Cara Pasang Rumput Sintetis Outdoor dan Indoor yang Presisi dan Hemat Bahan!

Cara pemasangan rumput sintetis yang berbentuk seperti lembaran karpet ini juga cukup sederhana. Yang perlu diingat adalah rumput sintetis ini memerlukan permukaan semen atau beton yang rata. Jika tidak rata, maka tampilan akhirnya juga kurang baik nantinya.


Rumput sintetis adalah tumput buatan manusia yang dibuat dari serat sintetis seperti nilon, polyethylene, ataupun polypropylene. Rumput sintetis adalah pilihan alternatif untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Untuk penggunaan interior, rumput sintetis dapat dipassang dengan menggunakan lem kayu. Untuk area eksterior, rumput sintetis dipasang dengan menggunakan paku usuk tahan karat (stainless steel).
 

Cara Pasang Rumput Sintetis Outdoor dan Indoor

Rumput Sintetis Area Outdoor

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan rumput sintetis pada area outdoor agar mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Siapkan area

Siapkah area yang akan dipasangi rumput sintetis. Sesuaikan dan ratakan permukaan tanah sesuai ketebalan lembaran rumput sintetis.

2. Bersihkan dan ratakan area

Bersihkan area tersebut dari rumput dan tanaman lain. Bongkar tanah dan ratakan. Pastikan juga area tersebut bersih dari daun-daun kering, batu, kerikil, puing-puing ataupun sampah.

3. Sebarkan kerikil secara merata

Sebarkan kerikil baru yang sudah dihancurkan secara merata pada area yang akan dipasangi rumput sintetis. Ruang antar kerikil berguna sebagai saluran drainase ketika hujan turun, sehingga air yang jatuh ke permukaan rumput sintetis tidak akan menggenanginya. Rumput sintetis yang sering ataupun lama tergenang air akan lebih mudah rusak.

4. Padatkan lapisan batuan kerikil

Padatkan lapisan batuan kerikil tersebut dengan plate tamper mekanik sehingga permukaan kerikil menjadi keras dan padat. Hal ini untuk meminimalisasi ujung atau tepian tajam dari batu kerikil yang dapat merusak bagian bawah lembaran rumput sintetis.

5. Berikan lapisan pada permukaan kerikil

Lapisi permukaan kerikil yang sudah dipadatkan tadi dengan heavy-duty landscape cloth. Lapisan ini melindungi bagian bawah lembaran rumput sintetis dari bagian tajam batu kerikil yang mungkin masih ada. Lembaran heavy-duty landscape cloth ini juga berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan rumput liar di sela-sela lembaran rumput sintetis.

6. Posisikan lapis rumput sintetis membentuk barisan yang rapat

Pastikan ujung rumput mengarah ke arah yang sama agar terlihat lebih natural. Jika Ada perbedaan ketinggian bilah rumput sintetis, kita dapat memotongnya untuk meratakan ketinggiannya agar tampak rapi. Potonglah tepian-tepian yang melewati batas area dengan cutter atau gunting. Pastikan alat-alat potong yang Anda gunakan tersebut dalam keadaan tajam agar hasil potongnya baik dan rapi.

7. Rekatkan tiap sisi rumput sintetis

Gunakan paku usuk tahan karat dengan panjang 5 - 6 inch pada ujung-ujung lapisan rumput. Rekatkan tiap sisi rumput sintetis dengan perekat yang sudah ada di tiap sisi lapisan rumput sintetis. Gunakan paku usuk tadi di area tengah perekat setiap 12 - 15 cm untuk memperkuatnya sehingga rumput sintetis tidak mudah lepas.

8. Tambahkan pasir dan air agar tampak natural

Taburkan pasir atau rubber infill agar rumput sintetis ini terlihat lebih natural. Semprotkan air pada permukaan rumput sintetis agar terlihat basah dan berkilauan ketika terkena sinar matahari.

Baca juga: Cara membuat Biopori

Rumput Sintetis Area Indoor

Tentu saja jika ingin melakukan pemasangan pada area indoor membutuhkan perhatian khusus, berikut cara-caranya:

1. Hitung luas ruangan

Ukurlah dan hitunglah luas ruangan yang hendak dipasangi rumput sintetis. Buatlah kelebihan sekitar 10% dari hasil perhitungan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kesalahan potong atau pemasangan.

2. Siapkan permukaan lantai

Usahakan permukaan lantai atau area yang akan dipasangi rumput sintetis dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran. Pastikan juga permukaan bagian bawah lembaran rumput sintetis dalam keadaan bersih. Hal ini untuk mengoptimalkan daya rekat lem sehingga lembaran rumput sintetis dapat melekat dengan baik.

Pastikan permukaan lantai yang akan dilapisi rumput sintetis dalam keadaan rata, tidak ada bagian permukaan yang miring ataupun bergelombang. Jika perlu, ratakan dengan menggunakan semen. Hal ini perlu karena rumput sintetis akan tampak bergelombang nantinya. Hal ini tentunya tidak sedap dipandang mata, bukan?

3. Posisikan rumput sintetis dengan tepat

Letakkan lembaran rumput sintetis pada lantai yang telah rata dan bersih. Usahakan ujung rumput pada setiap lembarannya menuju ke arah yang sama. Letakkan lembaran-lembarannya rapat satu sama lain dengan tepat. Potong lembaran rumput sintetis jika melebihi batas area yang sudah ditentukan. Gunakan cutter dan gunting. Pastikan alat-alat potong yang Anda gunakan tersebut dalam keadaan tajam agar hasil potongnya baik dan rapi.

Biarkan dahulu selama kurang lebih 2 - 3 jam untuk menghindari adanya pengurangan pada ukuran lembaran rumput sintetis. Perlu diingat bahwa lembaran rumput sintetis biasanya disimpan dalam kondisi tergulung, sehingga dengan dibiarkan, lembaran-lembaran ini akan kembali ke ukuran dan bentuk normalnya lagi. Hal ini akan mempermudah pemasangan.

4. Gunakan lem khusus

Gunakan lem khusus untuk lembaran rumput sintetis untuk menempelkannya ke lantai. Untuk menyambungkan antara satu bagian karpet dengan karpet lain, gunakanlah lem dan perekat yang ada pada pinggir setiap lembaran. Biarkan hingga lem kering sempurna.Setelah lem mengering, gunakan sapu untuk menghilangkan debu dan kotoran lain. Hal ini dapat mengembalikan bentuk karpet rumput agar terlihat lebih alami.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai


Jika Anda memerlukan beragam peralatan seperti selang air, atau tangki air untuk merawat rumput sintetis ataupun area indoor dan outdoor di lingkungan Anda, Klopmart menyediakan berbagai merk sanitary ware terbaik, kunjungi Klopmart sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya