KEUNGGULAN & KELEMAHAN KUSEN ALUMINUM

Pada masa kini, saat desain rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang, maka kusen jendela dan pintu dari bahan aluminum juga naik daun. Aluminum (Al) adalah elemen bernomor atom 13 dalam tabel periodik yang juga kerap kali disebut dengan nama ‘aluminium’.

 

Keunggulan Kusen Aluminum:

  1. Tahan terhadap cuaca. Aluminum memiliki sifat tahan terhadap korosi, bahkan terhadap air laut sehingga kusen aluminum tahan terhadap perubahan cuaca. Kusen aluminum cocok digunakan pada area lembab seperti kamar mandi, ruang bilas, ruang cuci, dapur, pabrik, dan sebagainya.

 

  1. Tahan terhadap rayap dan jamur. Kusen aluminum sangat sesuai untuk digunakan dalam bangunan yang berada di wilayah dengan tingkat populasi rayap yang tinggi. Tahan juga terhadap jamur, sehingga ruangan tempatnya berada tidak mudah lembab.

 

  1. Kuat. Aluminum memiliki kekuatan bahan yang cukup baik terhadap tegangan mekanik. Kusen aluminum juga tidak mudah memuai dan menyusut sehingga kusen jenis ini tidak mudah melengkung. Hal ini menyebabkan dinding bangunan atau rumah tidak cepat retak akibat pemuaian kusen jendela dan pintu.

 

  1. Bobotnya ringan sehingga kusen tidak memberikan beban tambahan yang terlampau besar pada tembok atau dinding rumah Anda.

 

  1. Tahan lama. Karena tahan cuaca, tahan rayap dan jamur, usia pakainya juga panjang sehingga penghematan dalam investasi rumah atau bangunan Anda.

 

  1. Banyak pilihan warna yang menarik. Di pasaran saat ini ada berbagai pilihan warna sehigga memudahkan kita menyesuaikannya dengan warna rumah atau bangunan Anda.

 

  1. Pemasangannya dan perawatannya mudah. Pemasangan atau pembongkarannya relatif lebih mudah dibandingkan kusen dari bahan kayu. Dinding tidak perlu dijebol untuk melepaskannya sehingga proses penggantian kusen aluminum dapat relatif lebih cepat. Perawatannya pun mudah, cukup dibersihkan dengan lap yang dibasahi sedikit sabun cuci piring.

 

Itulah beberapa keunggulan kusen aluminum. Tetapi supaya seimbang, kita juga perlu mengetahui kelemahan dari kusen aluminum ini.

 

Kelemahan Kusen Aluminum:

  1. Desain terbatas. Karena kusen aluminum tidak dapat diukir atau diberi tambahan ornamen seperti halnya dengan kusen kayu, maka boleh dibilang kusen aluminum hanya memiliki desain terbatas. Desainnya hanya begitu dan begitu saja.
  2.  

Pengukuran harus teliti dan akurat. Karena ukuran kusen aluminum adalah akurat sebagai akibat dari proses produksi pabrikan, maka pembuatan lubang pada dinding pun harus akurat. Tidak boleh miring ataupun melengkung garis tepian lubangnya. Jika hal in iterjadi maka akan menyulitkan pemasangan kusen aluminum. Dinding harus dibongkar lagi untuk menyesuaikan ukuran kusen aluminum yang sudah dipesan.

 

  1. Pemasangannya harus menggunakan jasa tukang yang berpengalaman, karena kusen aluminum hanya dihubungkan ke dinding dengan sekrup fischer atau angkur saja. Jika tukangnya tidak berpengalaman, pemasangan kusen malah akan merusak dinding.

 

  1. Rentan terhadap kebocoran. Walaupun menggunakan tukang yang berpengalaman, umumnya selalu akan ada celah di antara kusen aluminum dengan dinding rumah. Celah ini akan dapat disusupi oleh air saat hujan turun. Untuk mengatasi hal ini biasanya digunakan sealant khusus untuk kusen aluminum. Jika pemasangan sealant ini tidak teliti ataupun rusak karena dimakan usia atau akibat cuaca, maka air akan mudah menyusup masuk ke dalam rumah atau bangunan.

 

  1. Biayanya lebih mahal dibandingkan kusen kayu. Harga bahan-bahan serta ongkos kerja tukang yang berpengalaman tentunya juga akan menjadikan harga beli dan pemasangan aluminum jadi relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan kusen kayu.

 

Setelah membaca, mempelajari dan mengerti keunggulan dan kelemahan kusen aluminum, tentunya sekarang Anda akan lebih mudah dalam mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Jadi sekarang, apakah Anda memilih untuk menggunakan kusen kayu atau kusen aluminum?


Cek harga klik disini

Related Article