Atap & Lantai

Langkah-Langkah Membuat Home Gym Sendiri

Media
31 Okt 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat ini gaya hidup sehat semakin banyak diminati masyarakat. Namun untuk bisa mewujudkannya, Anda memerlukan biaya besar. Mulai dari membayar catering makanan sehat hingga membayar keanggotaan di pusat kebugaran. Namun, untuk biaya yang kedua Anda bisa memangkasnya dengan cara membuat home gym sendiri.

Membuat home gym di rumah dianggap sebagai salah satu opsi terbaik. Selain untuk menghindarkan Anda dari biaya keanggotaan tempat fitness yang tak murah, Anda juga bisa dengan leluasa mengatur jam olahraga sendiri di rumah. Untuk bisa mewujudkannya, simak langkah-langkah membuat home gym berikut ini!

5 Langkah Mempersiapkan Ruangan untuk Membuat Home Gym Sendiri di Rumah

Membuat Home Gym Sendiri

Membuat home gym sendiri di rumah tidak harus repot. Dengan persiapan dan perencanaan yang baik, Anda dapat membuat home gym yang nyaman dan membuat Anda betah berolahraga di rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah simpel untuk mempersiapkan home gym Anda.

1. Siapkan Ruangan Khusus

Olahraga akan terasa semakin maksimal jika Anda mau menyediakan ruangan khusus untuk membuat home gym. Selain lebih leluasa, memisahkan ruang gym dengan area lain di dalam rumah juga bisa membuat peralatan olahraga Anda lebih terjaga.

Untuk membuat home gym sendiri di rumah, Anda bisa memanfaatkan bekas gudang atau kamar yang tidak terpakai. Dengan penataan yang baik, home gym ini akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu olahraga.

2. Pilih Peralatan Fitness dan Alat Olahraga yang Sesuai

Memilih olahraga apa yang ingin Anda lakukan akan mempermudah dalam memilih peralatan gym apa saja yang Anda butuhkan. Banyak orang yang sembarangan berbelanja, akhirnya harus mengembalikan lagi perlengkapan yang sudah terlanjur dibeli.

Menurut pakar fitness, Anda harus memiliki alat perlengkapan utama, sampingan, dan pelengkap. Ketiga kategori alat olahraga ini seringkali disebut sebagai main course, side dish, dan dessert. Sama halnya dengan makan, bila Anda memiliki budget yang terbatas, utamakanlah membeli main course dahulu, kemudian barulah mulai membeli side dish dan dessert.

Perlengkapan utama atau alat kategori main course adalah peralatan dasar yang wajib dipunyai apapun jenis latihan yang ingin Anda lakukan. Sebagai latihan dasar yang penting, perlengkapan compound exercise seperti Squad Stand, Power Rack, dan Smith Machine Combo adalah pilihan yang paling tepat.

Setelah melengkapi peralatan utama, saatnya memilih perlengkapan pendukung atau side dish dan dessert. Meski disebut pendukung, perlengkapan ini juga tidak kalah pentingnya dengan perlengkapan utama. Yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah Dumbell Set, Olympic Barbell, Flat Bench, hingga Plate beban.

Karena harga peralatan fitness ini cukup bervariasi, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dulu. Pilihlah alat yang paling penting dan sesuai dengan bujet Anda.

3. Custom Peralatan Fitness Sendiri

Ada beberapa peralatan fitness yang bentuknya tidak terlalu ribet dan bisa dibuat secara custom dengan memesan ke tukang besi. Strategi ini bisa membantu Anda menghemat budget home gym Anda.

Salah satu contoh peralatan yang bisa dibuat secara custom adalah Pull-up Bar besi. Dengan memesan sendiri, selain bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, harganya umumnya jauh lebih murah ketimbang membeli yang sudah jadi.

4. Siapkan Rak Penyimpanan

Perlengkapan latihan yang berukuran besar mungkin bisa Anda letakkan begitu saja di dalam ruangan olahraga Anda. Namun benda-benda yang berukuran kecil seperti barbell membutuhkan rak penyimpanan. Jangan lupa untuk menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Anda bisa menggunakan loker atau rak. Berbagai perlengkapan olahraga lainnya juga bisa Anda masukkan.

5. Tata Ruang Olahraga Sesuai dengan Keinginan Anda

Olahraga adalah aktivitas yang memerlukan semangat tinggi untuk melakukannya. Meski Anda adalah orang yang rajin berolahraga, ada masanya Anda kehilangan semangat. Untuk meminimalisir perasaan semacam ini, tatalah ruang olahraga sesuai dengan selera dan kepribadian Anda. Tidak hanya dengan menyusun lay-out-nya, tapi juga dalam pemilihan warna catnya.

Jika Anda memerlukan cat dan perlengkapan lain untuk membuat home gym di rumah, Anda tinggal membuka situs Klopmart. Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan konstruksi Anda secara online. Soal kualitas tak perlu diragukan karena Klopmart hanya menyediakan yang terbaik untuk Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya