolah dengan berbagai teknik finishing seperti cat, lapisan pelindung, atau penyegelan yang dapat membuat kayu terlihat lebih cerah atau memberikan efek matte.

5. Penyaring Udara Alami

Keunggulan berikutnya adalah lantai parket kayu secara alami dapat menyerap dan melepaskan kelembaban dari udara, membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Ini dapat membantu mengurangi kelembaban berlebih dan memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

Baca juga: 5 Perbedaan Parket dan Vinyl, Mana yang Lebih Bagus?

Kekurangan Lantai Kayu Parket

Kekurangan Lantai Kayu Parket

Jika sebelumnya Anda telah mengenal berbagai kelebihannya, hal yang boleh dilupakan adalah mengenal berbagai kekurangan lantai kayu parket.

Seluruh kekurangan ini dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan apakah lantai parket masih tetap cocok digunakan pada konstruksi rumah Anda. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Harganya Cenderung Lebih Mahal

Memiliki berbagai kelebihan mulai dari material hingga menyajikan tampilan yang menawan membuat lantai kayu parket cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, seperti keramik atau vinyl

Pasalnya proses pengolahan kayu parket juga lebih rumit dan bahan baku yang digunakan pun lebih berkualitas. Pada dasarnya, harga lantai kayu parket ini bervariasi tergantung pada jenis kayu yang digunakan, ukuran, dan finishing yang dipilih.

2. Rentan terhadap Air

Sayangnya, lantai kayu parket memiliki ketahanan yang rentan terhadap kerusakan akibat air atau kelembaban. Jika terkena air dalam jumlah banyak, kayu dapat memuai dan menyebabkan retak atau deformasi pada lantai.

Oleh karena itu, lantai kayu parket tidak disarankan untuk digunakan pada ruangan yang sering terkena air seperti kamar mandi atau dapur dan di daerah dengan kelembapan yang tinggi.

3. Memerlukan Perawatan Khusus

Dari segi perawatan, meskipun mudah, tetapi lantai kayu parket juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama.

Berbeda dengan lantai keramik atau marmer yang memiliki ketahanan warna serta permukaan yang lebih lama dan lebih kuat, warna lantai kayu lebih cepat berubah.

Oleh karena itu, perawatan yang tepat seperti pembersihan teratur, penggunaan lap khusus, dan penghindaran dari bahan kimia yang keras dapat membantu menjaga kualitas lantai kayu parket. 

Jika tidak dirawat dengan baik, lantai kayu parket dapat mengalami kerusakan dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu dan Perawatannya

4. Pemasangan yang Rumit

Pemasangan lantai kayu parket memerlukan keahlian dan pengalaman khusus. Jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar, lantai kayu parket dapat mengalami kerusakan atau terlihat tidak rapi.

Selain itu, pemasangan lantai kayu parket juga memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Itu sebabnya, proses pemasangan sebaiknya dilakukan oleh tukang yang ahli di bidangnya.

Meskipun memiliki kekurangan seperti di atas, lantai kayu parket tetap menjadi pilihan yang populer bagi orang-orang yang mencari tampilan menawan dan kualitas yang tahan lama pada lantai rumah atau bangunan lainnya. 

Namun tetap saja, penting untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum membuat keputusan pada proses pembangunan. Pastikan Anda telah menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan budget

Selain itu, memilih penyedia jasa pemasangan yang berpengalaman dan tepercaya juga menjadi hal penting agar Anda bisa mendapatkan hasil pemasangan dan yang maksimal dan kualitas material yang terbaik. 

Untuk menjaga lantai kayu parket tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sangat penting untuk memberikan perawatan yang maksimal pada lantai kayu.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan cat pelindung lantai kayu terbaik dan berkualitas dari Klopmart, Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap.

Cat & Perlengkapan Klopmart

Selain cat pelindung kayu, Klopmart juga menyediakan berbagai kebutuhan bangunan Anda dengan harga yang terjangkau, pemesanan mudah, dan pengiriman yang cepat. Tunggu apalagi? Penuhi kebutuhan perlindungan lantai kayu parket Anda di Klopmart dan dapatkan gratis biaya pengiriman sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya