7 Cara Membuat Kandang Merpati dari Triplek yang Nyaman Buat Merpati

Memelihara burung masih menjadi favorit banyak orang sebagai sarana menyalurkan hobi. Bahkan, banyak orang memelihara burung hias dengan kicauan yang merdu atau bahkan dilatih untuk melakukan performing breed, yakni aksi balap terbang burung merpati yang seringkali diadakan di berbagai daerah.

Oleh karena itulah memelihara burung bisa menjadi alternatif menyalurkan hobi, penghilang stres sekaligus menghasilkan profit yang cukup menjanjikan. Salah satu jenis burung yang lazim dipelihara oleh banyak orang di Indonesia adalah burung merpati.


Burung ini disebut sebagai lambang cinta karena kesetiaannya kepada pasangan. Selain itu, burung merpati juga mudah untuk dipelihara karena tidak memerlukan perlakuan khusus seperti burung dara atau burung kicau lainnya. Akan tetapi, Anda tentu perlu memikirkan kandang burung dengan ukuran yang sesuai dengan aktivitas burung merpati Anda agar bisa beraktivitas dan hidup dengan nyaman.

Berikut cara membuat kandang merpati dari triplek sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Kandang Merpati dari Triplek

Berikut langkah-langkah pembuatan kandang merpati dari triplek yang mudah, praktis dan bisa Anda ikuti dari rumah

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memutuskan untuk membuat sarang burung sendiri, Anda harus memilih material kayu triplek yang sesuai dan tahan lama. Pastikan triplek yang Anda pilih tidak memiliki lubang atau rongga sekecil apapun. Hal ini karena lubang tersebut menandakan bahwa triplek Anda rapuh dan akan mudah hancur serta tidak akan bertahan lama jika dijadikan kandang. Salah satu kayu yang terkenal kuat dan tidak mudah rapuh adalah teakwood atau kayu jati.

Teakwood adalah kayu jati yang sudah dalam bentuk lembaran, berdimensi lebar dan bercorak macam-macam. Selain triplek teakwood, Anda juga membutuhkan kayu teakwood sebagai alas. Pilih alas yang kokoh dan tidak berlubang serta memiliki tekstur yang halus dan rata.

Anda juga perlu menyiapkan alat-alat lainnya seperti:

  • lem kayu,
  • cat,
  • pernis,
  • gergaji,
  • alat serutan kayu,
  • meteran,
  • pensil,
  • tang,
  • paku dan bor.

Pastikan juga Anda menggunakan peralatan keselamatan kerja seperti, masker, kacamata, dan sarung tangan untuk mencegah dan mengurangi dampak sehingga Anda tidak mengalami cidera serius saat bekerja.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri

2. Buat Kerangka Sangkar Burung

Pengukuran kandang merupakan hal terpenting agar burung merpati Anda nyaman saat berada di dalam kandang nantinya. Burung merpati biasanya memiliki ukuran yang sedang dan akan cocok dalam ukuran kandang sekitar 70-80 centimeter persegi.

Ukuran kandang burung merpati tersebut untuk 1 ekor burung ya! Jika Anda memiliki dua burung merpati, maka buatlah kandang yang cukup untuk empat dua merpati. Begitu pula jika Anda memiliki tiga burung merpati, buatlah kandang yang besarnya mampu untuk menampung sembilan merpati.

Anda tinggal mengalikan ukuran kandang burung merpati, jika memiliki 4 ekor burung merpati, maka ukuran kandangnya yaitu 4 x 70 cm2 = 280 cm2. Hal ini ditujukan agar burung merpati Anda bisa bergerak secara leluasa dan tidak stress di dalam kandang.

Anda bisa membuat desain kandang merpati sederhana dan sekreatif mungkin. Anda juga dapat memanfaatkan desain ini terlebih dahulu sebelum membeli papan triplek agar triplek yang Anda beli nantinya tidak terlalu banyak atau malah kurang. Kemudian setelah desain kandang merpati sederhana Anda siap, maka potong kayu dan triplek sesuai ukuran sisi demi sisi, rekatkan dengan lem kayu dan tambahkan paku agar lebih kuat.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Plywood, MDF dan Particle Board

3. Pengeboran Sangkar Burung

Setelah setiap sisi telah Anda potong sesuai desain, Anda bisa mulai melakukan bor pada bagian bawah kandang. Lakukan pengeboran dengan hati-hati dan pastikan Anda tidak salah dalam mengenali setiap sisi dari kandang burung yang akan Anda buat.

Untuk jeruji kandang, Anda bisa mulai melakukan bor dengan mata bor yang berukuran terkecil. Beri jarak sekitar 1,5 hingga 2 cm antara jeruji yang satu dengan yang lain. Jangan lupa untuk menyisakan bagian untuk dijadikan pintu sangkar.

4. Buat Bagian Jeruji Kandang

Sebelum memotong jeruji untuk kandang burung merpati Anda, pastikan pisau yang Anda gunakan sudah tajam agar memudahkan proses. Haluskan sisi kayu yang akan Anda jadikan jeruji. Anda juga bisa membuat jeruji kandang merpati dari bambu agar mudah dibentuk. Akan tetapi, pastikan Anda memilih bambu yang kuat dan tidak mudah busuk karena air.

Setelah Anda memotong jeruji, haluskan dengan pisau dan amplas kayu sampai benar-benar halus dan tidak ada sisi kasar yang mungkin bisa melukai burung merpati Anda. Pasang jeruji dengan menggunakan lem dan paku agar kuat.

5. Buat Alas

Tahap selanjutnya yaitu memotong triplek untuk dijadikan alas sesuai dengan ukuran kandang yang akan menampung kotoran burung.

6. Amplas dan Cat

Setelah itu, Anda bisa mengamplas sarang burung agar tidak melukai Anda saat memegang sangkar. Kemudian, cat sarang burung dengan cat kayu dan jemur hingga kering.

7. Finishing

Langkah terakhir dalam membuat kandang merpati dari triplek yaitu membersihkan dan menyimpan seluruh alat dan bahan yang telah Anda gunakan.

Meski terkesan sepele, hal ini dapat menghemat budget Anda lho, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli palu atau meteran hanya karena lupa di mana Anda menyimpannya.

Baca juga: Cara Membuat Kandang Hamster dari Triplek dengan Mudah

Contoh Kandang Merpati Sederhana

Di bawah ini contoh kandang merpati sederhana yang sudah jadi yang dapat Anda tiru.

Contoh bikin kandang ternak merpati dua pintu

Tips Membuat Kandang Burung Merpati Sehat dan Nyaman

Setelah membuat kandang merpati sederhana dari triplek, Anda tentu menginginkan merpati Anda dalam keadaan sehat.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar kandang merpati Anda dalam kondisi sehat, yaitu:

1. Menjaga Kelembaban

Kelembaban adalah sumber virus nomor satu di kandang merpati Anda. Tidak hanya kandang burung dara dan merpati, apapun jenis burungnya Anda harus tetap memastikan bahwa air tidak masuk ke kandang saat hujan, dan tidak ada bagian atap kandang burung Anda yang bocor.

Menjaga merpati tetap kering akan mencegah iritasi dan yang paling penting mereka tidak akan terganggu oleh parasit yang dapat menempel di tubuh mereka.

2. Terdapat ventilasi yang memadai

Jeruji pada kandang burung yang telah Anda buat sebelumnya sangat berguna. Salah satu manfaatnya adalah sirkulasi udara tetap terjaga.

Anda hanya perlu memastikan kepadatan antara merpati cukup dengan memperhatikan poin ukuran di tahap nomor 2, pada pembahasan cara membuat kandang merpati dari triplek di atas.

3. Sediakan makanan dan air bersih

Tips selanjutnya adalah jagalah kebersihan dari makanan burung merpati Anda. Sama seperti manusia, merpati juga harus dirawat dengan memberi makanan yang bersih dan sehat.

Makanan yang kotor dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan akhirnya memunculkan berbagai penyakit.

4. Bersihkan kandang secara teratur

Anda perlu membersihkan kandang burung merpati secara teratur sebagai tips yang terakhir.

Jika Anda perhatikan, biasanya terdapat cacing di kandang merpati. Itu bukan dari makanan bersih yang telah Anda berikan, melainkan melalui kotoran burung itu sendiri.

Jadi, pastikan Anda membersihkan kandang merpati Anda dengan teratur ya, agar burung merpati Anda tetap terjaga kesehatannya.


Kesimpulan

Itulah cara membuat kandang merpati dari triplek serta tips membuat kandang merpati sehat yang bisa Anda lakukan di rumah. Untuk Triplek Teakwood yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dengan membelinya secara online di Klopmart. Proses membuat sangkar burung merpati anda pasti lebih praktis dan mudah.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya