Atap & Lantai

Langkah-langkah Membuat Studio Musik di Rumah

Media
09 Jun 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagi Anda pecinta musik, membuat studio musik di rumah adalah impian yang ingin bisa diwujudkan. Walaupun sederhana, studio musik akan mendukung terciptanya suasana kondusif agar aktivitas bermusik Anda semakin produktif.

Faktanya, membuat studio musik di rumah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Selama Anda memiliki ruang yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan tempat bermusik, cita-cita sederhana ini dapat segera diwujudkan dengan langkah-langkah berikut.

Baca juga: Begini Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Benar

Tentukan ruang kosong yang akan digunakan

Memilih serta menyiapkan ruang kosong yang akan dialih-fungsikan sebagai studi musik Anda adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Untuk ukurannya, Anda tinggal menyesuaikan dengan alasan awal mengapa Anda membutuhkan studio musik di rumah. Apakah untuk kepentingan rekaman, berlatih instrumen musik, keduanya, atau ada kebutuhan yang lain. Ketika Anda telah mengetahui alasannya dengan jelas, Anda akan lebih mudah memilih ruangan mana atau ruangan sebesar apa yang akan digunakan.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan lokasi dari ruangan yang akan digunakan sebagai studio musik. Usahakan untuk mengambil posisi yang cukup jauh dari kamar dimana Anda dan anggota keluarga lain beristirahat, jauh dari tempat Anda beraktivitas, atau bercengkrama bersama. Carilah posisi yang kondusif dan tenang agar penghuni rumah tidak merasa terganggu ketika sedang melakukan aktivitas lainnya yang berlangsung di rumah.

Karena studio musik ini akan menjadi tempat Anda menghasilkan karya-karya musik, maka tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan view yang diberikan dari sebuah ruangan. Mengingat membuat studio musik di rumah tidak melulu harus dengan desain ruangan yang semuanya tertutup, Anda bisa menggunakan kaca tebal yang menjadi pembatas dengan view luar ruangan rumah Anda. Mendapatkan cahaya dari luar bisa memberikan kesegaran dan dapat memicu kreativitas Anda.

Buat ruang jadi kedap suara

Langkah membuat studio musik di rumah berikutnya adalah menjadikan ruangan tersebut menjadi kedap suara. Hal ini merupakan poin penting agar Anda dapat bermusik tanpa mengganggu aktivitas dan penghuni lainnya di dalam rumah. Manfaatkan material kedap suara yang paling sesuai dengan interior atau tema studio musik Anda, bisa berupa karpet, pelapis karet, atau material lainnya.

Pastikan juga langit-langit, dinding, hingga lantai studio Anda sudah terkondisikan dan dilengkapi material kedap suara. Apalagi jika Anda cenderung menggunakan alat musik yang berisik seperti drum. Semakin ramai kemungkinan suara yang akan dihasilkan, semakin kedap juga ruangan yang harus dipersiapkan.

Masukkan alat musik ke dalam ruangan

Setelah ruangan sudah siap, dan sudah dilengkapi dengan material kedap suara, Anda tinggal menata interior studio musik Anda ini. Termasuk membawa masuk setiap instrumen musik yang Anda miliki, serta peralatan studio lainnya. Lakukan pemasangan dan pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda agar menghasilkan studio musik rumah yang nyaman.

Selain alat musik, Anda juga bisa melengkapi studio musik Anda ini dengan beberapa pilihan furnitur yang dibutuhkan di sana, seperti meja dan kursi yang sesuai dengan interior studio musik. Anda dapat memilih furnitur yang bergaya minimalis untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin memberikan sentuhan “nostalgia” pada saat membuat studio musik di rumah. Anda bisa memasukkan beberapa koleksi CD, piringan hitam, atau music player yang Anda miliki sejak beberapa belas tahun yang lalu. Ciptakanlah interior yang sesuai dengan kepribadian Anda agar Anda bisa bekerja dengan nyaman dan memacu produktivitas serta kreativitas.

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan saat membuat studio musik di rumah adalah memperkirakan besaran anggaran yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mencatat semua keperluan dan prioritaskan mana yang harus dibeli terlebih dahulu, mana yang bisa diakali dengan hal lain, dan mana yang pembeliannya bisa ditunda. Pastikan Anda memiliki perencanaan yang matang agar membuat studio musik di rumah ke depannya akan lebih mudah.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya