10 Kombinasi Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Menarik

Apakah Anda ingin membuat ruang tamu di rumah Anda tampak unik dan menarik? Anda bisa melakukan kombinasi warna cat dinding ruang tamu menggunakan dua warna atau lebih. Sebagaimana namanya, ruang tamu menjadi tempat pertama yang akan dilalui tamu saat mampir ke rumah Anda.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda membuat ruang tamu di rumah Anda tampak rapi, bersih, dan menarik. Bagi Anda yang suka dengan warna-warna terang dan tidak monoton, menggunakan dua warna cat atau lebih akan menghidupkan suasana ruang tamu di rumah Anda. 

Bila Anda merasa bingung bagaimana mengkombinasikan kedua warna tersebut, Anda bisa simak rekomendasi di bawah ini. 

Kombinasi Warna Cat Dinding Ruang Tamu

Saat merancang tampilan interior ruang tamu, pemilihan warna cat dinding menjadi langkah penting untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan gaya dan kepribadian Anda. Kombinasi warna cat dinding ini dapat disesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan. Untuk mendapatkan referensi, Anda bisa simak beberapa contohnya berikut ini. 

1. Klasik Elegan


Dalam kombinasi ini, Anda dapat menggunakan warna krem ​​dan cokelat tua untuk menciptakan suasana yang elegan dan mewah di ruang tamu Anda. Warna krem ​​memberikan sentuhan lembut dan memberikan kesan hangat yang menyambut siapa pun yang memasuki ruangan. 

Warna ini juga memiliki sifat netral yang memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan furnitur dan aksesori dalam berbagai gaya dan warna. Sementara itu, cokelat tua menambahkan elemen keanggunan dan kekayaan ke dalam ruangan. 

Warna ini memberikan kekuatan visual yang kuat dan memberikan kesan klasik. Ketika dikombinasikan dengan krem, cokelat tua memberikan kontras yang indah dan menciptakan suasana yang elegan dan harmonis dalam ruang tamu Anda.

Baca juga: 11 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk

2. Modern Minimalis


Kombinasi warna putih dan abu-abu akan memberikan tampilan yang bersih, cerah, dan kontemporer. Warna putih memberikan kesan lapang dan memberikan efek pencahayaan pada ruangan, serta menciptakan suasana yang terang dan terasa lebih luas. 

Sementara itu, warna abu-abu memberikan aksen netral yang cocok dengan berbagai furnitur dan aksesori. Warna abu-abu memiliki sifat menenangkan dan memberikan nuansa modern yang elegan pada ruangan. 

Anda dapat menggunakan warna putih sebagai warna dominan pada dinding utama ruang tamu. Warna ini akan menciptakan kesan yang cerah dan menyegarkan. Sementara itu, warna abu-abu dapat digunakan sebagai aksen pada dinding yang lebih kecil atau pada elemen arsitektur seperti balok atau kolom. 

3. Kebahagiaan Tropis


Untuk menciptakan kesan ruang tamu tropis yang menyegarkan, Anda dapat mengkombinasikan warna mint dan kuning cerah. Warna mint memberikan kesan segar dan menenangkan, seperti hembusan udara pantai yang menyegarkan. Warna ini membawa nuansa alami dan memberikan kesan kesegaran yang menyenangkan dalam ruangan. 

Selanjutnya, warna kuning cerah digunakan untuk memberikan sentuhan ceria dan mengingatkan pada sinar matahari tropis yang hangat. Warna kuning cerah ini memberikan energi positif dan suasana cerah yang menyenangkan. Ketika dikombinasikan dengan warna mint, warna kuning cerah akan menciptakan kontras yang menarik dan memberikan kesan yang ceria serta bersemangat dalam ruang tamu Anda.

4. Nuansa Alam


Bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa alam di ruang tamu rumah Anda, kombinasi hijau muda dan cokelat tua bisa menjadi pilihan. Warna hijau muda memberikan kesan alami dan segar, seperti pepohonan yang rimbun dan daun yang hijau. 

Warna ini memiliki efek menenangkan yang dapat menciptakan suasana yang santai di ruang tamu Anda. Hijau muda juga memberikan nuansa yang menyegarkan dan memberikan kesan alami yang terasa nyata di dalam ruangan.

Sementara itu, warna cokelat tua memberikan sentuhan hangat yang memberikan keseimbangan yang sempurna dengan hijau muda. Warna cokelat tua menciptakan perasaan kehangatan dan memberikan elemen tanah yang stabil dalam ruangan. Ketika dikombinasikan dengan hijau muda, warna cokelat tua dapat menciptakan suasana yang hangat dan alami, seperti berada di alam yang nyaman.

Baca juga: Ruang Tamu Scandinavian: Ciri dan Inspirasi Pilihan Warna

5. Drama Glamor


Banyak orang yang menyukai tampilan mewah dan dramatis di ruang tamu. Untuk itu, kombinasi warna merah marun dan emas dapat menjadi pilihan yang sempurna. Warna merah marun memberikan kesan hangat dan intens. 

Merah marun mampu menciptakan atmosfer yang kuat dan dramatis, serta memberikan sentuhan elegan. Ketika digunakan dalam ruang tamu, warna merah marun memberikan kesan keanggunan yang memikat perhatian.

Selanjutnya, warna emas digunakan sebagai aksen yang melengkapi tampilan drama glamor. Warna emas memberikan kilauan dan cahaya yang memancarkan kemewahan. Ketika digunakan secara bijak, warna emas dapat memberikan sentuhan mewah dan mengangkat tampilan keseluruhan ruang tamu.

6. Serenity Blue


Serenity blue merupakan hasil dari kombinasi warna biru langit dan putih. Kehadiran biru langit ini memberikan nuansa ketenangan dan kedamaian, serta menghadirkan kesan yang menenangkan. 

Sementara itu, warna putih yang terpadu dalam palet ini memberikan kesan kebersihan dan elegan yang sempurna untuk melengkapi keindahan warna biru tersebut. Kombinasi harmonis antara biru langit dan putih dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan memberikan sentuhan keindahan yang elegan.

Serenity blue bukan hanya sekadar warna yang indah, tetapi juga memiliki makna dan efek psikologis yang positif. Dalam dunia desain dan dekorasi, serenity blue sering digunakan untuk menciptakan ruang yang santai dan harmonis. 

7. Monokrom Klasik


Monokrom klasik merupakan gabungan dari tiga warna utama, yaitu hitam, putih, dan abu-abu. Kombinasi warna ini menghasilkan tampilan yang elegan, kuat, dan kontras yang mencolok. Keberadaan warna hitam memberikan sentuhan dramatis yang memikat mata. Sedangkan warna putih dalam palet ini memberikan kesan bersih yang menambahkan keindahan dan kecerahan dalam perpaduan warna. 

Sementara itu, warna abu-abu memberikan nuansa netral yang sempurna dan memberikan keseimbangan visual yang harmonis. Monokrom klasik tidak hanya memberikan tampilan yang menarik secara visual, tetapi juga mengandung makna dan kesan psikologis yang kuat. 

Dalam dunia desain, kombinasi hitam, putih, dan abu-abu sering digunakan untuk menciptakan desain yang timeless dan bergaya. Warna hitam mencerminkan kekuatan, keanggunan, dan keberanian, sedangkan warna putih memberikan kesan kesederhanaan, kebersihan, dan kejernihan. Abu-abu, sebagai warna netral, membantu menciptakan keseimbangan visual yang sempurna dan melengkapi kombinasi hitam dan putih dengan harmoni yang mengesankan. 

Baca juga: 8 Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah

8. Berjiwa Muda


Kombinasi warna merah muda dan abu-abu dapat menciptakan tampilan yang ceria dan modern. Warna merah muda memberikan keceriaan dan kehangatan dalam ruangan. Warna ini menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan, serta membawa sentuhan feminin yang lembut. 

Warna abu-abu memberikan elemen modern dan maskulin dalam kombinasi ini. Warna abu-abu memberikan kesan yang elegan dan tenang, serta memberikan kontras yang menyatu dengan baik dengan warna merah muda. 

Kombinasi warna merah muda dan abu-abu dalam desain berjiwa muda ini akan menciptakan tampilan yang ceria, modern, dan berenergi dalam ruang tamu Anda. Tampilan ini akan memberikan kesan yang menyegarkan dan memancarkan semangat muda, serta menciptakan tempat yang ideal untuk bersantai, bermain, atau berkumpul bersama orang-orang tercinta.

9. Harmoni Alam


Kombinasi warna cokelat tanah dan hijau daun akan menciptakan tampilan yang hangat, alami, dan menenangkan. Warna cokelat tanah memberikan kesan hangat dan stabil dalam ruangan. 

Warna ini menciptakan suasana yang nyaman dan memberikan rasa kedamaian dalam ruang tamu. Cokelat tanah juga memberikan kesan yang alami dan dekat dengan elemen bumi, sehingga menciptakan suasana yang terhubung dengan alam.

Sedangkan warna hijau daun memberikan nuansa alami yang menyegarkan dan menenangkan. Warna ini menciptakan suasana yang sejuk dan mengingatkan pada keindahan alam. Hijau daun juga memiliki efek menenangkan yang dapat menciptakan suasana santai dan damai di dalam ruangan.

10. Klasik Bersahaja


Klasik bersahaja adalah hasil perpaduan tiga warna utama, yaitu putih, beige, dan krem. Kombinasi warna ini menciptakan tampilan yang bersih, lembut, dan tidak lekang oleh waktu.  Warna putih menghadirkan kesan kesederhanaan dan kebersihan yang memukau. Warna ini memberikan efek visual yang menyegarkan dan memberikan kecerahan yang alami pada ruangan. 

Sementara itu, beige memberikan sentuhan yang hangat dan alami pada kombinasi warna ini. Warna beige menghadirkan suasana yang nyaman dan menenangkan, sekaligus memberikan kesan elegan yang tidak Anda dapatkan dalam warna lain. 

Selanjutnya, warna krem memberikan nuansa lembut dan menambahkan sentuhan keanggunan yang halus. Kombinasi antara putih, beige, dan krem menciptakan harmoni warna yang serasi dan memberikan kesan estetika yang menawan.

Klasik bersahaja bukan hanya sekadar kombinasi warna yang indah, tetapi juga memberikan keuntungan dalam fleksibilitas desain. Palet warna ini dapat dengan mudah diaplikasikan dalam berbagai tema desain, baik itu modern, tradisional, maupun klasik. 

Kombinasi warna cat dinding ruang tamu mana yang menarik perhatian Anda? Pastikan warna cat ruang tamu ini disesuaikan dengan konsep rumah Anda agar senada. Tidak hanya itu, perhatikan juga cat yang Anda gunakan agar dinding rumah Anda lebih awet dan tahan lama.

Anda bisa coba menggunakan Nippon Paint, cat dengan berbagai palet warna yang beragam serta andal dalam melindungi dinding rumah Anda. Harga cat Nippon Paint di Klopmart cukup terjangkau, namun memberikan kualitas terbaik. Untuk mencari palet warna sesuai kebutuhan, Anda bisa berkunjung ke Klopmart sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://www.ruparupa.com/blog/cat-ruang-tamu-2-warna/

  • https://www.pinhome.id/blog/cat-ruang-tamu-2-warna/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya