Langkah Sederhana Membuat Kandang Merpati dari Triplek

Memelihara burung masih menjadi favorit banyak orang sebagai sarana menyalurkan hobi. Bahkan, banyak orang memelihara burung hias dengan kicauan yang merdu atau bahkan dilatih untuk melakukan performing breed, yakni aksi balap terbang burung merpati yang seringkali diadakan di berbagai daerah. Oleh karena itulah memelihara burung bisa menjadi alternatif menyalurkan hobi, penghilang stres sekaligus menghasilkan profit yang cukup menjanjikan. Salah satu jenis burung yang lazim dipelihara oleh banyak orang di Indonesia adalah burung merpati.

Burung ini disebut sebagai lambang cinta karena kesetiaannya kepada pasangan. Selain itu, burung merpati juga mudah untuk dipelihara karena tidak memerlukan perlakuan khusus seperti burung kicau lainnya. Akan tetapi, Anda tentu perlu memikirkan kandang burung dengan ukuran yang sesuai dengan aktivitas burung merpati Anda agar bisa beraktivitas dan hidup dengan nyaman. Berikut cara membuat kandang merpati dari triplek sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Alat dan Bahan

Sebelum memutuskan untuk membuat sarang burung sendiri, Anda harus memilih material kayu triplek yang sesuai dan tahan lama. Pastikan triplek yang Anda pilih tidak memiliki lubang atau rongga sekecil apapun. Hal ini karena lubang tersebut menandakan bahwa triplek Anda rapuh dan akan mudah hancur serta tidak akan bertahan lama jika dijadikan kandang. Salah satu kayu yang terkenal kuat dan tidak mudah rapuh adalah teakwood atau kayu jati.

Teakwood ini adalah kayu jati yang sudah dalam bentuk lembaran, berdimensi lebar dan bercorak macam-macam. Selain triplek teakwood, Anda juga membutuhkan kayu teakwood sebagai alas. Pilih alas yang kokoh dan tidak berlubang serta memiliki tekstur yang halus dan rata. Anda juga perlu menyiapkan alat-alat lainnya seperti lem kayu, cat, pernis, gergaji, alat serutan kayu, meteran, pensil, tang, paku dan bor.

Buat Kerangka Sangkar Burung

Pengukuran kandang merupakan hal terpenting agar burung merpati Anda nyaman saat berada di dalam kandang nantinya. Burung merpati biasanya memiliki ukuran yang sedang dan akan cocok dalam ukuran kandang sekitar 70-80 centimeter persegi. Jika Anda memiliki dua burung merpati, maka buatlah kandang yang cukup untuk empat burung merpati. Begitu pula jika Anda memiliki tiga burung merpati, buatlah kandang yang besarnya mampu untuk menampung sembilan merpati. Hal ini ditujukan agar burung merpati Anda bisa bergerak secara leluasa dan tidak stress di dalam kandang.

Anda bisa membuat desain sekreatif mungkin. Anda juga bisa membuat desain ini terlebih dahulu sebelum membeli papan triplek agar triplek yang Anda beli nantinya tidak terlalu banyak atau malah kurang. Kemudian setelah desain kerangka Anda siap, maka potong kayu dan triplek sesuai ukuran sisi demi sisi, rekatkan dengan lem kayu dan tambahkan paku agar lebih kuat.

Pengeboran Sangkar Burung

Setelah setiap sisi telah Anda potong sesuai desain, Anda bisa mulai melakukan bor pada bagian bawah kandang. Lakukan pengeboran dengan hati-hati dan pastikan Anda tidak salah dalam mengenali setiap sisi dari kandang burung yang akan Anda buat. Untuk jeruji kandang, Anda bisa mulai melakukan bor dengan mata bor yang berukuran terkecil. Beri jarak sekitar 1,5 hingga 2 cm antara jeruji yang satu dengan yang lain. Jangan lupa untuk menyisakan bagian untuk dijadikan pintu sangkar.

Jeruji Kandang

Sebelum memotong jeruji untuk kandang burung merpati Anda, pastikan pisau yang Anda gunakan sudah tajam agar memudahkan proses. Haluskan sisi kayu yang akan Anda jadikan jeruji. Anda juga bisa menggunakan bambu sebagai jeruji agar mudah dibentuk. Akan tetapi, pastikan Anda memilih bambu yang kuat dan tidak mudah busuk karena air. Setelah Anda memotong jeruji, haluskan dengan pisau sampai benar-benar halus dan tidak ada sisi kasar yang mungkin bisa melukai burung merpati Anda. Pasang jeruji dengan menggunakan lem dan paku agar kuat.

Alas, Amplas dan Cat

Tahap terakhir yaitu memotong triplek untuk dijadikan alas sesuai dengan ukuran kandang yang akan menampung kotoran burung. Setelah itu, Anda bisa mengamplas sarang burung agar tidak melukai Anda saat memegang sangkar. Kemudian, cat sarang burung dengan cat kayu dan jemur hingga kering.

 

Itulah langkah sederhana membuat kandang merpati dari triplek yang bisa Anda lakukan di rumah. Untuk kayu Teakwood yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dengan membelinya secara online di Klopmart. Proses membuat sangkar burung merpati anda pasti lebih praktis dan mudah.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Jan 2020

Related Article