Kusen Besi Galvanis

Bagi yang jarang bersentuhan dengan bidang konstruksi, istilah “galvanis” mungkin terdengar asing di telinga. Galvanis sendiri sebenarnya digunakan untuk menyebut material besi yang telah mengalami proses galvanisasi. Metode galvanisasi pertama kali diperkenalkan kepada dunia pada abad ke-19.

Metode ini melibatkan proses pelapisan material besi menggunakan seng (zinc) yang telah dileburkan hingga mencapai titik didih besi. Pada finishing-nya, besi tersebut dilapisi dengan material lain untuk meningkatkan kualitas. Jadi besi yang telah mengalami proses galvanisasi memiliki lapisan yang terdiri dari 97% zinc, 1% aluminium, dan 2% sisanya material lain.

Tujuan metode galvanisasi adalah untuk meningkatkan umur besi. Besi galvanis akan terjaga dari polutan yang menyebabkan karat. Jika terpapar panas dan hujan, lapisan seng yang pertama kali mengalami proses pengaratan selama beberapa waktu sebelum akhirnya sampai ke permukaan besi.

Hal ini akan membuat besi lebih tahan lama. Sebuah penelitian membuktikan, besi galvanis mampu bertahan selama puluhan tahun di daerah kota yang tingkat polusinya lebih tinggi. Jadi bisa dibayangkan bukan berapa lama umur material ini apabila digunakan pada sebuah konstruksi bangunan yang ada di daerah pedesaan?

Besi galvanis saat ini hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya kusen. Kusen besi galvanis banyak digunakan pada konstruksi rumah tinggal atau bangunan di kota-kota besar.

 

Keunggulan Kusen Besi Galvanis

Kusen yang kita kenal selama ini biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik. Meskipun lazim digunakan, bukan berarti kedua bahan ini yang terbaik. Masing-masing memiliki kekurangan, plastik misalnya. Material ini termasuk yang paling rentan dan umurnya tidak terlalu lama.

Bahan plastik mudah meleleh ketika terkena panas dan cenderung mudah rusak walaupun penggunaannya normal. Kalau ada yang istimewa, bahan plastik termasuk murah dan ringan. Tapi dibanding plastik, kusen kayu jauh lebih kokoh. Bahan kayu juga mudah dimodifikasi sehingga ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu kayu juga jauh lebih tahan lama. Sayangnya, kelemahan kayu adalah material ini mudah diserang rayap dan keropos apabila terpapar air dalam waktu lama. Kelemahan kayu tersebut merupakan kelebihan plastik, sebab material ini termasuk antirayap dan air.

Tapi di antara semua material, kusen besi galvanis termasuk paling unggul. Tidak hanya antirayap, kusen besi juga sangat kokoh dan termasuk tahan di segala cuaca. Lapisan galvanis pada besi membuat kusen ini tidak mudah berkarat sehingga akan tetap awet meskipun kondisi lingkungan tidak bersahabat.

Kelebihan tersebut membuat banyak pemborong memilih memanfaatkan kusen galvanis ketika membangun rumah atau konstruksi lainnya. Apalagi saat ini, ada banyak sekali merek kusen galvanis beredar di pasaran. Masing-masing menawarkan keunggulan baik dari segi kualitas maupun harga.

Tapi sebagai konsumen yang bijaksana, kita harus tahu mana barang yang benar-benar terjamin kualitasnya dan mana yang tidak.

 

Kusen Besi Galvanis di Klopmart

Apabila tertarik membeli kusen galvanis, Anda bisa mengunjungi Klopmart. Di sini ada banyak pilihan produk hasil metode galvanisasi dengan harga kompetitif, mulai dari besi UNP, CNP, NS, scaffolding, ladder, hingga kusen. Kusen galvanis dapat diaplikasikan ke berbagai jenis pintu baik kayu, plastik, ataupun aluminium.

Produk ini juga cukup fleksibel karena warnanya dapat dimodifikasi dengan bantuan cat. Jadi Anda tidak perlu khawatir tampilan kusen di rumah tampak tidak serasi dengan interior ataupun eksterior. Di Klopmart, harga kusen galvanis yang ditawarkan pun cukup masuk akal mengingat kualitas yang ditawarkan pun menjanjikan.

Jadi, tertarik menggunakan kusen besi galvanis pada bangunan atau rumah tinggal? Semoga bermanfaat.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2020

Related Article